Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
15 Makanan Khas Kalimantan Barat Yang Enak Dan Wajib Dicoba!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Kalimantan Barat Yang Enak dan Murah

daftar makanan khas dari kalimantan barat

Kamu sudah sering mencicipi beragam kuliner unik dari Indonesia? Pernahkah mencoba makanan khas Kalimantan Barat? Yuk kali ini coba lirik makanan enak khas Indonesia ini. Di sini kamu bakal menemukan banyak jenis kuliner mulai dari yang biasa kita jumpai hingga yang cukup membuat kita terkejut mendengarnya.

Berikut Ini adalah beberapa makanan Khas dari daerah Kalimantan barat yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke sana. Yuk langsung saja simak Daftarnya berikut ini.

15 Makanan Khas Provinsi Kalimantan Barat Yang Lezat

1. Mie Kepiting Pontianak

Mungkin buat kebanyakan orang, mereka masih asing dengan bakmie kepiting. Kalau kamu biasa menyantap mie bersama daging ayam, sapi, atau babi, makanan ini justru menyandingkannya dengan potongan kepiting dan topping lainnya, seperti kecambah, pangsit goreng, ikan, udang, bakso, dan daging kepiting.

2. Mie Sagu

Setelah mie kepiting, ada lagi mie sagu. Sajian satu ini juga termasuk makanan khas Melayu di Pontianak. Mie Sagu bisa disajikan sebagai makanan pendamping atau sarapan bagi warga Kalimantan Barat.

Mie ini disajikan dengan disiram kuah kaldu, sedangkan mie nya terbuat dari sagu yang diulen dan dipotong kecil panjang seperti layaknya mie pada umumnya. Namun tekstur mie lebih kenyal dibanding mie pada umumnya.

3. Kerupuk Basah

Kamu tahu tidak ternyata ada kerupuk yang basah loh. Makanan ini disajikan dengan cara dikukus, kemudian disantap bersama saus kacang.

Resep makanan khas Kalimantan Barat satu ini adalah Kerupuk Basah yang terbuat dari tepung sagu dan olahan ikan belida yang dapat membuat aroma dan teksturnya jadi makin sedap.

4. Bubur Pedas

Jika biasanya bubur dicampur dengan kecap manis, asin, dan sambal untuk pelengkap rasa saja, bubur khas Kalimantan Barat ini justru benar-benar nikmat ketika terasa pedas.

Jika hanya dilihat dari bentuk serta warnanya mungkin akan sangat kurang tertarik untuk mengkonsumsinya. Namun ketika sudah mencicipinya, pastinya akan ketagihan.

Mungkin banyak orang mengira bahwa bubur yang satu ini mempunyai cita rasa yang pedas, namun sebenarnya tidak. Kata pedas sendiri adalah salah satu perumpamaan, dari bebagai macam sayuran dan rempah yang ada dalam bubur terebut.

5. Asam Pedas Tempoyak

Makanan khas dari Kalimantan Barat lainnya adalah dari Ketapang, yaitu Asam Pedas Tempoyak. Jika dilihat dari tampilannya, pasti jenis kuliner seperti ini sudah sering dijumpai di tempat makan pada umumnya.

Tapi yang membedakan dari makanan ini adalah tambahan daging buah durian atau biasa disebut tempoyak. Membuat cita rasa dan aroma yang ditonjolkan benar-benar kuat, Sangat cocok jika disandingkan dengan ikan patin dan kuah asam pedasnya.

6. Sotong Pangkong

Seperti namanya, Sotong adalah cumi-cumi, sedangkan Pangkong adalah memukul seperti pengolahannya yang dipukul menggunakan palu agar daging terasa lebih empuk.

Sotong atau Cumi yang telah dikeringkan kemudian dibakar, dan dipukul-pukul menggunakan palu, yang kemudian disajikan menggunakan kuah sambal kacang atau bisa menggunakan Bumbu kacang dan ebi yang membuat rasa dari kuliner ini jadi terasa lebih lengkap, perpaduan manis, gurih asin, dan juga pedas.

Kemudian biarkan bumbu menyerap ke dalam sotong, dan sotong mengembang. Potong sotong menggunakan tangan. Rasa lembut dari sotong, dan kuah yang kaya rasa, membuat kuliner ini tidak boleh di lewatkan begitu saja. Makanan khas dari provinsi Kalimantan Barat ini sangat lezat dan wajib untuk kalian coba!

7. Pengkang

Pengkang adalah salah satu sajian yang bisa dibilang camilan. Tetapi makanan ini tetap mengenyangkan karena terbuat dari beras ketan. Ciri khas makanan Kalimantan Barat satu ini adalah cara penyajiannya yang disajikan dari olahan santan dan dibungkus daun pisang, kemudian diisikan dengan ebi baru setelah itu dibakar.

