Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88Daftar joker123
Agama Katolik: Sejarah, Kitab Suci, Hingga Masuk ke Indonesia
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Agama Katolik

sejarah agama katolik

Agama Katolik merupakan salah satu agama yang juga menghiasi Indonesia. Di Indonesia sendiri, ada banyak gereja Katolik serta lagu-lagu rohai Katolik yang cukup terkenal.

Sama seperti agama lainnya, agama Katolik juga mengajarkan sesuatu yang baik kepada para umatnya. Agama katolik memang sekilas terdengar mirip dengan Kristen.

Namun, masih banyak orang awam yang mungkin belum mengetahui perbedaan Kristen dan Katolik. Karena itu, kali ini Pesona Indonesia akan membahasnya untuk kalian.

Baca Juga: 6 Agama Terbesar di Indonesia dan Diakui Dunia!

Katolik

Kata Katolik berasal dari frasa Yunani, Katholikos yang berarti ajaran yang bersifat umum dan tersebar di seluruh dunia atau dapat diterima di seluruh dunia.

Istilah Katolik pertama kali digunakan oleh Ignatius dari Antiokia pada permulaan abad ke-2 sebagai sebutan bagi seantero Dunia Kristen.

Istilah ini memiliki sejarah yang panjang dan digunakan dengan berbagai makna. Di Indonesia, kata ini dapat berarti “hal ihwal agama Kristen Katolik” atau “hal ihwal ajaran dan amalan bersejarah Gereja Barat”.

Kata ini digunakan banyak orang Kristen sebagai sebutan bagi Gereja Semesta atau segenap orang yang beriman kepada Yesus Kristus tanpa pandang denominasi.

Sejarah Agama Katolik

Sejarah Agama Katolik

Agama Katolik tumbuh ketika Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di Palestina pada awal abad keempat Masehi.

Gereja mendapat pengakuan resmi dari kaisar Romawi Konstantin Agung (380 M) dalam bentuk Katolik Ortodoks yang berkedudukan monopoli dan terus berkembang di luar kerajaan Romawi.

Sejak abad pertama sampai abad keempat, agama Kristen Katolik ini menyebar di sekitar laut tengah. Dalam abad ke-13 menyebar di Eropa lalu berlanjut sampai abad ke-18 memasuki benua Amerika dan sebagian Afrika Asia.

Pada abad ke-19, agama Kristen Katolik sudah berkembang di seluruh dunia. Penganut agama Katolik pun semakin banyak disertai dengan adanya tempat ibadah Katolik dan lagu-lagu Katolik.

Masyarakat animism dan politeisme, dan lain-lain yang dianut oleh masyarakat setempat, meninggalkan animismenya dan memeluk agama Kristen Katolik. Pada abad kedua puluh gerakan zending internasional telah menjelajahi seluruh dunia.

Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran , hidup , sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus atau Isa Almasih.

Agama ini meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, sang juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus dan membebaskan seluruh umat manusia dari belenggu dosa.

Mereka beribadah di gereja dan Kitab Suci mereka adalah Alkitab yang di dalamnya ada Injjil. Murid-murid Yesus Kristus pertama kali dipanggil Kristen di Antiokia sebanyak 12 orang.

Agama Kristen Katolik termasuk Kristen yang merupakan salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan hidup, ajaran, kematian dengan penyaliban, kebangkitan, dan kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga.

Sebagaimana dijelaskan dalam Kitab suci Katolik dalam Perjanjian Baru atau Injil, umat Katolik juga  Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias  yang diuraikan dalam kitab Perjanjian Lama (atau Kitab suci Yahudi).

Secara historis, Yesus lahir di kota Betlehem yang terletak di Palestina sekitar tahun 4 SM, pada masa kekuasaan raja Herodes.

Yesus lahir dari rahim seorang wanita perawan, Maria, yang dikandung oleh Roh Kudus. Pada umur 27 tahun ia mulai mengajarkan ajarannya di Galilea dan kemudian ajarannya menyebar  di kalangan orang-orang Palestina dan daerah-daerah di sekitarnya.

