Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
20 Makanan Khas Maluku Yang Enak, Rasanya Unik!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Maluku

daftar makanan khas maluku yang enak

Maluku merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang dikenal dengan pantainya yang cantik dan gugusan pulaunya yang menarik untuk dikunjungi. Maluku juga merupakan daerah yang cukup unik dan berbeda dari daerah lain di Indonesia pada umumnya.

Jika makanan pokok kita biasanya adalah Nasi, di daerah ini mereka mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokok. Selain itu karena wilayah mereka dikelilingi oleh wilayah perairan, banyak makanan khas Maluku yang berbahan dasar Ikan.

Untuk kamu yang sedang mengunjungi kota ini, kamu bisa mencoba mencoba makanan enak dari daerah ini sembari menikmati keindahan alamnya. Berikut adalah beberapa makanan khas dari daerah Maluku yang akan kami rekomendasikan kepada kamu.

20 Makanan Khas Enak dari Maluku yang Unik

1. Sambal Colo-colo

Mari kita mulai dengan sambal khas Maluku yang cocok untuk kamu pecinta pedas. Sambal Colo – colo ini terbuat dari campuran tomat muda yang segar, bawang merah, cabe rawit, lalu di lengkapi dengan perasan jeruk nipis.

Berbeda dengan sambal pada umumnya, Sambal colo – colo ini tidak diulek sama sekali. Agar lebih nikmat, dapat ditambah juga dengan irisan kenari mentah dan kecap.

2. Talam Sagu Bakar

Talam sagu bakar adalah makanan khas Maluku yang dari namanya saja kita sudah tahu kalau makanan ini terbuat dari Sagu, bahan pokok dari makanan masyarakat daerah ini.

Rasa dari Talam Sagu Bakar adalah manis yang khas. Hal itu karena adanya campuran antara kenari dan kacang brenebon. Talam Sagu Bakar ini cocok untuk dijadikan camilan.

3. Nasi Lapola

Meski Sagu merupakan makanan pokok orang maluku, ternyata ada makanan khas masyarakat Maluku yang menggunakan nasi.

Nasi Lapola adalah beras yang dimasak dengan menggunakan api kecil sampai setengah matang, setelah itu dicampur dengan kacang tolo yang sudah direbus, kelapa parut, dan garam. Lalu campuran itu dikukus hingga matang dan siap untuk disajikan.

4. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar adalah makanan khas Maluku yang berbahan baku ikan cakalang. Ikan ini cara memasaknya unik karena ikan di tusuk dengan bambu lalu diasapi kurang lebih satu jam.

5. Gohu Ikan

Selanjutnya ada Gohu Ikan yang terbuat dari ikan tuna, yaitu Gohu Ikan. Makanan ini wajib untuk kamu coba karena merupakan salah satu makanan dari Maluku.

Nama lain dari Gohu ikan adalah sashimi Ternate. Hal itu karena saat menyantap makanan ini, kita seakan sedang merasakan sajian sashimi yang merupakan makanan asli dari Jepang.

6. Gatang Kenari

Makanan khas lezat dari Maluku selanjutnya adalah Gatang Kenari yang berbahan baku kepiting kenari. Kepiting kenari merupakan hewan yang dapat memetik kelapa dan bahkan mengupasnya sendiri.

Kepiting ini sering digunakan oleh masyarakat Maluku untuk dijadikan sajian kuliner yang lezat dengan berbagai cara memasak.

7. Sagu Woku Komo-komo

Sagu Woku Komo – komo, dari namanya yang unik ini kira – kira makanan khas terbaru dari Maluku seperti apa sih ini? Sagu Woku Komo – komo adalah makanan Maluku yang biasa dijadikan lauk.

Makanan ini terbuat dari sagu yang direndam denga air dingin dan dibumbui.

Lalu dicampur dengan jeroan ikan serta santan kelapa cair. Setelah itu dibungkus dengan daun Woka. Terakhir Sagu Woku Komo-komo dipanggang hingga daun woka kering, setelah itu Sagu Woku Komo-komo siap disantap.

8. Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu Ubi yang sudah dikenal baik oleh masyarakat Maluku bahkan luar daerah menjadi salah satu masakan paling enak asal Daerah ini.

Makanan ini dibuat dengan bahan berupa sagu lempengan, gula pasir, ubi merah rebus, gula merah, daun pandan, ditambah dengan santan kental dan taburan kenari.

9. Kopi Sibu-sibu

Selanjutnya ada minuman khas Maluku, yaitu Kopi Sibu – sibu. Kopi robusta ini dihaluskan dengan cara yang tradisional.

