Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
28 Makanan Khas Malang Yang Enak dan Legendaris
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Malang

MAKANAN KHAS MALANG

Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Malang yang populer dengan sebutan kota Apel menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak sekali tempat wisata seru di Malang yang bisa kamu kunjungi.

Bukan hanya sejarah kota malang yang terkenal dan pariwisatanya yang menakjubkan, ternyata makanan khas Malang juga wajib dicicipi karena mampu membuat lidah bergoyang saking lezatnya.

28 Makanan Khas Asal Malang yang Lezat

Memanjakan lidah dengan ditemani hawa sejuk kota Malang pasti benar-benar menakjubkan! Apalagi jika kita tahu banyak tentang makanan khas daerah Indonesia. Dijamin tidak akan sia-sia datang ke kota ini.

Berikut ini kami sajikan daftar makanan khas Malang yang enak untuk kalian pecinta kuliner maupun kalian yang hanya sekedar berkunjung ke kota ini.

1. Bakso Malang

BAKSO MALANG

Bakso telah lama menjadi salah satu ikon kuliner kota Malang yang telah bertebaran di kotanya bahkan sampai ke berbagai kota-kota di Indonesia.

Bakso bagaikan favorit sejuta umat di bumi pertiwi. Mulai dari pedagan kaki lima sampai dengan restoran bintang lima ada yang menjadikan bakso ini sebagai menu utamanya.

Didalam satu mangkok bakso, terdapat beragam isian. Selain bakso, ada juga tahu putih atau kulit, pangsit isi, tauge, mie kuning, bihun, siomay, pentol halus, pentol kasar atau tim, dan ada juga yang menyajikannya dengan lontong.

Penggunaan bumbu yang tepat bisa menciptakan kelezatan pada kuah bakso. Agar lebih lezat, biasanya orang menyantap bakso Malang bersama sambal yang disediakan.

2. Orem-orem

OREM OREM

Dahulu, orem-orem hanya disajikan pada waktu-waktu tertentu, biasanya ketika pernikahan dan syukuran. Masuk ke pertengahan tahun 1980, orem-orem mulai dijual di warung-warung makan tradisional.

Makanan khas Malang ini memiliki bahan dasar berupa irisan tempe dan tahu yang sudah dibumbui bersama ayam dengan siraman kuah kental yang gurih dari santan.

Rasa dari orem-orem mirip seperti sayur lodeh, tetapi lebih pedas dan bisa ditambah dengan kecap manis serta sambal. Agar lebih pas dengan perut Indonesia, warga Malang kerap menyantapnya bersama ketupat dan tauge.

3. Bakso Bakar

BAKSO BAKAR

Cemilan khas kota Malang ini bisa kalian temukan dimana saja. Karena, walaupun orang tidak memiliki latar belakang yang kuat dalam dunia kuliner, ia pasti bisa melakukan kreasi bakso bakar ini.

Salah satu bakso bakar yang paling digemari adalah bakso Pak Man yang menyediakan beragam level pedas. Mulai dari yang super pedas, sedang, hingga biasa. Bakso bakar lebih digemari karena baunya yang sedap dan rasanya yang lebih gurih saat disantap

4. Cwie Mie

CWIE MIE

Cwie mie adalah kuliner peranakan Tionghua yang tersebar luas di sekitaran kota Malang. Saat ini, nama makanan khas dari malang ini mulai berganti nama menjadi pangsit mie dikarenakan pangsit yang selalu hadir menemani sntapan ini.

Ukuran mie untuk cwie malang cenderung kecil. Cwie mie disajikan bersama ayam yang sudah dicacar, kuah, dan taburan daun bawang.

Secara rasa, cwie mie cenderung asin berbeda dengan mie ayam yang cenderung manis. Biasanya terdapat juga siomay goreng, tahu isi, atau bakso udang goreng yang dijual terpisah.

