Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
Makanan Khas Sumatera Selatan

Makanan Khas Sumatera Selatan

Makanan Khas Sumatera Selatan

Pesona Indonesia – Makanan ciri khas Sumatera Selatan selalu sama dengan hasil lautnya, di mana satu diantaranya yang cukup terkenal ialah pempek.

Walau demikian, ada pula loh makanan ciri khas Sumatera Selatan yang tidak kalah nikmat dari pempek, dimulai dari mie celor sampai burgo.

Berminat untuk mencicipinya? Yok baca 7 kulineran ciri khas Sumatera Selatan yang sayang untuk dilewati.

Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Enak

Pempek Palembang

Pantaslah kita masukan pempek Palembang dalam daftar kulineran ciri khas pertama. Bukan tanpa ada alasan, makanan ini sudah dikenali di beberapa wilayah karena kesedapan nya. Bahan intinya dari tepung sagu dan daging ikan tenggiri yang dilumatkan. Ke-2 bahan itu digabung dan dipertambah bumbu opsi, selanjutnya dimasak sampai masak.

Baca juga : Rumah Adat Sumatera Selatan

Sekarang ini telah banyak diubah dengan memberikan isian didalamnya, umumnya berbentuk telur rebus. Pempek Palembang biasanya dihidangkan dengan sauce cuka pedas. Ada pula yang dijumpai memakai sauce gilingan kacang dengan kombinasi bawang putih dan rempah yang lain.

Brengkes Tempoyak

Makanan ciri khas Sumatera Selatan memanglah tidak dapat dipisah dengan hasil lautnya, misalnya brengkes tempoyak. Selainnya memakai ikan patin fresh sebagai bahan intinya, makanan satu ini memakai peragian durian sebagai bumbu pendamping.

Daging ikan yang halus ternikmat dikonsumsi dengan nasi putih hangat yang telah disiram kuah brengkes tempoyak.

Tekwan

Walau tidak demikian populer seperti Pempek, banyak yang sudah tahu tipe makanan ini. Tekwan dibuat dari daging ikan yang telah dilumatkan dan digabung dengan tepung kanji. Plus tambahan rempah opsi, adonan dibuat bundar seperti bakso. Tidaklah aneh bila banyak yang menduga jika Tekwan terhitung tipe bakso. Walau sebenarnya berbeda jauh bila disaksikan dari langkah penyuguhan dan bumbu yang dipakai.

Keunikan dari makanan ini dapat disaksikan dari kuahnya yang digabung dengan kaldu udang. Tambahan bahan lain seperti jamur, bawang goreng, dan daun seledri membuat rasanya makin renyah nikmat. Dengan bahasa lokal, Tekwan sebagai ringkasan dari ‘Berkotek Samo Teman’, yang maknanya duduk bersama rekan.

Mie Celor

Makanan ciri khas Sumatera Selatan ini terbagi dalam mie yang dihidangkan dengan kombinasi kuah santan dan kaldu ebi atau udang kering. Kulineran satu ini diberi pendamping seperti potongan telur, tauge, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng.

Salah satunya kekhasan dari makanan ciri khas Sumatera Selatan ini ialah ukuran mie yang serupa dengan udon.

Kue 8 Jam

Nama kue satu ini diambil proses dari pembikinannya yang memerlukan waktu sampai 8 jam. Kue 8 jam biasa diketemukan saat perayaan hari besar seperti acara dan lebaran. Kue satu ini pas jadi oleh-olehan ciri khas Sumatera barat.

Kue berwujud kotak tipis ini dibuat dari kombinasi tepung terigu, telur ayam, susu kental manis, vanili, margarin, dan gula pasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *