Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
Sejarah Sulawesi Barat Lengkap Dengan Penjelasannya
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Sejarah Sulawesi Barat

artikel tentang sejarah sulawesi barat

Sulawesi Barat merupakan salah satu Provinsi yang ada di Indonesia dan terletak di bagian Barat Pulau Sulawesi. Sejarah Provinsi Sulawesi Barat ini sangatlah dalam.

Pada kesempatan kali ini Pesona Indonesia akan membagikan informasi lengkap mengenai Sejarah Sulbar yang wajib kamu ketahui. Penasaran seperti apa? Yuk simak artikel dibawah ini.

Sejarah Terbentuknya Sulawesi Barat

Sulawesi barat sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan namun pada tahun 2004, Sulawesi Barat resmi menjadi provinsi ke-33 di Indonesia dan beribukota di Mamuju.

Pembentukan provinsi Sulbar ini tak lepas dari semangat juang Allamungan Batu di Luyo yang mampu mengikat Mandar dalam perserikatan Pitu Ba’bana Binanga dan Pitu Ulunna Salu dalam sebuah muktamar yang melahirkan Sipamandar untuk bekerja sama dalam membangun Kota mandar yang lebih baik.

Tuntutan masyarakat Sulawesi barat untuk melepaskan diri dari Sulawesi selatan sebenarnya sudah dimulai sebelum Indonesia Merdeka. Namun, karena wilayah ini merupakan Eks Afdeling Mandar. Barulah setelah era reformasi dan disahkannya Undang Undang Nomor 22 Tahun 1999. Perjuangan Masyarakat Sulawesi barat membuahkan hasil yaitu Daerah Sulbar resmi menjadi provinsi.

Saat ini ada banyak sekali tempat sejarah di Sulawesi Barat yang masih bisa kalian temui seperti Museum Mandar. Disana anda bisa melihat banyak benda bersejarah dari jaman dahulu yang masih dirawat hingga saat ini.

Menurut survei Sosial dan Ekonomi Nasional pada tahun 2006 jumlah Penduduk Sulawesi Barat berjumlah 992.656 Jiwa yang tersebar di 5 Kabupaten dengan jumlah penduduk paling besar yaitu 356.391 jiwa yang berlokasi di Kabupaten Polewali Mandar.

Selain itu, jumlah penduduk yang berjenis kelamin laki-laki lebih banyak dibanding perempuan di Sulawesi Barat.

Daerah ini juga memiliki obyek wisata menarik seperti air terjun mata sapi yang terletak di Mamuju serta Taman laut pulau Karampuang. Selain itu, ada juga tarian khas Sulawesi barat seperti tari motaro, tari bulu londong dan tari Tuduq kumba.

Kesimpulan

Itu dia ulasan lengkap mengenai sejarah yang ada di Sulawesi Barat yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Sejarah Uang

Avatar Anggita Dewi
5 min read

Orde Baru

Avatar Anggita Dewi
4 min read

Agama Kristen

Avatar Anggita Dewi
4 min read