Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
10 Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Enak Untuk Disantap!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Sulawesi Selatan

daftar makanan khas sulawesi selatan yang enak

Kalau sedang berkungjung ke Sulawesi Selatan, biasanya apa yang dilakukan? Mengunjungi tempat wisatanya, melihat keindahan alamnya, sampai mencari makanan khasnya dapat dilakukan di Sulawesi Selatan. Tentu saja makanan khas Sulawesi Selatan wajib dijadikan pilihan kuliner selama berada di sana.

Tapi apa aja si makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib untuk kamu coba? Apa iya seenak itu sampai kita akan merindukan provinsi beribu kota Makassar ini? Ya, banyak makanan asal Sulawesi Selatan yang bahkan sudah sangat terkenal di daerah lain, Coto Makassar misalnya.

Yuk, simak informasi mengenai makanan khas Sulawesi Selatan yang bakalan bikin ketagihan berikut ini!

10 Makanan Khas Sulawesi Selatan yang Lezat

1. Nasu Palekko

Makanan khas Sulawesi Selatan yang pertama adalah Nasu Palekko. Makanan yang disajikan dengan daging bebek atau daging sapi yang telah diberi bumbu sehingga memiliki rasa yang sangat gurih bahkan mirip dengan rendang. Biasanya kamu akan lebih mudah untuk menemukan yang dibuat dari daging bebek dari pada yang daging sapi.

Namun untuk membuat Nasu Palekko, bebek yang digunakan tidak bisa sembarangan. Harus menggunakan bebek muda agar dagingnya empuk.

2. Pisang Epe

Pisang Epe merupakan salah satu camilan yang ada di Sulawesi Selatan. Makanan ini merupakan camilan yang biasa menjadi kudapan di Sulawesi Selatan. Bahan dasar dari Pisang epe adalah Pisang kepok yang telah matang dan dibakar sembari dibolak – balik. Setelah itu pisang ini akan ditekan sampai pipih lalu dibakar lagi sampai kecoklatan.

Setelah dibakar, pisang akan disiram dengan gula merah cair. Harum dan kelezatan Pisang epe ini akan membuat kita ingin segera mencobanya. Biasanya masyarakat Sulawesi Selatan menikmati Pisang Epe sambil minum Kopi atau Teh agar semakin nikmat.

3. Sokko (Songkolo)

Sokko merupakan makanan makanan khas dari Sulawesi Selatan yang terbuat dari beras ketan putih. Namun biasanya masyarakat Sulawesi Selatan juga menggunakan ketan hitam. Setelah dimasak, beran ketan diberi taburan kelapa parut yang sudah dimasak, agar beras ketan menjadi lebih gurih.

Untuk memakan makanan ibi, biasanya disandingkan dengan ikan asin atau telur asin. Makanan ini mungkin akan terasa sedikit aneh bagi yang tidak terbiasa untuk menyantap ketan dengan lauk seperti ikan asin atau bahkan telur asin. Namun jika sudah dimakan lama – lama, rasanya akan semakin terasa enak di lidah.

4. Kapurung

Jika di Papua ada Papeda, di Sulawesi Selatan ada Kapurung. Makanan ini mirip dengan papeda karena sama sama terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan sayuran, ikan, atau daging.

Meski Kapurung tergolong sebagai makanan tradisonal, makanan ini masih tergolong populer di Sulawesi Selatan. Bahkan kamu bisa menemukan makanan ini di mana saja, termasuk di warung kaki lima sampai restoran.

5. Buras

Buras, makanan yang terbuat dari Beras dan mirip dengan lontong dan ketupat. Makanan yang terbuat dari beras ini juga dibungkus, namun menggunakan daun pisang. Perbedaan dengan lontong hanya pada bagian bentuknya saja.

Biasanya Buras dimakan untuk menjadi pendamping dari coto makassar, Sop Konro, dan Sop Saudara. Selain itu Buras juga bisa dinikmati dengan taburan bumbu yang terbuat dari kelapa, cabe, gula, garam, dan bumbu lainnya yang bahkan bisa dikreasikan.

