Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
Inilah Sejarah Indonesia Yang Lengkap dan Wajib Kamu Ketahui
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Sejarah Indonesia

sejarah negara indonesia

Sebagai warga negara yang Baik, kita harus selalu mengingat informasi tentang Sejarah negara agar semangat nasionalisme kita selalu membara.

Pada kesempatan kali ini Pesona Indonesia akan membagikan informasi lengkap mengenai Sejarah Indonesia. Terdapat banyak sekali peristiwa yang terjadi di Negara ini pada masa lampau.

Penasaran seperti apa? Yuk simak artikel ini sampai habis, berikut ini kisah sejarah tanah air yang wajib diketahui anak muda Bangsa:

Masa Kerajaan

Negara Indonesia mulai berkembang sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha berkat hubungan dagang mereka dengan negara tetangga seperti India, Tiongkok, Malaysia dan Timur Tengah.

Sejarah Indonesia mengenai kerajaan, saat ini masih terekam dengan sangat baik. Banyak agama yang masuk dari luar dan menyebar ke seluruh pelosok Negeri hingga kerajaan-kerajaan nusantara yang ada.

Hingga saat ini kita masih bisa melihat peninggalan kerajaan zaman dulu seperti Candi, prasasti hingga kitab kuno. Semua hal tersebut menunjukkan betapa hebatnya bangsa ini di masa lampau.

1.Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai menjadi salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang didirikan pada tahun 400 Masehi di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan hindu tertua ini diberikan nama oleh para ahli yang diambil dari nama tempat ditemukannya prasasti kerajaan ini.

Namun, tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini sehingga informasi yang diperoleh para ahli sangat terbatas.

Diketahui jika Raja pertama dari Kutai adalah Kudungga yang telah memerintah sejak tahun 350 hingga 375. Sedangkan raja terakhir dari Kutai adalah Maharaja Dharma Setia yang tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke 13 Aji Pangeran Anum Panji Mendapa.

2.Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit

Mungkin Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan yang paling kuat di Indonesia karena kerajaan ini hampir menaklukkan semua wilayah yang ada di Nusantara.

Tahukah kamu jika Kerajaan Majapahit sendiri dibentuk tahun 1293 dan kerajaan ini ternyata selalu memperkuat sistem militernya sehingga mampu melakukan invasi ke berbagai daerah yang ada di Nusantara seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya setelah berhasil memperdayai bala tentara Kubilai Khan dari China yang bermaksud untuk menghukum Raja Jawa karena telah Menghina utusannya yaitu Meng Ki pada masa Pemerintahan Kartanegara di Singasari.

Selain itu, Kerajaan Majapahit juga memiliki orang berpengaruh seperti Gajah Mada dan Laksamana Nala. Menurut Sejarah Indonesia Mereka berdua juga merupakan pemimpin kuat yang sanggup membawa kerajaan ini ke masa keemasan.

Sayangnya, kerajaan majapahit harus hancur akibat masalah internal yang rumit dan tidak bisa diselesaikan.

3.Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya saat ini telah masuk ke dalam sejarah indonesia mengenai kerajaan paling makmur pada masanya. Kerajaan bahari terbesar di NKRI ini berdiri sekitar abad ke 7 Masehi di Sumatera Selatan, jika dilihat berdasarkan prasasti yang ditemukan oleh para ahli.

Dahulu kala Kerajaan ini memiliki pengaruh yang sangat besar di penjuru Sumatra, sebagian Jawa Barat, Malaka dan kawasan yang ada di Thailand. Sriwijaya sendiri merupakan bahasa dalam sansekerta yang berasal dari dua kata yaitu sri yang berarti bercahaya dan jaya yang memiliki arti gemilang.

Namun, kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran yang cukup parah akibat peperangan yang selalu berulang sehingga mengakibatkan Sriwijaya mengalami kejatuhan.

Masa Perkembangan Agama

Sejarah Agama

Sejarah Indonesia berikutnya mencatat perihal Agama yang ada di negara ini ternyata sangat beragam.  Masing-masing agama juga memegang peranan penting yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Warga Negara Indonesia juga bebas menentukan Agama yang ingin mereka peluk karena peraturan ini sudah tertuang dalam UUD 1945 yang menyatakan jika “tiap-tiap penduduk diberikan kebebasan untuk menyembah, menurut agama atau kepercayaannya”.

Saat ini ada enam agama Resmi yang diakui oleh Pemerintah yaitu Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Konghucu.

Sejarah Agama yang terjadi di Negara ini sendiri diakibatkan karena para pendatang dari India, Tiongkok, Portugal, Arab dan Belanda membawa agama mereka masuk ke dalam hingga akhirnya tersebar ke pelosok Nusantara.

Lahirnya Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia

Sejarah indonesia selanjutnya akan mengulas tentang Bahasa bangsa. Bahasa ini sendiri resmi lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Pada saat itu, para pemuda yang ada di berbagai pelosok Nusantara berkumpul dalam Rapat Pemuda dan melakukan ikrar sumpah pemuda.

