Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
34 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Lezat, Kamu Wajib Coba!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Indonesia

daftar makanan khas dari Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan sejuta pesona. Selain itu Indonesia adalah negara kepulauan yang terbesar di dunia dengan 17.504 pulau. Biasa Indonesia juga disebut sebagai Nusantara. Populasi di Indonesia sudah hampir mencapai 300 jiwa dan menjadikannya negara berpenduduk terbesar keempat di dunia.

Negara ini merupakan negara yang kaya aka ragam dan juga budaya. Indonesia memiliki 34 provinsi dengan provinsi yang paling barunya adalah Kalimantan Utara. Dari 34 provinsi di Indonesia ini, tentunya membuat banyak masyarakat di Indonesia yang seakan membuat kebiasaan mereka dan budaya mereka menjadi berbeda. Mulai dari bahasa, pakaian, rumah adat, hingga ke makanan daerah sertiap provinsi pastinya berbeda.

Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai makanan khas Indonesia dari setiap provinsi, berkut ulasannya.

34 Makanan Khas Daerah di Indonesia Yang Enak

1. Mie Aceh – Naggoroe Aceh Darussalam

Siapa yang tidak tahu makanan khas Aceh satu ini? Mie aceh merupakan Mie kuning rebal yang disajikan dengan sup sejenis kari yang memiliki cita rasa gurih dan pedas, tidak lupa ada irisan daging yang disajikan bersamanya.

2. Bika Ambon – Sumatera Utara

Meski bernama Bika Ambon, kue satu ini berasal dari Sumatera Utara, loh!. Rasa Bika Ambon ini sangatlah enak dan memiliki tekstur yang unik, terasa manis serta lembut. Kini Bika Ambon sering dikreasikan dengan rasa lain, seperti durian dan keju.

3. Makanan Padang – Sumatera Barat

Sepertinya makanan Padang sudah menjadi suatu hal yang sering kita jumpai dimana – mana. Restoran Padang memang merupakan favorit banyak orang, sulit untuk menghindari ajakan untuk makan Padang, apalagi Rendang. Rendang sendiri merupakan salah satu makanan padang yang merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia.

4. Gulai Ikan Patin – Jambi

Jika kamu mengira Gulai Ikan Patin Jambi adalah makanan yang sama dengan gulai pada umumnya, mungkin kamu salah. Karena Gulai Ikan Patin asal Jambi ini menggunakan daging buah durian yang sudah terfermentasi(Tempoyak). Namun bagi sebagian orang yang tidak begitu suka dengan bau menyengat dan rasa kuat buah durian, biasa mereka menggantinya dengan santan kelapa.

5. Pendap – Bengkulu

Pendap Bengkulu

Makanan khas daerah di Indonesia selanjutnya ada Pendap. Pendap merupakan makanan khas daerah Bengkulu yang terbuat dari ikan dengan bumbu yang beraneka ragam. Karenanya Pendap memiliki rasa yang pedas juga gurih.

6. Gulai Belacan – Riau

Gulai Belacan Riau

Jika Gulai Ikan Patin asal Jambi menggunakan Durian, Gulai Belacan ini menggunakan kuah dengan campuran belacan atau terasi. Biasanya bahannya memakan udan dan ikan.

7. Otak-Otak – Kepulauan Riau

Otak – otak merupakan makanan khas dari Kepulauan Riau, baik dari Batam, Tanjung Pinang, samapai ke Penyengat. Ada 2 jenis otak – otak yang berasal dari Kepulauan Riau, yaitu Ikan dan Cumi. Otak – otak dibungkus dengan daun dan di rekatkan dengan lidi. Cara memasak otak – otak yaitu dengan cara dibakar.

8. Empek-Empek – Sumatera Selatan

Empek-Empek, atau biasa disebut Pempek merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang pasti sudah sering kamu dengar. Makanan yang terbuat dari ikan dan sagu ini penyajiannya ditemani dengan kuah coklat atau disebut cuko. Cuko berbahan dasar gula merah, udang ebi, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

9. Mie Bangka – Bangka Belitung

Jika Aceh memiliki Mie Aceh, Bangka memiliki Mie Bangka. Mie Bangka adalah makanan yang terbuat dari mie kuning basah yang disiram dengan kuah berbumbu yang terbuat dari ikan, udang, cumi, atau juga kepiting. Kadang Mie Bangka disajikan dengan toge atau kecambah, mentimun, dan kerupuk. Mie Bangka paling nikmat di santap dengan mengambahkan cabe padanya.

