Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
Sejarah Singkat Wali Songo

Sejarah Singkat Wali Songo

Sejarah Singkat Asal Mula 4 dari 9 Nama Wali Songo

Sejarah Singkat Asal Mula 4 dari 9 Nama Wali Songo

Sejarah Singkat Asal Mula 4 dari 9 Nama Wali Songo

Wali Songo populer menjadi penyebar kepercayaan Islam di zaman ke 14 di tanah Jawa.
Mereka tinggal pada Pantai utara Pulau Jawa, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Mereka berdakwah di Nusantara menggunakan prosedur mengajak masyarakat bagi masuk kepercayaan Islam tanpa paksaan.

Selama berdakwah mereka punya wilayah masing-masing serta meninggalkan bukti terhadap kiprahnya pada penyebaran Islam pada Negeri ini. Sembilan wali Allah tadi dijuluki menjadi Sunan sebab telah berjasa pada Islam.

Warga muslim di Indonesia jangan-jangan sudah tidak asing dengan wali songo. Wali berfaedah wakil atau dari agama islam mempunyai sebutan waliyullah yaitu wali Allah/sahabat Allah. Sedangkan songo berfaedah sembilan. Berlaku secara keseluruhan berfaedah silsilah wali songo dari sembilan wali Allah.Wali Songo yang sudah membawa perubahan terhadap masyarakat Jawa yg dominan ketika itu beribadat Hindu-Budha. Masing-masing tokoh tadi memiliki peran yang unik pada mengajarkan agama Islam.

Dari 9 nama Wali Songo kami akan berikan 4 tokoh pentingnya, diantaranya :

1. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)

Salah seorang wali songo yang bernama Syarif Hidayatullah. Sangat berperan dalam penyebaran islam pada jawa barat. Khususnya pada wilayah Cirebon yang bernama Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati yaitu pendiri dinasti kesultanan Banten, yang dimuali dengan putranya, Sultan Maulana Hasanudin serta atas prakarsa itulah Sunan Gunung Jati melakukan penyerangan kepada Sunda Kelapa di tahun 1527 dibawah pimpinan Fatagillah panglima perang kesultanan Demak yang jua membantu Sunan Gunung Jati.

2. Sunan Ampel (Raden Rahmat)

Sunan Ampel atau yg memilki nama asli Raden Rahmat beliau memulai dakwahnya berasal sebuah pesantren yang dibangun pada Ampel Denta (dekat Kota Suarabaya). sebab itu ia dikenal sebagai pembina pondok pesantren pertama pada Jawa Timur, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat yaitu murid-muridnya Sunan Ampel.

3. Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Selain dikenal dengan nama Maulana Malik Ibrahim, Sunan Gresik pula dikenal dengan nama Maulana Magribi (Syekh Magribi). sebab beliau diduga bermula berasal wilayah Magribi (Afrika Utara).
namun sampai sekarang belum dikenali secara absolut sejarah tempat dan tahun kelahiranya, beliau diperkiarakan lahir sekitar pertengahan zaman ke 14, beliau yaitu guru para wali, Sunan Gresik termasuk orang pertama yg masuk ke pulau Jawa serta bermula berasal famili muslim yg taat, berusaha dapat kepercayaan Islam sejak mungil tetapi pula masih belum pada ketahui sipa gurunya, sampai ia dijadikan seseorang ulama.

4. Sunan Bonang (Raden Makhdum)

Sunan Bonang membuatkan agama Islam dengan mekanisme mengikuti keadaan terhadap corak kebudayaan masyarakat Jawa yg menggemari wayang serta musik gamelan. Hal tersebut ia membangun gending-gending yg memilki nilai-nilai keislaman. Setiap bait-bait lagu diselingi dengan ucapan dua kalimat syahadat (syahadatain) sebagai akibatnya musik gamelan yang mengiringinya kini dikenal dengan sebutan sekaten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *