Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
10 Makanan Khas Betawi Yang Terkenal dan Lezat | Pesona Indonesia
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Betawi

makanan khas dari betawi

Betawi merupakan sebuah suku bangsa Indonesia yang penduduknya pada umumnya tinggal di Jakarta. Sejumlah pihak berpendapat bahwa suku ini berasal dari hasil perkawinan antar etnis di masa lalu.

Kelompok etnis ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu hidup di Jakarta, seperti Sunda, Melayu, Jawa, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, Arab, Tionghoa, dan India.

Mungkin karena itulah makanan khas Betawi sangat mudah untuk dinikmati hampir seluruh orang karena rasanya terasa sangat familiar di lidah kita.

Berikut daftar makanan khas asli Betawi yang menjadi favorit.

10 Makanan Enak Yang Khas Dari Betawi

1. Sayur Babanci

Sumber Gambar: blogspot

Sayur Babanci atau biasa disebut Ketupat Babanci adalah salah satu makanan khas daerah Betawi tinggal.

Makanan ini dinamakan sayur babanci karena sayur ini tidak jelas jenisnya. Bahkan tidak bisa dikategorikan sebagai sayur karena sama sekali tidak ada campuran sayur di dalamnya.

Konon, nama Babanci diambil dari perpaduan antara babah dan enci yang diperkirakan makanan ini dulu untuk para peranakan Betawi-Tionghoa.

Sayur Babanci memiliki rasa yang menyerupai gulai yang sangat dominan di aroma dan rasa rempah yang kuat.

Namun sayangnya makanan ini mulai langka karena sulit untuk mendapatkan bahan-bahannya. Kini warga Betawi biasanya hanya menyajikan sayur ini hanya pada hari-hari besar keagamaan sebagai menu keluarga.

2. Selendang Mayang

Sumber Gambar: youtube

Selain makanan yang kaya akan rempah, Betawi juga memiliki racikan es campur yang manis dan gurih. Nama racikan es tersebut adalah Es Selendang Mayang!

Meski merupakan makanan enak khas dari daerah Betawi, Jakarta, Makanan ini semakin sulit di temui. Biasanya penjual selendang mayang menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangannya. Selain itu pedagang tidak menggunakan pisau untuk memotong kue Selendang mayang, melainkan menggunakan sebuah bambu tipis.

Makanan manis dan kenyal ini memiliki warna merah, hijau, dan putih, hal itu membuatnya tampak lebih menarik. Adonan kue dibuat dari tepung kanji atau sagu aren, gula, air, dan pewarna makanan.

Kue ini biasanya disajikan bersama dengan sirup dan es batu lalu disiram dengan kuah santan. Rasanya manis dan gurih dari pemakaian santan.

3. Laksa

Sumber Gambar: portrait nusantara

makanan khas dari Betawi yang enak selanjutnya ada Laksa. Laksa adalah makanan berjenis mi yang ditaruh bumbu. Makanan ini di yakini sebagai kebudayaan peranakan dari Tionghoa dan Melayu.

Ada banyak jenis Laksa, namun yang paling dikenal adalah Laksa jenis Penang. Bentuk Minya bulat putih dan sedikit tebal. Laksa lainnya yang terkenal ada Laksa Betawi.

Makanan ini memiliki perbedaan dari laksa lainnya, yaitu kuah yang Laksa Betawi gunakan memakai udang rebon.

Cara penyajian kuliner ini juga cukup berbeda dengan Laksa lainnya, Laksa Betawi lazimnya berisi telur, ketupat, tauge pendek, daun kemangi, dan kucai biasanya dimakan dengan semur Betawi. Ada juga penambahan bihun dan perkedel, tetapi keduanya hanya sebagai variasi atau tambahan.

4. Kerak Telor

Sumber Gambar: masakapahariini

Mungkin Kerak telor adalah makanan khas Betawi yang paling familiar di telinga kita semua. Makanan ini paling sering ditemui di event yang berhubungan dengan makanan khas daerah atau saat acara besar DKI Jakarta. Kerak telor juga dengan mudah ditemui di kota tua.

Bahan yang utama yang diperlukan untuk membuat kerak telor adalah beras ketan putih, telur ayam, ebi, bawang goreng, lalu kelapa sangria yang sudah dibumbui.