Isi Sumpah Pemuda:

  1. Bertumpah Darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia
  3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Dengan ikrar sumpah pemuda tersebut, maka bahasa ini resmi menjadi bahasa Nasional dan pada tanggal 18 Agustus 1945 Bahasa Indonesia menjadi bahasa Negara.

Asal usul Perkembangan Bahasa ini sendiri sudah ada sejak jaman melayu dan digunakan sebagai bahasa perhubungan. Bahasa ini sangat Dinamis karena bisa menghasilkan kosakata baru dari penciptaan bahasa daerah atau asing.

Baca Juga: Sejarah Lengkap Kota Palu

Masa Era Penjajahan

Sejarah Era Penjajahan

Kita semua tahu jika Sejarah Indonesia tidak luput dari Era penjajahan yang terjadi di NKRI dimulai dari penjelajah bangsa eropa yang mulanya datang ke Negara ini dengan tujuan untuk berdagang serta mencari sumber rempah-rempah.

Namun pada akhirnya mereka justru melakukan penjajahan dan pendudukan terhadap wilayah yang disinggahinya.

Awalnya bangsa Portugis yang memiliki teknologi navigasi yang maju berlayar ke bagian dunia untuk mencari pengaruh yang lebih besar pada jaringan perdagangan rempah-rempah dunia. Mereka akhirnya menemukan Malaka dimana tempat ini memiliki banyak kekayaan sumber daya alam yang menggiurkan bagi bangsa Portugis.

Pada tahun 1511 Malaka ditaklukan oleh armada portugis. Setelah itu, informasi ini sampai ke Belanda sehingga mereka juga tertarik untuk membangun cengkraman yang lebih besar lagi di jaringan perdagangan rembah Asia Tenggara.

Ekspedisi pertama mereka telah mencapai Kota Banten pada tahun 1596 tapi disertai permusuhan antara pribumi dengan Pendatang Belanda. Lalu Ekspedisi ini tetap dilanjutkan oleh Belanda karena mampu menghasilkan banyak uang.

Sayangnya, akibat terlalu banyak Ekspedisi yang dilakukan oleh berbagai perusahaan Belanda. Terjadilah dampak negatif pada keuntungan mereka, banyak persaingan harga untuk memperebutkan rempah-rempah yang ada. Lalu Pemerintah Belanda akhirnya memilih untuk membuat Serikat Dagang Hindia Timur (VOC) agar mereka bisa memonopoli perdagangan rempah-rempah di Asia.

VOC dengan cepat mampu menyebarkan kekuasaan mereka di Nusantara dengan mendapatkan kendali atas produksi cengkeh dan pala di Maluku dengan menggunakan langkah ekstrim seperti pembunuhan massal.

Tidak sampai disitu, VOC terus melanjutkan ekspedisi perdagangan mereka di kawasan Nusantara dan kembali menduduki daerah yang memiliki potensi besar untuk bisnis mereka.

Masa Kemerdekaan

Sejarah Kemerdekaan

Kemerdekaan Indonesia resmi terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Negara ini dikenal sebagai salah satu tragedi kebangsaan yang membutuhkan perjuangan berat agar mampu lepas dari cengkraman para penjajah.

Makna kemerdekaan bagi masyarakat sendiri sangat besar karena banyak pengorbanan dari para pejuang agar Negara ini bisa merdeka.

Perjuangan kemerdekaan juga sampai pada terbentuknya BPUPKI oleh Jepang. Badan ini dibentuk untuk mempersiapkan usaha-usaha dalam rangka kemerdekaan. Namun, badan BPUPKI akhirnya dibubarkan dan digantikan oleh PPKI sebagai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Ada banyak sekali peristiwa Sejarah Indonesia yang terjadi sebelum Negara ini merdeka. Seperti peristiwa Penyerahan Jepang terhadap sekutu, Peristiwa rangasdengklok, Perumusan teks proklamasi kemerdekaan hingga pembacaan teks proklamasi kemerdekaan yang sangat bersejarah bagi Bangsa ini.

Masa Orde Lama

Sejarah Orde Lama di Indonesia

Orde lama merupakan masa pemerintahan yang terjadi setelah kemerdekaan Bangsa Indonesia. Orde ini dipimpin oleh Presiden Soekarno yang berlaku sebagai kepala Negara dan Kepala Pemerintahan dari tahun 1945 hingga 1968.

Pada masa orde lama, sistem pemerintahan yang digunakan telah mengalami beberapa peralihan seperti sistem Pemerintahan Presidensial, parlementer, demokrasiliberal dan sistem pemerintahan demokrasi terpimpin.

Setelah masa Presiden Soekarno habis, orde lama resmi berhenti dan digantikan dengan Orde baru. Sejarah Indonesia yang baru dimulai disini!