6. Mie Titi

makanan asli dari daerah Sulawesi Selatan selanjutnya ada Mie Titi yang mirip dengan makanan asal negeri Tirai bambu, Tamie. Cita rasa dari makanan ini berbeda dengan mie lainnya karena bahan utama dari Mie Titi adalah mie kering.

Mie ini disiram dengan kuah kental mirip dengan cap tjai dan berisikan dengan ayam, jamur, udang, cumi, sawi, telur, dan beragam hal lainnya. Biasanya makanan ini akan ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga sambal agar terasa semakin nikmat.

7. Gogoso

Gogoso merupakan kuliner khas daerah Sulawesi Selatan yang mirip dengan kue lemper, makanan khas Jawa. Gogoso juga merupakan ketan yang berisi daging dan dibungkus dengan daun pisang. Perbedaannya adalah jika lemper dikukus hingga matang, makanan khas Sulawesi Selatan satu ini akan dibakar hingga matang.

Aroma daun pisang dari Gogoso akan harum masuk kedalam makanan khas satu ini. Biasanya Gogoso akan disajikan dengan telur asin. Tetapi biasanya juga bisa dimakan langsung karena sudah ada daging di dalamnya.

8. Coto Makassar

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang Coto Makassar. Bayangkan, Coto Makassar yang ada di daerah lain saja sudah sangat nikmat, apalagi yang langsung dari daerah asalnya. Jadi kami rasa akan kurang afdol jika ke Sulawesi Selatan khususnya Makassar tanpa mencoba Coto Makassar.

Makanan ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan yang berbahan dasar jeroan dan daging sapi. Bahan – bahan ini direbus dalam air yang dipakai untuk mencuci beras, bersama dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan.

Setelah itu terdapat tambahan bumbu – bumbu yang membuat cita rasa dari makanan ini semakin terasa nikmat. Makanan berkuah satu ini akan sangat nikmat jika dimakan bersama dengan ketupat atau beras.

9. Jalangkote

Jalangkote

Jika melihat tampilannya, Jalangkote ini mirip dengan kue Pastel, makanan yang biasanya berisi sayuran atau bihun di dalamnya. Isi dari Jalangkote ini juga sama, ada wortel, kentang, so’un, telur rebus, dan juga daging. Bahkan jika dinilai dari segi rasa, Jalangkote dan Pastel memang memiliki rasa yang sangat mirip.

Namun perbedaan dari kedua makanan ini adalah Jalangkote memiliki kulit dengan tekstur yang lebih tebal. Selain itu jika biasanya Pastel disantap bersama dengan cabe rawit, Jalangkote dinikmati dengan saus yang terbuat dari cuka atau cabe.

10. Kue Dange

Makanan khas daerah Sulsel yang enak dan kami rekomendasikan terakhir adalah Kue Dange. Makanan ini tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Sulawesi Selatan. Jika kamu merasa kue ini mirip dengan kue Pukis, kue ini memang sama – sama memiliki rasa yang legit dan manis serta lumer di lidah.

Pada kue Dange, terdapat gula merah yang dikombinasikan dengan rasa gurih yang ada pada parutan kelapa. Sebenarnya Kue Dange sudah mulai sulit untuk ditemukan. Tetapi jika kamu berkunjung ke pasar tradisional yang ada di Sulawesi Selatan, kamu bisa menemukan kue ini di penjual Kue Danke.

Itulah beberapa nama makanan khas Sulawesi Selatan dengan penjelasannya yang kami rekomendasikan untuk kamu. Sebenarnya masih banyak makanan dari Sulawesi Selatan yang enak selain beberapa makanan yang sudah kami sebutkan di atas. Bahkan selain dari Suawesi Selatan, makanan dari daerah lain di Sulawesi juga tak kalah enaknya, loh!

Semoga informasi mengenai makanan khas Sulawesi Selatan di atas dapat membantu kamu menemukan informasi yang bermanfaat. Terima kasih!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.