Bentuk Kerak telor tampak seperti omelet, tak jarang orang menyebutnya omelet Batavia. Kerak telor dimasak dengan menggunakan wajan. Saat kerak telor sudah setengah matang, wajan tersebut akan dibalik dan kerak telor dibiarkan terkena bara api.

5. Soto Betawi

Sumber Gambar: unileversolutions

Makanan khas Betawi favorit yang terakhir ada Soto Betawi. Soto ini umumnya menggunakan isi jeroan sapi, daging sapi, dan beberapa sayur seperti kentang. Kuah soto ini merupakan campuran dari santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat rasa khas dari soto Betawi.

Dalam penyajiannya, soto ini biasanya disajikan ke dalam mangkuk dengan beberapa bahan tambahan seperti bawang goreng, irisan tomat, irisan daun bawang dan daun seledri. Soto ini biasanya dihidangkan bersama nasi, sambal, acar, minyak samin, jeruk nipis, dan emping.

Tidak hanya sebagai kuliner tradisional, makanan khas Betawi satu ini menjadi salah satu kuliner yang digemari dan banyak penjual yang menjual soto yang satu ini.

6. Gabus Pucung

Sumber Gambar: ping point

Mungkin diantara kalian jarang ada yang pernah mendengar nama kuliner khas Betawi yang satu ini, mendengar saja jarang, apalagi memakannya.

Makanan yang berbahan utama Kluwek ini memang memiliki tampilan yang kurang menarik, tapi jangan salah, cita rasa yang makanan ini tawarkan sangatlah nikmat.

Makanan ini membutuhkan banyak rempah dalam proses memasaknya dan ikan yang digunakan adalah ikan gabus, sesuai dengan namanya.

Kalau bisa memang menggunakan ikan gabus agar tetap menjadikannya Ikonik.

7. Nasi Ulam

Sumber Gambar: mire.medium

Nasi ulam adalah makanan khas Betawi yang memiliki ciri khas sebagai kuliner yang memiliki cita rasa yang gurih karena ada tambahan serundeng atau kelapa sangrai.

Nasi Ulam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu nasi ulam berkuah dan nasi ulam kering atau tidak berkuah.

Untuk membuat makanan satu ini tergolong cukup mudah, karena bahan untuk membuatnya dapat ditemukan di pasar tradisional.

Nasi ini cocok digunakan untuk makan pagi ataupun makan siang.

8. Kue Rangi

Sumber Gambar: imgix

Mungkin kalian cukup familiar dengan yang satu ini. Kue Rangi atau biasa disebut dengan sagu rangi adalah salah satu kue tradisional Betawi. Kue yang terbuat dari campuran tepung kanji dan kelapa parut panggang ini disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan sedikit tepung kanji.

Cetakan kue ini cukup mirip dengan cetakan kue pancong, hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil.

9. Roti Buaya

Sumber Gambar: cynqie

Roti buaya adalah roti manis yang biasanya wajib ada di setiap acara pernikahan dan kenduri tradisional betawi.

Hal ini karena suku Betawi percaya bahwa buaya hanya kawin sekali dengan pasangannya. Karena itu roti ini dipercaya melambangkan kesetiaan dalam perkawinan.

Namun sayangnya di era modern ini, makna buaya lebih mengarah ke arah yang buruk. Seperti misalnya buaya darat yang bermakna orang yang bermata keranjang.

Pada saat pernikahan, roti ini diletakkan di samping mempelai perempuan dan para tamu yang melambangkan karakter dan sifat mempelai laki-laki.

10. Roti Gambang

Sumber Gambar: Youtube

Pada zaman kolonial, roti gambang merupakan hidangan sarapan bagi orang Belanda-Indonesia. Namun dengan seiring berjalannya waktu, roti ini kini dinikmati oleh orang Betawi.

Kini Roti Gambang semakin sulit untuk ditemukan. Padahal dulu Roti ini bisa dengan mudah ditemukan di penjual-penjual roti yang membawa gerobak.

Roti Gambang paling enak dinikmati dengan minuman seperti teh atau kopi.

Akhir Kata

Nah cukup sekian daftar makanan khas Betawi asli yang bisa kami kenalkan kepada anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda mengenai Kuliner Nusantara.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.