5. Soto Lombok

SOTO LOMBOK

Sama seperti kota lain, Malang juga memiliki varian sotonya sendiri. Di Malang, soto jenis ini lebih dikenal dengan nama soto Lombok. Bukan karena merujuk pada kuliner khas Lombok ataupun cita rasanya yang pedas. Melainkan, lokasi penjualan soto ini berada di jalan Lombok.

Dala semangkuk soto, biasanya terdapat kentang, tauge, telur rebus, daging ayam, serta irisan kol. Tak lupa juga dengan kentalnya kuah santan yang ditambah dengan taburan koya semakin meningkatkan cita rasa makanan khas kota Malang ini. Santapan soto ini juga biasanya ditemani oleh beragam jenis kerupuk-kerupuk besar.

6. Nasi Buk

NASI BUK

Sebenarnya nasi buk bukanlah kuliner asli kota Malang. Hanya saja, karena penjual aslinya adalah keturunan orang Madura yang tinggal dan berjualan di kota ini, maka orang beranggapan bahwa nasi buk adalah makanan khas Malang.

Nasi buk sendiri berasal dari desa Banjeman Bangkalan, Madura. Istilah buk pada makanan ini dialamatkan untuk wanita Madura.

Kuliner ini merupakan makanan berat yang terkenal akan rasanya yang khas, lauknya yang bermacam-macam jenis, syaur lodehnya yang gurih, hingga dendengnya yang mantap.

Adapun pelengkap yang bisa kita pilih sebagai pendamping seperti lodeh tewel, lodeh bung, mendol, bakwan jagung, ayam goreng, empal, jantung kelapa, limpa, usus, paru, babat, dan rempelo ati.

7. Pecel Pincuk

PECEL PINCUK

Dinamakan pecel pincuk karena makanan khas kota malang ini disajikan dengan isian sayuran diatas pincuk. Pincuk sendiri merupakan daun pisang yang digunakan sebagai alas pecel kemudian ditusuk lidi pada salah satu sisinya.

Pecel pincuk berisikan aneka komposisi sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, serta guyuran dari gurihnya sambal kacang. Selain iut, ada juga irisan mentimun, daun kemangi, dan remahan rempeyek kacang yang menambah tekstur makanan ini.

Untuk lauk, disediakan juga telur dadar, tempe goreng, tahu goreng, serta gorengan bakwan sebagai pelengkap.

8. Sop Sumsum

SOP SUMSUM

Sop sumsum yang merupakan pelopor dari pak Kayin ini berisi ragam sayuran segar dengan kuah kaldunya yang nikmat. Makanan berkuah ini dikreasikan beragam bahan pangan dan bumbu sehingga menghasilkan hidangan yang selalu melekat di lidah setiap orang.

Sop yang disajikan bukan hanya berisi sayuran dan kuah kaldu, tetapi juga tulang sumsum yang siap diseruput.

Harga makanan khas kota Malang ini juga beragam, kalian bisa mendapatkannya dengan harga 15-25 ribuan tergantung apa jenis sop yang kalian pilih.

9. Sate Kelinci

SATE KELINCI

Sate dengan penggunaan daging yang tida biasa ini bisa kalian temukan di sepanjang jalan Malang-Batu. Ada banyak sekali restoran atau rumah-rumah yang menyediakan menu satu kelinci.

Bumbu yang digunakan juga sama seperti sate pada umumnya, bumbu kacang. Hidangan ini biasanya disantap bersamaan dengan nasi atau lontong.

10. Bakso Bakwan

BAKSO BAKWAN MALANG

Selain bakso Malang dan bakso bakar yang melegenda, kota ini juga mempunyai ragam bakso lainnya, yaitu bakso bakwan. Bakso bakwan memiliki ragam isian seperti  bakso urat, bakso goreng, bakso halus, bakwan rebus, tahu rebus, dan pangsit.

Yang membuatnya berbeda adalah ketidakhadiran mie kuning atau bihun putih yang tidak di sajikan di mangkok ini.

Untuk kuah baksonya, bakso bakwan menggunakan kuah kaldu sapi asli sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih gurih, segar, dan menggugah selera.

11. Tempe Mendol

TEMPE MENDOL

Mendol adalah salah satu varian tempe yang terkenal di Malang. Tempe mendol atau tempe penyet merupakan makanan khas Malang berbahan dasar tempe yang diolah dengan ragam jenis bumbu.

Biasanya, tempe mendol diolah untuk dijadikan lauk pecel dan rawon. Tetapi ada juga yang memakan langsung tempe mendol ini tanpa ditemani dengan hidangan lain.

Uniknya, tempe ini dibuat dari tempe yang warnanya sudah agak kehitaman atau agak basi. Eits, tapi jangan salah. Meskipun begitu, bukan berarti jajanan ini tidak menyehatkan loh.

Namun sekarang ini penjual tempe mendol sudah jarang ditemui sehingga masyarakat sekitar terbiasa membuatnya sendiri dirumah.

12. Angsle

ANGSLE

Dinginnya kota Malang akan sangat pas jika ditemani dengan minuman yang hangat. Salah satunya adalah Angsle ini. Angsle merupakan makanan yang serupa wedang hangat. Wedang angsle lebih banyak ditemui pada malam hari.

Kuah wedang yang hangat ini terbuat dari air yang direbus ersama dengan jahe, serai, dan gula jawa. Selain itu, isiannya terdiri dari roti, kacang tanah sangrai, dan kacang hijau rebus. Lalu disajikan bersama dengan petulo atau putu mayang, ketan putih kukus, dan tape singkong.

13. Tahwa

TAHWA

Selan angsle, makanan ringan satu ini juga bisa menghangatkan tubuh kita dari dinginnya kota Malang. Tahwa merupakan makanan peranakan Tionghua yang sudah masuk ke Indonesia sejak lama.

Tahwa juga kerap disebut dengan kembang tahu. makanan khas enak dari malang ini berisikan tahu lembut yang lumer di mulut bersama dengan kuah campuran jahe dan gula merah.

14. Nasi Mawut

NASI MAWUT

Bagi banyak orang di Malang, mungkin Nasi mawut tidak terasa begitu spesial. Tetapi, nasi mawut sendiri merupakan makanan yang pertama kali diciptakan di Malang.

Nasi mawut ini merupakan nasi goreng yang dibuat bersama aneka sayur, lauk, serta mie.

15. Rawon

RAWON

Makanan khas enak dari kota malang ini juga lumayan populer loh. Rawon seniri terbuat dari olahan daging sapi berupa sup daging berkuah hitam. Kuah hitam ini merupakan perpaduan bumbu kluwek.

16. Nasi Pecel

NASI PECEL

Nasi pecel merupakan nasi yang ditemani dengan rebusan sayur segae, siraman sambal kacang, serta peyek.

Sedangkan, untuk sayurannya berupa tauge, kacang panjang, kangkung, dan daun kemangi. Dengan racikan bumbu cita rasa khas tradisional Indonesia nan bergizi, nasi pecel cocok disantap untuk sarapan pagi.

17.Ronde Titoni

RONDE TITONI

Satu lagi wedang yang terkenal di Malang adalah wedang ronde. Kuah yang digunakan sama dengan wedang angsle. Yaitu air rebusan jahe, serai, dan gula jawa.

Ronde sendiri terbuat dari tepung beras yang berisi gula dan dibuat bulat-bulat.

18. Ketan

KETAN

Ketan menjadi salah satu makanan khas malang dimana ketan merupakan sajian berupa beras ketan yang ditaburi dengan kelapa parut atau kelapa bubuk. Rasanya yang manis dibuat seimbang dengan gurihnya kelapa sehingga terasa lebih menggugah selera.

Terdapat beberapa jenis ketan, seperti ketan keju susu, ketan gurih, dan ketan ayam pedas. Makanan ini sering dicicipi oleh masyarakat sekitar.

19. Sate Landak

SATE LANDAK

Selain sate kelinci, ternyata Malang juga memiliki sate jenis lain, yaitu sate landak. Tekstur dari sate ini empuk dan mempunyai cita rasa yang gurih. Bumbu yang digunakan untuk menemani sajian ini merupakan bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

20. Bakpao

BAKPAO

Makanan khas Malang selanjutnya adalah bakpao. Bakpao awalnya diciptakan di negeri tirai bambu, China lalu dikreasikan oleh orang Indonesia khususnya Malang.

Karena isian bakpao yang sebenarnya terbuat dari daging babi, masyarakat kota ini lalu membuat isian lain seperti ayam, coklat, atau kacang hijau agar terasa lebih pas di lidah Indonesia.

21. Bakso Kikil

BAKSO KIKIL

Tidak kalah enak dengan bakso-bakso yang lain, bakso kikil khas Malang ini juga sangat lezat dan unik karena memiliki potongan kikil di dalam kuahnya. Bakso ini biasanya dihidangkan bersama dengan sajian lain seperti lung tahu atau pangsit basah.

22. Sate Gebug

SATE GEBUG

Sate gebug yang sudah ada sejak tahun 1920 ini merupakan sate daging yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sangat lembut. Sate ini juga dilengkapi dengan taburan bumbu sedap khasnya.

23. Sego Resek

SEGO RESEK

Sego resek merupakan sajian nasi goreng yang dimasak menggunakan arang. Sego resek jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah nasi sampah. Karena sego resek dimasak dengan racikan bumbu tradisional yang khas diatas arang.

Nasi resek dibungkus dengan daun pisang dan isinya bisa berupa nasi goreng atau nasi mawut.

24. Tahu Lontong Lonceng

TAHU LONTONG LONCENG

Tahu Lontong Lonceng adalah makanan legendaris di Malang yang sudah ada sejak tahun 1935. Tahu Lontong ini terdiri dari tahu, lontong, kecambah, mentimun dan bumbu kacang yang pedas dan lezat. Jika kamu tidak suka pedas, maka kamu bisa meminta level kepedasan sesuai yang kamu inginkan.

25. Rawon Brintik

RAWON BRINTIK

Makanan khas dari kota Malang berikutnya adalah rawon Brintik. Rawon brintik merupakan sajian rawon yang ditemani dnegan sepotong tempe goreng renyah serta kerupuk udang. Kuah hitam kentalnya terbuat dari bumbu yang sama seperti rawon biasa.

26. Es Tawon

ES TAWON

Asal-usul penamaan Es Tawon ini karena dahulu tempat menjajakan es tawon di bawah pohon asam yang terdapat sarang lebahnya. Segelas Es Tawon ini terdiri dari cincau, cendol, tapai, kacang hijau, mutiara, blewah dan sirup merah.

27. Putu Malang Celakat

PUTU MALANG CELAKAT

Putu merupakan salah satu jajanan favorit yang bisa ditemukan di kota Malang. Makanan ini merupakan kuliner yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah kemudian dikukus hingga matang.

Sajian ini disajikan di atas daun pisang dengan taburan parutan kelapa yang gurih, sehingga memiliki cita rasa yang sangat lezat.

28. Nasi Jagung

NASI JAGUNG

Wisata kuliner khas Malang terakhir yang wajib kamu coba ialah nasi jagung. Makanan unik khas Malang ini merupakan campuran beras dengan jagung giling yang ditanak bersama.

Disajikan bersama urap-urap, sambal goreng tahu, ikan asin goreng, dan bakwan jagung, sehingga sangat pas dinikmati untuk menu sarapan pagi.

Akhir Kata

Kota wisata memang bisa dijadikan destinasi yang tepat untuk melepaskan ras penat rutinitas kita sehari-hari.

Mulai dari iklimnya yang sejuk, sejarahnya yang menyimpan gudang cerita, hingga kuliner khasnya yang selalu berhasil menggugah selera seperti daftar minuman dan makanan khas kota Malang diatas ini sehingga membuat kota ini sangat cocok untuk didatangi. Selamat berlibur!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.