Masa Orde Baru

Sejarah Orde Baru

Orde baru adalah sebutan masa pemerintahan Presiden Soeharto yang terjadi di Indonesia. Lahirnya Orde Baru diawali dengan dikeluarkannya surat Perintah 11 Maret 1966, Orde baru berlangsung lama dari tahun 1966 hingga 1998.

Dalam masa Orde baru, terdapat banyak peristiwa seperti Korupsi yang merajalela meskipun ekonomi bangsa berkembang pesat. Sayangnya, pada masa pemerintahan orde baru justru banyak masyarakat semakin dirugikan karena saat itu Pemerintahan semakin Otoriter.

Korupsi, kolusi dan nepotisme terjadi didalam Pemerintahan Indonesia dan membuat ribuan orang melakukan demonstrasi di tahun 1974 pada saat Perdana Menteri Jepang sedang melakukan kunjungan ke Jakarta. Sejarah Indonesia mencatat jika Demo ini akhirnya berubah menjadi kerusuhan besar yang bernama “Kerusuhan Malari”.

Pada tahun 1998 Presiden Soeharto resmi mengundurkan diri setelah terjadinya banyak peristiwa di Negara ini dan tahun itu menjadi masa hancurnya orde baru ditandai dengan kemunculan reformasi.

Masa Reformasi

Sejarah Reformasi

Sejarah Indonesia ketika masa Reformasi yang terjadi setelah masa orde baru ternyata berdampak positif terhadap kemajuan negara ini. Pemerintahan Soeharto yang akhirnya jatuh pada tahun 1998 menghadirkan semangat nasionalisme yang tinggi ke masyarakat.

Gerakan reformasi yang terjadi ini merupakan suatu bentuk untuk memperbaiki bidang politik, sosial, ekonomi dan hukum yang terjadi di Indonesia. Gerakan ini muncul akibat memburuknya keadaan masyarakat ketika masa orde baru.

Masalah ini juga diperparah dengan kondisi politik dan ekonomi Indonesia yang semakin memburuk sehingga menimbulkan perpecahan dan kekhawatiran dimasyarakat.

Perkembangan Ekonomi

Sejarah Ekonomi

Saat ini Ekonomi bangsa Indonesia selalu berkembang mengikuti zaman. Tak heran jika Informasi ini masuk ke dalam  Pembahasan Sejarah Indonesia. Saat ini ekonomi negara ini sendiri sudah mampu bersaing dengan Negara lain. Maka tak heran jika masyarakat banyak yang berbahagia dengan kondisi hidup mereka.

Pada orde baru, muncul berbagai demonstrasi di kalangan masyarakat Untuk menuntut Presiden Soeharto turun dari jabatan yang dia pegang lebih dari 20 tahun akibat masalah politik dan ekonomi yang terjadi masa itu.

Lalu pada bulan Agustus 1998, Indonesia dan IMF setuju untuk program pinjaman dana yang terjadi di bawah pemerintahan Presiden B.J Habibie. Lalu, presiden Gus Dur yang terpilih pada Oktober 1999 pada akhirnya memperpanjang program tersebut.

Pada tahun 2010 Ekonomi Negara ini meningkat pesat dan sangat stabil. PDB pada saat itu tembus diangka Rp6300T dan meningkat lebih dari 100 kali lipat dibandingkan PDB pada tahun 1980.

Sejarah Pramuka

Sejarah Pramuka Indonesia

Tahukah kamu jika kemunculan pramuka di Indonesia diawali dengan proses pasang surut dalam berorganisasi? Gerakan pramuka di negara ini terjadi ketika Bangsa ini masih mengalami proses penjajahan oleh pihak asing.

Ada tiga sejarah pramuka yaitu Pada masa penjajahan Jepang, Pada masa penjajahan belanda dan gerakan pramuka setelah Negara resmi Merdeka.

Pramuka sendiri merupakan organisasi pendidikan nonformal yang mengajarkan pendidikan kepanduan di Negara Indonesia. Singkatan pramuka sendiri adalah Praja Muda Karana yang artinya Rakyat Muda yang suka berkarya.

Gerakan Pramuka digagas oleh Baden Powell yang merupakan bapak pandu sedunia. Saat ini hampir seluruh sekolah di Nusantara menyelenggarakan kegiatan pramuka secara Rutin untuk murid mereka.

Kesimpulan

Bagaimana? Setelah membaca informasi lengkap sejarah Indonesia di atas pasti semangat nasionalisme kalian terbakar. Oleh karena itu, kalian bisa melakukan hal yang baik untuk memperbaiki masa depan negara ini.

Cetaklah prestasi yang bisa mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional agar Indonesia bangga memiliki anak muda cerdas seperti kalian.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Sejarah Uang

Avatar Anggita Dewi
5 min read

Orde Baru

Avatar Anggita Dewi
4 min read

Agama Kristen

Avatar Anggita Dewi
4 min read