Rasa dari kopi sibu – sibu sangat khas karena dicampur dengan bubuk cengkeh halus dan dengan taburan biji ketapang muda. Kopi ini wajib untuk kamu coba jika mengaku sebagai pecinta kopi.

10. Nasi Jaha

Nasi Jaha merupakan nasi biasa dengan campuran beras ketan dan santan kelapa. Hal itu membuat nasi ini menjadi sangat gurih. Jika dibandingkan, tampilan dari nasi Jaha mirip dengan lemper yang berasal dari Jawa.

11. Acar Kuning

Acar biasanya berisi sayuran seperti timun, wortel, dan bawang yang direndam dengan kuah asam. Acar yang di Maluku cukup berbeda karena menggunakan bahan utama rebung.

Nama dari makanan khas Maluku ini adalah Acar Kuning. Selain rebung, bahan lain untuk membuat acar ini adalah kecipir muda, bawang merah, mentimun, cabai merah, daun salam, dan juga nanas. Semua bahan tersebut kemudian ditumis, lalu Acar kuning siap disantap.

12. Lad

Lad adalah makanan yang merupakan tumis rumput laut, makanan khas masyarakat Kei. Biasanya Lad disantap dengan nasi, embal, atau ketupat.

Makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga menyegarkan.

13. Kue Langar

Kue Langar adalah makanan khas dari Maluku Tenggara yang terbuat dari singkong. Kue langgar seiiring dengan perkembangan zaman, sering dimodifikasi menjadi beragam makanan yang kekinian.

Seperti Kue Langar berbentuk stick dengan beraneka rasa seperti Keju, Cokelat, dan Pandan.

14. Sirsir

Jika Lad adalah makanan berbahan dasar singkong, Sirsir adalah tumisan dari daun singkong dan buah pepaya yang ditambah santan yang biasa dimakan menjadi lauk dari embal dan ikan asar.

Sirsir memiliki rasa yang segar tetapi sedikit pahit.

15. Sayur Lilin

Kuliner asli dari Maluku selanjutnya adalah Sayur Lilin. Makanan ini tidak terbuat dari lilin, melainkan berbahan dasar tebu telur atau biasa dikenal dengan terubuk yang telah dipotong.

Setelah itu diberi bumbu santan sebagai kuahnya. Biasa masyarakat Maluku menyantap sayur lilin dengan ditambah Papeda.

16. Halua Kenari

Halua Kenari, makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari kenari dan dicampur dengan gula merah. Makanan ini memiliki tekstur yang legit dan memiliki rasa yang manis.

Halua kenari memiliki kandungan gizi yang baik dan merupakan sumber protein. Selain itu makanan ini bisa menjadi cemilan enak dan juga menyehatkan.

17. Kue Asidah

Jika kamu pergi ke Maluku pada bulan Ramadhan, makan kamu akan banyak menemukan Kue Asidah. Makanan ini memiliki tekstur yang legit dan memiliki rasa yang manis.

Adonan makanan ini terbuat dari campuran tepung gandum atau tepung terigu dan gula merah.

18. Kue Bagea

Selanjutnya ada makanan dari Maluku barat daya yang memiliki bentuk bulat dengan retakan – retakan kecil pada permukaannya.

Kue ini berbahan baku sagu dan beberapa tambahan lainnya seperti kayu manis dan kacang – kacangan.

19. Kohu-kohu

Makanan khas ini mirip dengan Urap yang merupakan makanan dari Sunda. Namun kohu – kohu memiliki isian yang cukup berbeda.

Sayuran yang dipakai di Kohu – kohu adalah kacang panjang, daun kemangi, dan tauge. Kohu – kohu lebih nikmat jika disantap dengan parutan kelapa, irisan bawang merah, ikan cakalang asap suwir, lalu dilengkapi dengan perasan lemon cina.

20. Kasbi Komplet

Yang terakhir ada makanan yang dipenuhi dengan karbohidrat karena terbuat dari singkong, yaitu Kasbi Komplet. Makanan ini memiliki rasa yang tawar seperti rasa Papeda, hal itu membuat makanan ini biasanya disantap bersama dengan makanan lainnya. Biasanya Kasbi disantap bersama dengan tumis kangkung, ikan bakar, kohu – kohu. Dimakan dengan sambal colo –colo juga akan membuat Kasbi Komplet ini terasa nikmat.

Kesimpulan

Itulah daftar makanan khas dari Maluku yang enak disantap saat kamu mengunjungi daerah yang penuh pesona itu.

Semoga informasi di atas dapat memberikan kamu wawasan yang bermanfaat. Terima kasih!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.