Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
Mengenal Rumah Gadang, Nama Rumah Adat Sumatera Barat

Mengenal Rumah Gadang, Nama Rumah Adat Sumatera Barat

Mengenal Rumah Gadang, Nama Rumah Adat Sumatera Barat – Rumah Gadang adalah nama tempat tinggal adat Sumatera Barat. Rumah Gadang mempunyai ciri khas arsitektur yang unik. Dalam artikel berikut ini kami dapat mengenal lebih lanjut keunikan Rumah Gadang beserta fungsinya.

Keunikan Rumah Gadang

Rumah Gadang mempunyai atap tempat tinggal bersama dengan wujud lengkung yang tajam layaknya menyerupai tanduk kerbau, sedang badan tempat tinggal menyerupai kapal. Menurut buku Charming Sumatera Barat oleh Gagas Ulung (2012: 213), atap Rumah Gadang terbuat berasal dari ijuk, bersama dengan wujud melengkung dan runcing ke atas yang disebut Gonjong. Oleh sebab itu, Rumah Gadang disebut Rumah Bagonjong.

Dinding Rumah Gadang terbuat berasal dari kayu, jikalau anggota belakang yang terbuat berasal dari bambu. Pada setiap dinding dipenuhi bersama dengan ukiran yang mempunyai makna, layaknya ukiran pucuk rebung dan ukiran seluk laka.

Rumah Gadang Sumatera Barat mempunyai keunikan di dalam wujud arsitekturnya, yakni sebagai berikut:

  • Atap tempat tinggal yang curam, supaya air hujan tidak mengendap di atap yang terbuat berasal dari ijuk.
  • Bagian dinding membesar ke atas supaya tempat tinggal terhindar berasal dari terpaan tempias pada waktu turun hujan. Kolong bawah tempat tinggal berfungsi untuk menambahkan sirkulasi udara yang baik bagi penghuni rumah.
  • Pada pelataran Rumah Gadang terdapat Rangkiak, yakni dua bangunan kecil yang berfungsi sebagai lumbung padi.


Fungsi Rumah Gadang

Menurut buku Ensiklopedia Rumah-Rumah Adat Nusantara oleh Rizky Utami (2014: 17), Rumah Gadang atau sering kadang disebut terhitung bersama dengan Rumah Bagonjong mempunyai kegunaan sebagai berikut:

Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jepang

  • Sebagai tempat tinggal dan tempat acara adat.
  • Ukuran ruangnya bergantung pada penghubi yang menempati rumah. Namun jumlah ruangannya ganjil layaknya lima ruang, tujuh, sembilan atau lebih.
  • Sebagai tempat tinggal, Rumah Gadang membawa bilik-bilik di anggota belakang yang didiami oleh wanita yang telah berkeluarga, ibu-ibu, nenek-nenek, dan anak-anak.
  • Sebagai tempat melaksanakan adat istiadat, layaknya menentukan adat atau tempat melaksanakan acara seremonial. Seperti kematian, kelahiran, perkawainan, acara kebesaran, adat, tempat mufakat, dan lain-lain.

Itulah penjelasan mengenai keunikan arsitektur Rumah Gadang atau tempat tinggal adat Sumatera Barat. Semoga dapat tingkatkan wawasan kamu mengenai keunikan tempat tinggal adat di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *