Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
Sejarah Hari Pendidikan Nasional di Indonesia
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Hari Pendidikan Nasional

informasi hari pendidikan nasional indonesia

Halo sobat pelajar Indonesia! Sebagai orang-roang yang menempuh pendidikan di Indonesia, kalian pasti tahu kan apa itu Hari Pendidikan Nasional atau yang sering kita singkat dengan Hardikas.

Hari Nasional ini dibuat untuk memperingati kelahiran tokoh pelopor pendidikan di Indonesia. Karena Beliau lah, kalian sekarang ini bisa menempuh pendidikan sampai kuliah.

Nah, untuk kalian yang mungkin belum banyak tahu mengenai hari nasional ini, kali ini Pesona Indonesia telah merangkumkannya untk kalian semua. Yuk simak artikel hardiknas berikut.

Baca Juga: Sejarah Pramuka Sebagai Elemen Pendidikan Karakter Pemuda Indonesia

Hari Pendidikan Nasional Indonesia (Hardiknas)

Hari pendidikan adalah hari Nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh pelopor pendidikan di Indonesia serta pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Bapak Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai orang yang tidak pernah menyerah dalam memperjuangkan nasib rakyat pribumi agar bisa memperoleh pendidikan yang layak.

Coba bayangkan jika tidak ada sosok Beliau, belum tentu kalian bisa menempuh pendidikan yang kalian jalani sekarang. Atau mungkin, artikel ini juga tidak akan ada. 

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari keturunan keraton Yogyakarta.

Beliau menempuh pendidikan di Sekolah Dasar ELS, dan melanjutkan ke sekolah Belanda yang bernama STOVIA atau Sekolah Dokter Bumiputera namun tidak sampai lulus dikarenakan sakit.

Beliau juga pernah bekerja sebagai wartawan di beberapa tempat seperti Midden Java, Sedyotomo, Oetoesan Hindia,  De Express, Kaoem Moeda,  Tjahaja Timoer dan Poesara.

Beliau memiliki kutipan kalimat “Tut Wuri Hadayani” yang berarti “di Belakang Memberikan Dorongan” makna dari kalimat ini dijadikan motto dan slogan pendidikan serta menjadi landasan dalam rangka memajukan pendidikan di tanah air.

Pada saat Kabinet pertama Republik Indonesia, Beliau diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan mendapat anugerah gelar Doktor kehormatan Doctor Honoris Causa, Dr.H.C.  dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Tahun 1957.

Beliau wafat pada usia 70 tahun pada Tanggal 26 April 1959, berkat usaha kerja keras dan jasanya dalam rangka merintis pendidikan di tanah air, Beliau dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia atas dasar Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, dan tanggal kelahiran Beliau ditetapkan dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional Indonesia.

Perayaan Hari Pendidikan Nasional

Meskipun bukan hari libur Nasional, Hardiknas dirayakan secara luas dan bersamaan di Indonesia.

Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Setelah acara tersebut, biasanya sekolah-sekolah akan mengadakan lomba pidato hari pendidikan mengenai peran penting pendidikan di Indonesia.

Makna Hari Pendidikan Nasional

Seperti kutipan dalam kalimat kiasan “Tuntutlah Ilmu dari Buaian hingga ke Liang Lahat” atau “Tuntutlah Ilmu hingga ke Negeri Cina” dapat Anda resapi sebagai : Menuntut ilmu itu tidak mengenal adanya batasan umur dan usia, serta tempat.

Ilmu merupakan jendela dunia yang dapat ditingkatkan dengan membaca buku yang bermanfaat. Bahkan, kalian juga bisa menemukan keahlian kalian lewat membaca buku.

Makna hardiknas sendiri ditunjukkan untuk para pelajar atau siswa untuk mengadakan apel bersama dalam hal mengenang jasa para pahlawan yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan.

Hari pendidikan diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Dengan memperingati hari ini, diharapkan pelajar dapat lebih rajin dalam menuntut ilmu.

Itulah informasi lengkap mengenai Pendidikan Nasional. Semoga dengan adanya hari tersebut, kalian para pelajar di Indonesia bisa lebih bersemangat dan lebih serius lagi dalam menggali ilmu.

Akhir kata, semoga artikel ini berguna bagi perkembangan wawasan serta ilmu pengetahuan kalian. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.