Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
Sejarah Kota Bengkulu Lengkap Dengan Penjelasan | Pesona Indonesia
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Sejarah Bengkulu

sejarah kota bengkulu

Tahukah kamu jika Provinsi Bengkulu menyimpan sedikit sejarah dibanding daerah lain karena sedikitnya sumber-sumber sejarah yang tersedia mengenai provinsi ini.

Nah, pada kesempatan kali ini Pesona Indonesia akan menyajikan informasi lengkap mengenai Sejarah Bengkulu untuk kalian. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Kota Bengkulu

Nama Bengkulu berasal dari dalam bahasa Belanda yang disebut Benkoelen atau Bengkulen. Sedangkan dalam bahasa melayu disebut Bangkahulu. Ada banyak sekali cerita masyarakat mengenai asal usul nama Bengkulu.

Ada yang menyebutkan jika asal muasal nama ini berasal dari Legenda atau cerita jaman dahulu, ada juga yang mengatakan jika nama tempat ini diambil dari sebuah nama bukit di Cullen, Skotlandia, Bm if Cullen atau variasinya Ben Cullen.

Menurut sumber tradisional, nama provinsi ini berasal dari kata Bangkai dan Hulu yang memiliki maksud sebagai bangkai di hulu. Konon menurut cerita jaman dahulu, pernah terjadi peperangan antara kerajaan kecil yang ada di Bengkulu dan peperangan inilah yang menimbulkan banyak korban dari kedua belah pihak di hulu sungai daerah Bengkulu.

Korban yang meninggal dihulu inilah yang membuat nama bengkulu ada.

Seni dan Budaya di Bengkulu

rumah di bengkulu

Daerah ini menyimpan sejarah dan filosofi yang sangat dalam mengenai kesenian seperti Batik Besurek, yakni kain batik yang dihiasi dengan huruf arab gandul dan sudah diakui oleh Pemerintah Indonesia sebagai salah satu warisan budaya RI.

Selain itu, ada juga budaya tari adat seperti tari tombak kerbau, tari putri gading cempaka, tari andun dan tarian khas lainnya.

Sejarah Berdirinya Kota Bengkulu

Provinsi Bengkulu sebelumnya merupakan sebuah keresidenan yang sudah ada sejak Zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Statusnya saat itu daerah administrasi di bawah koordinasi Gubernur Sumatera, status ini terus berlanjut hingga zaman penjajahan Jepang di NKRI.

Lalu pada tahun 1949, Bengkulu secara resmi menjadi salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Selatan.

Akhir Kata

Itu dia informasi lengkap tentang sejarah daerah Bengkulu yang bisa kalian baca dan jadikan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.