Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
Nama Rumah Adat Nias Yang Memiliki Ciri Khas dan Unik!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Rumah Adat Nias

rumah adat masyarakat nias

Nias merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sumatera Utara. Tidak banyak orang yang tertarik denga kabupaten ini.

Namun ternyata, Nias memiliki sebuah rumah adat yang sangat indah dank has. Rumah ini dulunya digunakan sebagai hunian raja Nias.

Daftar Rumah Adat Khas Nias Yang Unik

Rumah adat suku Nias merupakan warisan leluhur masyarakat Nias yang masih terjaga dengan baik. Rumah adat Nias ini terkenal akan keindahan konstruksinya.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu apa saja rumah adat dari Nias, yuk simak dibawah ini.

1. Rumah Omo Sebua

rumah omo sebua

Omo sebua merupakan nama rumah adat suku Nias. Rumah ini digunakan pada daerah Nias Utara, selatan, dan tengah. Namun, tiap daerah ini memiliki perbedaan bentuknya.

Pada rumah adat Nias Utara, rumah ini memiliki atap loteng yang lebar dan kisi-kisi jendela yang besar sehingga memungkinkan penerangan dan sirkulasi udara yang maksimal.

Pada Nias Tengah, bangunannya merupakan perpaduan antara Nias Utara dan Selatan. Hal ini dikarenakan penduduknya merupakan penghuni asli sebelum akhirnya berpisah ke wilayah Utara dan Selatan.

Sedangkan untuk rumah adat Nias Selatan, biasanya rumah dibangun dengan sistem kompleks pemukiman dimana ada ratusan rumah yang dibangun. Pemukimannya dibuat menjulang sehingga penghuni atau tamu harus menaiki tangga batu terlebih dahulu.

Rumah ini juga dibangun di atas tiang-tiang kayu nibung yang tinggi dan besar beralaskan rumbia. Tiang tersebut teranam ke tanah dan sambungan antar kerangkanya tidak memakai paku melainkan menggunakan pasak.

Menurut sejarah rumah adat Nias, hal ini dilakukan agar rumah ini tahan akan guncangan Gempa. Selain itu, tiang penyangga tak disusun beraturan. Ada yang ke atas, bawah, dan samping. Hal ini dilakukan agar rumah semakin berdiri kokoh.

Selain itu, rumah Omo sebua juga memiliki jalur masuk yang hanya dilengkapi dengan tangga kecil dan pintu jebakan untuk melindungi masyarakat Nias saat terjadi perang suku.

2. Rumah Omo Hada

Rumah Omo Hada

Omo Hada merupakan nama rumah adat Nias untuk rakyat jelata. Rumah ini berbentuk persegi dan pintunya dibuat untuk menghubungkan setiap rumah agar warga desa bisa berjalan di sepanjang teras tanpa harus menginjakkan kaki ke tanah.

Itulah informasi lengkap mengenai rumah adat Nias yang bisa kalian pelajari. Warisan budaya ini masih sangat dilestarikan dan dijaga oleh masyarakat NIas.

Semoga artikel ini daoat membantu kalian dalam memperluas ilmu pengetahuan serta wawasan kalian. Terutama pada bidang rumah adat Nias.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Rumah Betang

Avatar Anggita Dewi
2 min read

Rumah Adat Yogyakarta

Avatar Anggita Dewi
1 min read