Di daerah jawa, kuliner ini disebut dengan lemper. Hal yang membedakan kuliner ini dengan lemper adalah isiannya. Isi Pengkang biasanya udang kering atau ebi, sedangkan lemper biasanya berisi abon atau potongan ayam.

8. Kwetiau

Kwetiau memang merupakan sajian khas masyarakat Tionghoa. Tapi pernahkah mencoba kwetiaw khas pontianak?. Saking nikmatnya, semua warga dari berbagai suku pun menjadikan menu kwetiau sebagai menu makanannya. Kwetiau bisa disajikan kuah atau goreng.

Tentu kenikmatannya berbeda. Untuk yang penasaran, silahkan coba secara langsung, tekstur mie nya berbeda dan sangat khas.

9. Ale Ale

Jika merupakan pecinta kerang, wajib mencoba sajian satu ini. Ketapang memiliki satu makanan yang rasanya sungguh unik serta nikmat, yaitu Ale-Ale. Kerang yang digunakan adalah sejenis kerang dengan cangkang kulit yang keras dan licin, kemudian isinya berwarna putih bening.

Kerang jenis ini hanya bisa ditemukan di Kota Ketapang. Jadi kamu harus ke banget mencoba kuliner nikmat satu ini saat mempir ke Kalimantan Barat!

10. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan adalah sajian berkuah yang terbuat dari tepung tapioka kemudian dicampur dengan gula dan pandan, biasa dihidangkan dengan cak kwe. Kuliner Lek tau Suan ini jika diartikan menjadi butiran mutiara kacang hijau. Hal ini karena penampilan kuliner ini seperti kacang hijau yang berkilauan.

Makanan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari kacang hijau yang telah dikupas kulitnya, kemudian dimasak menggunakan kuah kental bening. Kuah tersebut terbuat dari tepung tapioka, yang dicampur dengan gula dan daun pandan.

11. Chai Kwe

Selanjutnya ada Chai Kwe atau juga kita kenal Choipan sebenarnya berasal dari warga China, namun sangat populer di Pontianak. Kalau dilihat dari segi cita rasa, makanan khas dari kalimantan barat ini jadi yang terbaik untuk di Indonesia.

Chai Kwe berisikan sayuran yang disajikan dalam bentuk kue. Isiannya berupa talas, bengkoang, kemudian campur ebi dan kucai yang diiris. Sedangkan kulitnya terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, sehingga menghasilkan tekstur licin dan kenyal.

12. Es Krim Petrus

Selain makanan yang menggugah selera, ternyata ada juga minuman segar khas Kalbar yang dapat melepaskan dahaga, yaitu Es Krim Petrus. Es ini hampir serupa dengan minuman kekinian saat ini.

Penyajiannya berupa sebuah batok kelapa dengan isi es krim, kacang merah, rumput laut, dan juga cincau. Tekstur es krimnya begitu lembut dan rasanya dominan di lidah.

13. Lempok Durian

Lempok Durian Adalah makanan khas asal Kalimantan Barat yang tampilannya hampir serupa dengan dodol serta bertekstur kenyal. Yang membedakan adalah lempok durian tidak menggunakan bahan campuran tepung ketan.

100 persen bahannya berasal dari durian, sehingga cita rasa dan aroma duriannya begitu kuat menyeruak di mulut.

14. Burung Punai

Burung punai jika dilihat secara sekilas mungkin bisa disebut mirip dengan burung merpati. Padahal makanan enak asli kalimantan barat ini bukan dari burung itu.

Burung Punai banyak terdapat di kawasan Kalimantan Barat, dan biasanya hidup dengan cara berkelompok, ini yang membuat burung ini mudah diburu. Ada banyak sekali ragam makanan yang diciptakan menggunakan burung yang satu ini. Namun kebanyakan burung ini dimasak dengan cara digoreng atau juga dibakar.

15. Bakmi Keriting

Bakmi keriting yang ada di Kalimantan Barat ini sedikit berbeda dengan bakmi yang ada di kota-kota lainnya. Dimana bakmi keriting yang satu ini menggunakan pelengkap berupa sawi, potongan daging ayam, dan juga daging kepiting.

Itu sebabnya, penampilan mie yang satu ini, bernuansa seafood, dan lebih gurih. Mie yang digunakan memiliki ukuran yang kecil, teksturnya cukup kenyal, rasa yang dihasilkan oleh mie ini asin dan gurih.

Kesimpulan

Setelah mengenal makanan khas Kalimantan Barat dan penjelasannya, nggak ada salahnya kamu berburu pilihan kuliner di atas.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang ingin mencoba mencicipi makanan khas Kalimantan Barat. Terima Kasih!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.