Seperti diketahui, agama wahyu, Yahudi, Nasrani (Kristen Katolik dan Kristen Protestan)  Yesus menyampaikan ajarannya hanya berjalan sekitar empat tahun. Pada tanggal 4 April 30 M, dalam umur 30-31 tahun ia wafat dikayu salib.

Setelah wafat dan bangkit sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan umat Kristiani, para rasulnya meneruskan ajaran-ajaran Yesus, dan terbentuklah agama Kristen Katolik.

Hal ini diperkuat dengan terbangunnya gereja di atas makam santo Petrus, yang merupakan salah satu murid kesayangan Yesus Kristus, Isah Almasih.

Dalam agama Kristen Katolik tokoh utamanya adalah Yesus Kristus. Isa Almasih diyakini dan diimani oleh umat Kisten Katolik dan Kristen Protestan sebagai Sang Juru Selamat.

Sejarah Agama Katolik di Indonesia

Penyebaran agama Katolik sudah dimulai sejak kedatangan Portugis di Indonesia yang dilakukan oleh beberapa misionaris pada abad ke-16 dan abad ke-17 di bagian timur seperti di Maluku dan Flores, NTT.

Agama katolik baru memasuki tanah Jawa pada masa pemerintahan Herman Willem Daendels di Batavia awal abad-19 dengan didirikan gereja pertama di sana pada tahun 1807 dan disertai dengan diakuinya oleh Vatikan.

Pada tahun 2010, 6.907.873 orang (2.9%) dari total penduduk Indonesia sebanyak 237.641.326 orang, beragama Katolik.

Kitab Suci Agama Katolik

alkitab katolik

Alkitab Katolik terdiri dari 46 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru.

Perjanjian Lama

  • Taurat: Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan
  • Kitab sejarah: Yosua, Hakim-Hakim, Rut, 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Raja-raja, 2 Raja-raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Tobit, Yudit, Ester (termasuk Tambahan Ester), 1 Makabe, 2 Makabe
  • Kitab hikmat: Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkhotbah, Kidung Agung, Kebijaksanaan, Sirakh
  • Kitab nubuat: Yesaya, Yeremia, Ratapan, Barukh (termasuk Surat Yeremia), Yehezkiel, Daniel (termasuk Tambahan Daniel), Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, Nahum, Habakuk, Zefanya, Hagai, Zakharia, Maleakhi

Dari seluruh kitab di atas, Kitab Tobit, Yudit, 1 dan 2 Makabe, Kebijaksanaan, Sirakh, Barukh, Tambahan Ester, dan Tambahan Daniel termasuk kitab-kitab Deuterokanonika, dan terdapat dalam semua Alkitab Kekristenan Timur.

Kitab-kitab tersebut biasanya tidak ditemukan dalam Alkitab Protestan, namun terkadang dimasukkan dalam suatu bagian tersendiri di antar-perjanjian yang disebut “Apokrifa”.

Perjanjian Baru

  • Injil: Matius, Markus, Lukas, Yohanes
  • Kitab sejarah: Kisah Para Rasul
  • Surat Paulus: Roma, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, 1 Tesalonika, 2 Tesalonika, 1 Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon, Ibrani
  • Surat umum: Yakobus, 1 Petrus, 2 Petrus, 1 Yohanes, 2 Yohanes, 3 Yohanes, Yudas
  • Wahyu

Itulah informasi lengkap mengenai agama Katolik yang sama indahnya dengan agama-agama lain. agama Katolik juga memiliki beberapa doa umat Katolik, seperti renungan harian Katolik, bacaan harian Katolik, dan lain-lain.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan kalian. Terutama pada bidang sejarah agama Katolik.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Agama Konghucu

Avatar Anggita Dewi
4 min read

Agama Hindu

Avatar Anggita Dewi
6 min read