Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
15 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Enak, Wajib Kamu Coba!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Makanan Khas Sulawesi Tengah

daftar makanan khas dari sulawesi tengah

Menjelajah Indonesia tanpa mencoba merasakan beragam makanan khasnya pasti merupakan hal yang wajar untuk dilakukan. Hal itu karena selain memiliki wisata alam yang mempesona, Indonesia juga memiliki beragam makanan khas yang sangat beragam dan pastinya memiliki cita rasa yang tinggi.

Salah satu daerah yang memiliki beragam makanan khas adalah di Sulawesi Tengah. Banyak makanan khas Sulawesi Tengah yang berhasil membuat para wisatawan rindu.

Oleh karena itu, kami membuat daftar makanan khas Sulawesi Tengah yang dapat membuat kamu menelan ludah karena ingin merasakan kenikmatannya. Berikut adalah beberapa makanan khas dari daerah Sulawesi Tengah yang menarik untuk dicoba

15 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Lezat dan Populer!

1. Palumara

Yang pertama adalah makanan khas dari Suku Kaili, makanan yang cukup terkenal di Palu. Kisah dari nama makanan khas satu ini cukup unik, yaitu bermula dari kisah seseorang yang sedang menikmati makanan ikan berkuah, namun karena memiliki rasa yang pedas, wajah orang tersebut memerah seperti sedang marah, oleh karena itu muncul istilah Palumara.

Palumara sendiri merupakan sup ikan khas Palu yang memiliki rasa pedas dan asam. Sup pada Palumara menggunakan ikan khas di Palu, jadi makanan ini cocok bagi kamu yang menyukai seafood.

2. Lalampa

Lalampa merupakan kue khas Sulawesi Tengah yang memiliki bentuk seperti lemper atau lontong namun memiliki ukuran yang lebih panjang dan ramping. Makanan yang memang sangat mirip Lemper ini memiliki isian ikan cakalang dan dimasak dengan cara dibakar di atas arang. Bahan utama pembuatan Lalampa selain Ikan cakalang adalah beran ketan putih, santan, da berbagai bumbu – bumbu sebagai isiannya.

3. Labia Dange (Sagu Dange)

Labia Dange adalah camilan khas Palu yang terbuat dari sagu dan dimasak dengan menggunakan wajan dan tungku dari tanah liat. Labia Dange atau Sagu Dange biasa disantap bersama dengan olahan gula merah atau bahkan dengan ikan. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Hal itu menyebabkan Labia Dange cocok dimakan bersama dengan apa saja.

4. Uta Kelo (Sayur Daun Kelor)

Makanan khas Sulawesi Tengah selanjutnya adalah Uta Kelo, atau dalam bahasa Indonesianya adalah Sayur Daun Kelor. Uta Kelo memang cukup unik, karena jarang ada makanan yang menggunakan Daun Kelor sebagai bahan utamanya. Makanan ini sekilas memang mirip dengan sayur daun singkong, namun yang membedakan adalah Uta Kelo terbuat dari Daun Kelor. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih karena terdapat campuran santan dan juga campuran pedas dari cabai rawit.

5. Kapurung

Kapurung adalah sajian yang terdiri dari sayuran yang direbus dengan bahan utama cacahan jantung pisang serta beberapa sayuran lain seperti bayam, kangkung, pakis, kacang panjang, dan beberapa sayur lainnya.

Kapurung adalah makanan yang memiliki 3 variasi, jadi kamu bisa memilih lebih menyukai yang mana. 3 variasi kapurung itu adalah Kapurung udang, Kapurung ayam, dan Kapurung ikan.

6. Kue Buroncong

Ada lagi kue yang merupakan makanan asli masyarakat Sulteng, yaitu Kue Buroncong. Makanan khas suku Bugis ini merupakan salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Palu. Kue Buroncong terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan parutan kelapa muda, soda kue, gula, dan santan. Kue ini diproses dengan dipanggang menggunakan cetakan.

Kue ini Memiliki cita rasa yang gurih dan cocok untuk disantap  dengan ditemani kopi atau teh. Kamu bisa menemukan makanan satu ini dengan mudah di pasar tradisional yang ada di Sulawesi Tengah.

7. Sarabba

Jika sedari tadi merupakan makanan khas Sulawesi Tengah yang berhasil membuat kita ingin merasakannya, kali ini ada minuman jahe berasal dari Sulawesi Tengah yang bernama Sarabba.

Minuman ini mirip dengan wedang Jahe yang ada di Jawa. Yang membedakan kedua minuman ini adalah Sarabba menggunakan susu atau bahkan menggunakan telur ayam.

8. Uta Dada

Pernah mendengar makanan unik bernama Uta Dada ini?. Uta Dada merupakan makanan khas Sulawesi Tengah yang memiliki aroma khas karena pembuatannya dilakukan dengan pengasapan.

Teknik unik inilah yang membuat orang penasaran dengan Uta Dada. Terdapat 2 varian dari Uta Dada, Ayam dan Ikan Cakalang. Biasaya Uta Dada disajikan dengan kuah santan yang agak pedas, bumbu, dan memiliki aroma yang khas.

9. Kacang Goyang

Sesuai namanya, Kacang Goyang merupakan makanan yang proses pembuatannya mengharuskan untuk digoyang – goyang di atas api. Makanan ini memiliki lapisan tekstur gula yang keras dan memiliki rasa manis gurih yang membuatnya cocok untuk menjadi camilan yang bisa dibawa pulang saat kembali dari Palu.

Kacang yang digunakan untuk membuat Kacang goyang adalah jenis kacang tanah yang sudah disangrai dan kulitnya juga sudah dilepaskan. Kemudian kacang akan ditempatkan di bawah lelehan gula warna – warni agar memiliki tampilan menarik.

10. Milu Siram

Familiar dengan Binte Biluhuta? Nah, itu adalah nama lain dari Milu Siram ini. Milu siram sendiri merupakan sup jagung yang memiliki beberapa bahan tambahan seperti ikan dan udang yang sudah diolah. Makanan ini memiliki rasa yang manis, pedas, serta asin.

Dulu jagung yang digunakan untuk membuat Milu Siram adalah jagung biasa, namun kini digunakan jagung pulut atau ketan manis. Makan ini dipercaya dapat mengusir kolestrol jahat yang ada pada tubuh.

11. Onyop

Onyop merupakan bubur sagu yang biasa disebut sebagai papeda khas dari Sulawesi Tengah. Makanan khas suku Saluan ini meski disebut sebagai papeda khas Sulteng, namun makanan ini berbeda dari makanan khas Papua tersebut.

Onyop biasa disajikan bersama dengan ikan dan kuah asam yang terbuat dari perasan jeruk lemon dan belimbing asam. Selain itu jika Papeda digunakan untuk makanan pokok, Onyop biasanya hanya sebagai makanan pendamping.

12. Kaledo

Makanan khas dari Sulawesi Tengah yang enak selanjutnya adalah Kaledo yang merupakan makanan yang berbahan dasar Kaki lembu. Kaledo sendiri merupakan singkatan dari Kaki Lembu Donggala. Kaledo dibuat dengan cara direbus lama, jadi daging yang dihasilkan memiliki tekstur yang empuk.

Kuah Kaledo terbuat dari kaldu sup dan tidak ada tambahan santan, jadi kuahnya terasa segar. Kaledo juga menggunakan bumbu sederhana seperti garam, asam, dan cabai. Biasanya orang – orang akan menggunakan sedotan untuk menikmati sum-sum yang ada di dalam tulang Kaledo.

13. Kue Paranggi

Ada lagi makanan khas Sulawesi Tengah yang merupakan makanan ringan, yaitu Kue Paranggi. Makanan yang memiliki rasa legit dan manis. Kue yang biasa disebut Bolu gula merah ini berbentuk setengah lingkaran yang jika diperhatikan mirip dengan kue apem dari Jawa.

Kue yang diolah dengan cara dipanggang ini menggunakan beberapa bahan dalam proses pembuatannya, yaitu tepung terigu, minyak, soda kue, dan tentunya gula merah. Kue Paranggi dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional yang ada di Sulteng dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya pada kisaran 500 rupiah satuannya.

14. Sambal Ikan Roa

Sesuai dengan namanya, Sambal Ikan Roa adalah sambal yang terbuat dari ikan Roa atau biasa disebut ikan Julung-julung dan banyak ditemukan di perairan Sulawesi. Sambal ini dibuat dengan cara menghaluskan ikan roa, lalu dicampur dengan cabai serta beberapa bumbu pelengkap lainnya.

Dulu sambal ini hanya merupakan sajian yang dimasak sendiri oleh masyarakat Sulawesi tengah, namun karena kenikmatannya banyak yang menyukai sambal satu ini. Hal itu menyebabkan kini sambal Roa diproduksi secara luas dan telah menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Sulawesi Tengah.

15. Nasi Jagung

Yang terakhir ada Nasi Jagung yang merupakan makanan khas suku Kaili. Makanan ini digunakan sebagai bahan pengganti nasi oleh suku Kailli saat sedang menghadapi musim paceklik. Namun hal itu malah menjadi sebuah budaya dan menjadi salah satu makanan khas dari Sulawesi Tengah.

Nasi Jagung cukup mudah untuk dibuat, yaitu dengan menumbuk jagung hingga halus. Setelah itu dicampur dengan beras dan dikukus dengan menggunakan kukusan bambu.

Rasa dari makanan ini lebih ke manis dan cocok untuk menjadi makanan yang mendampingi lauk seperti sayur daun kelor.

Dari 15 makanan khas Sulawesi Tengah dan penjelasannya di atas, manakah yang membuat kamu menelan ludah karena ingin mencoba merasakannya? Untuk mencobanya kamu bisa datang ke Sulawesi Tengah atau bahkan mencoba sendiri membuatnya di Rumah!

Itulah beberapa makanan khas Sulawesi Tengah yang kami rekomendasikan untuk kamu yang sedang mencari tahu mengenai makanan khas Sulawesi yang enak!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.