Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
12 Makanan Khas Kalimantan Timur Yang Enak dan Unik
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Kalimantan Timur

makanan khas dari kalimantan timur

Mungkin banyak dari kalian yang belum tau atau belum pernah melihat makanan khas Kalimantan Timur. Wajar, karena sebagian besar makanannya belum dibawa ke kota-kota lain.

Meskipun begitu, bukan berarti makanan dari Kalimantan Timur ini tidak mempunyai cita rasa seenak hidangan lain. Malahan, rasa yang dihadirkan rata-rata “menusuk lidah” karena rasanya yang pedas.

Berbagai masakannya juga menggunakan bumbu rempah yang kuat loh. Pada kesempatan kali ini, Pesona Indonesia akan membagikan informasi mengenai makanan enak khas Kaltim. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

12 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak Yang Unik!

1. Nasi Bekepor

Sumber Gambar: Traveling yuk

Nasi bekepor merupakan sajian yang mirip dengan nasi liwet, tetapi dipadukan dengan minyak sayur, bumbu rempah, dan ikan asin. Proses memasaknya menggunakan ketel.

Beras dimasak bersama dengan bumbu rempah. Lalu, sebelum diangkat, nasi diberi ikan asin, kemangi, cabai, dan jerik nipis. Diamkan sebentar. Jika bagian pinggirnya sudah berkerak, dapat diangkat.

2. Ayam Cincane

Sumber Gambar: google user content

Kuliner khas Samarinda Kalimantan Timur ini tampilannya tidak berbeda dengan masakan ayam lainnya di nusantara. Hanya daging ayam kampung yang dibumbui dan dibakar.

Namun, saat dimakan baru akan terasa perbedaannya. Terutama dari bagian bumbu merah, lengkuas, jahe, dan kemirinya yang langsung menemel di lidah.

3. Nasi Kuning

Sumber Gambar: traveling yuk

Terbuat dari beras yang dimasak bersama rempah dan santan sehingga rasanya gurih. Warna kuningnya berasal dari kunyit.

Biasanya, nasi kuning disantap bersama dengan berbagai lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur dadar, ayam goreng, dan lain-lain. yang spesial dari hidangan ini adalah kombinasi lauknya. Yaitu serundeng, ikan gabus, telur bumbu Bali, dan taburan bawang merah.

4. Gence Ruan

Sumber Gambar: kurioapps

Gence Ruan dibuat dengan bahan dasar ikan Gabus atau ikan Haruan. Ikan ini seirng disantap karena tekstur dagingnya yang kenyal sehingga enak untuk disantap.

Ikan gabus ditaburi garam lalu kemudian dibakar. Setelah matang, ikan disiram dengan tumisan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah lainnya.

5. Pisang Gapit

Sumber Gambar: traveling yuk

Gapit berasal dari bahasa Banjar dan Kutai yang artinya Jepit. Santapan ini sering ditemui di pinggir jalan terutama di daerah Tepian, sungai Mahakam.

Pisang Gapit tebruat dari pisang kepok, pisang sanggar, atau pisang tanduk. Proses pembuatannya cukup mudah. Hanya dengan dipanggang sambil digapit, kemudian di pencet sampai pipih dan dicampur dengan saus tertentu.

6. Sate Payau

Sumber Gambar: borneo channel

Sate payau merupakan nama kuliner khas Kalimantan Timur yang berasal dari daging rusa. Sayangnya, makanan ini sudah langka karena rusa adalah salah satu hewan yang dilindungi.

7. Amplang

Sumber Gambar: blogspot

Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya adalah amplang. Amplang merupakan sejenis kerupuk yang bentuknya mirip dengan kuku macan. Makanan ini terbuat dari ikan dan sering dijadikan oleh-ole khas Kalimantan Timur.

8. Sayur Asam Kutai

Sumber Gambar: beepdo

Makanan ini cukup unik karena bahan dasarnya menggunakan kepala ikan gabus. Pelengkapnya adalah potongan talas, kangkung, dan jantung pisang batu.

Kepala ikan gabus dibelah dua lalu dilumuri garam dan air jeruk nipis. Setelah itu dimasukkan kedalam kuah berbumbu bersama asam sunti serta bahan lainnya.

9. Rabo Ruan

Sumber Gambar: grid

Hampir sama dnegan gence ruan, makanan ini berbahan dasar ikan gabus. Bedanya, ia dijadikan mirip dengan abon. Tetapi rasa dan cara pembuatannya berbeda.

Pada rabo ruan, ikan gabus dikukus hingga setengah matang lalu disuwir-suwir. Kemudian, ikan tersebut dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah, ketumbar, dan garam.

Sesudah itu dimasak bersama santan dengan api kecil. Sangat pas untuk dijadikan lauk makan siang.

10. Daging Masak Bumbu Hangus

Sumber Gambar: google user content

Makanan khas Kalimantan Timur ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kecap. Proses pematangan daging berlangsung cukup lama, hingga warnanya berubah kehitaman. Tetapi tidak mengurangi selera penikmat kuliner.

Rempah-rempah yang digunakan biasanya pala, merica, bawang bombay, dan sebagainya. Makanan tersebut sering dijadikan teman makan nasi bekepor.

11. Pepes Kepiting

Sumber Gambar: brta.in

Jika biasanya pepes terbuat dari tahu atau ikan, Kalimantan Timur malah menyajikannya dengan kepiting. Biasanya, yang diolah adalah kepiting soka.

Untuk menciptakan rasa yang sedap, rempah yang digunakan adalah cabai rawit, cabai merah, serai, kemangi, dan beraneka rempah lainnya sebelum dibungkus dengan daun pisang.

Sesudah itu, pepes kepiting dikukus hingga matang lalu dibakar.

12. Kue Bingka Kentang

Sumber Gambar: kata omed

Makanan ini sangat digemari oleh warganya. Bentuknya yang unik dan rasanya yang manis serta teksturnya yang legit membuat bingka ini sering dijadikan teman sore hari.

Makanan ini terbuat dari kentang yang dihaluskan, lalu dicampur dengan telur, tepung, terigu, santan, dan perisa lainnya. Lalu, dicetak pada loyang dan dibakar hingga permukaannya kuning kecoklatan.

Kesimpulan

Itulah daftar makanan khas Kalimantan Timur dan penjelasannya. Jangan lupa untuk mencicipi semuanya saat berkunjung kesana ya!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.