10. Seruit – Lampung

Makanan khas daerah Indonesia berikutnya ada Seruit yang berasal dari Lampung. Seruit merupakan masakan ikan yang digoreng atau dibakar, di campur dengan sambel terasi serta tempoyak atau mangga.

11. Sate Bandeng – Banten

Kalau biasanya kesulitan utama saat makan ikan Bandeng adalah tulang lunaknya yang sangat banyak, berbeda dengan sate Bandeng ini karena dagingnya empuk dan tidak bertulang. Sate ini menggunakan gula coklat dan santan. Biasa orang membawa sate Bandeng sebagai oleh – oleh sari Banten.

12. Kerak telor – Jakarta

Kerak telor biasanya akan mudah ditemukan di acara – acara penting Jakarta, seperti perayaan ulang tahun kota Jakarta, acara budaya, dan masih banyak yang lainnya. Makanan khas Indonesia ini berbahan dasar beras ketan putih, telur ayam, dan dilengkapi dengan ebi serta bawang merah goreng. Lalu Kerak telor diberi bumnu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabe merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, juga gula pasir.

13. Serabi Kadang – Jawa Barat

Siapa yang bisa tahan dengan Serabi? Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan kuah gula cair manis. Kini Serabi sering dikreasikan menjadi berbagai jenis rasa, seperti salah satunya ada Serabi durian.

14. Lumpia Semarang – Jawa Tengah

Lumpia Semarang memiliki isi berupa rebung, telur, dan daging udang. Lumpia bisa dimakan secara langsung, juga biasa ada yang digoreng. Rasanya bikin ketagihan dan tidak puas hanya mencoba 1 saja!

15. Gudeg – Daerah Istimewa Yogyakarta

Kalau kamu mengunjungi Yogyakarta, kamu akan mudah menemukan para pedagang Gudeg. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Biasa Gudeg disajikan dengan nasi yang disajikan dengan kuah santan kental atau areh, ayam kampung, telur, tahu, dan juga sambal goreng krecek.

16. Rujak Cingur – Jawa Timur

Di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, kamu akan mudah untuk bisa menemukan Rujak Cingur ini. Cingur berarti mulut, karena memang bahan utamanya adalah mulut sapi. Biasa dihidangkan dengan sayuran lalu diberi bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula merah, cabai, kacang tanah, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda.

17. Ayam Betutu – Bali

Ayam betutu merupakan makanan khas Indonesia, Bali. Ayam ini merupakan lauk yang terbuat dari Ayam utuh berisi bumbu, lalu dipanggang dalam api. Jika kamu ke Bali, akan sangat mudah untuk menemukan Ayam Betutu ini dimana – mana.

18. Ayam Taliwang – Nusa Tenggara Barat

Resep makanan khas Indonesia ini terdiri dari bumbu-bumbu seperti cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam ada semua dalam Ayam Taliwang. Bisa dong dibayangkah sekaya apa rasa dari Ayam Taliwang ini. Biasa Ayam Taliwang disajikan bersama dengan makanan khas Lombok lainnya, yaitu Plecing kangkung.

19. Catemak Jagung – Nusa Tenggara Timur

Catemak Jagung, makanan khas NTT yang biasa dijadikan makanan penutup. Terbuat dari jagung, labu lilin, dan juga kacang hijau yang dimasak dengan bumbu penyedap rasa.

20. Bubur Pedas Sambas – Kalimantan Barat

Meski diberi nama Bubur pedas, namun makanan ini sebenarnya tidak diolah dengan cabai sedikitpun. Bubur Pedas Sambas diolah dengan campuran sayur mayur yang pastinya akan membuat semua orang ketagihan karenanya.

21. Soto Banjar – Kalimantan Selatan

Saat mencium aroma Soto Banjar, kamu akan merasakan harum dari kayu manis, biji pala, dan juga cengkeh. Soto berisi dari daging ayam yang sudah disuwir, perkedel, telur rebus, dan ada ketupat.

22. Juhu Singkah – Kalimantan Timur

Juhu Singkah adalah makanan yang terbuat dari umbut rotan dan mudah untuk menemukannya di kota Palangkaraya. Biasa makanan yang disajikan dengan ikan betok ini diperoleh warga yang mencari disekitar hutan, sekitaran tempat mereka tinggal.

23. Ayam Cicane – Kalimantan Timur

Kalau kamu memiliki kerabat orang Kalimantan Timur, biasa jika ada hajatan seperti Pernikahan, akan ada Ayam Cicane ini. Ayam Cicane sendiri merupakan kuliner andalan dari kota Samarinda. Daging ayam kampung yang disajikan dengan bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas untuk Ayam Cicane ini.

24. Sup Konro – Sulawesi Selatan

Jika dilihat dari gambar makanan khas Indonesia ini, mungkin sekilas seperti sop daging Iga lainnya. Namun jika dirasakan, makanan yang biasa disajikan dengan ketupat ini memiliki bumbu yang relatif lebih kuat karena adanya ketumbar. Selain itu warna hitam dari Sup Konro berasal dari buah yang bernama Kluwek.

25. Sup Ikan Jantung Pisang – Sulawesi Tengah

Selanjutnya ada makanan khas Indonesia yang berasal dari Sulawesi Tengah, Sup Ikan Jantung Pisang. Ya, dari namanya saja seharusnya kita sudah bisa menebak apa bahan dasar dari makanan daerah satu ini. Ikan yang biasa digunakan untuk mengolah makanan ini adalah Ikan kakap.

26. Lapa-Lapa – Sulawesi Tenggara

Lapa – Lapa merupakan makanan khas Sulawesi Tenggara yang memiliki cita rasa gurih serta enak. Biasa Lapa – lapa dikonsumsi dengan ikan Kaholeonarore atau ikan asin yang akan semakin menambah cita rasa dari Lapa – Lapa ini.

27. Binte Biluhuta – Gorontalo

Binte Biluhuta atau biasa yang dikenal dengan nama Milu Siram ini merupakan makanan khas Gorontalo yang terbuat dari Milu atau Jagung. Selain jagung, ada juga udang, kelapa setengah tua, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi, bawang merah, dan terakhir ada jerup nipis.

28. Bubur Manado – Indonesia

Bubur Manado merupakan campuran dari berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, dan pastinya memiliki cita rasa yang nikmat. Makanan yang biasa disebut Tinutan ini sering disajikan untuk sarapan pagi, lengkap dengan hidangan lainnya.

29. Ikan Asar – Maluku

Ikan Asar merupakan makanan yang berupa ikan Cakalang atau ikan Tongkol yang dipanggang dengan menggunakan asap. Oleh karena itu ikan Asar juga biasa disebut dengan nama ikan Asap.

30. Gohu Ikan – Maluku Utara

Gohu merupakan makanan berupa rujak pepaya muda yang populer di Sulawesi Utara, kalau Gohu Ikan adalah makanan khas Maluku Utara yang berbahan dasar tuna mentah. Karena bahan dasarnya ini biasa orang menyebut Gohu Ikan sebagai Sashimi dari Ternate.

31. Ikan Bakar Monokwari – Papua Barat

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Papua Barat juga memiliki makanan khas yang dapat membuat banyak orang ketagihan mencobanya. Tidak seperti ikan bakar biasa yang bisa kita dapatkan di warung – warung makan, ikan bakar ini dapat membuat kita sangat tercengang dengan rasanya. Disajikan dengan sambal khas Papua yang disiram di atasnya, masakan yang biasa menggunakan ikan tongkol ini pastinya sangat lezat.

32. Papeda – Papua Timur

Papeda merupakan makanan yang mudah untuk ditemukan di Maluku dan Papua. Makanan yang terbuat dari tepung sagu ini biasa disantap bersama dengan kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dengan bumbu kunyit serta jeruk nipis.

33. Kue Sagu – Papua Tengah

Berikutnya ada makanan ringan khas Indonesia, Kue Sagu. Kue yang biasa disebut Bagea ini merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah tepung sagu. Kue ini agak keras saat digigit, namun jika sudah masuk ke mulut ia akan lunak.

34. Kepiting Soka – Kalimantan Utara

Makanan khas Indonesia terakhir ada Kepiting Soka. Kamu dapat memakan seluruh bagian dari kepiting Soka ini karena ia memiliki cangkang lunak yang dapat dimakan. Kepiting ini biasa juga dibuat sebagai camilan atau bahkan kerupuk.

Nah, itulah Makanan Khas Indonesia dari 34 provinsi yang ada. Makanan yang ada memang memiliki ciri khas yang beragam, hal ini didasari oleh perbedaan budaya dan selera dari berbagai daerah. Namun pastinya semua makanan ini bisa dijadikan kebanggaan setiap daerahnya masing – masing.

Semoga informasi mengenai makanan khas ini dapat membantu kamu menemukan informasi yang dibutuhkan. Terima kasih!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.