Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
Seni Musik: Pengertian, Unsur dan Fungsi Lengkap Beserta Penjelasan
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Seni Musik

artikel tentang seni musik

Kebanyakan dari kita pasti hampir setiap hari mendengarkan musik. Diliat dari fungsinya, musik biasa digunakan sebagai alat untuk mengusir kejenuhan, mengekspresikan diri, hingg sebagai obat untuk menenangkan diri.

Selain itu, di Indonesia sendiri juga banyak orang yang menggemari seni ini.

Namun, masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mengenal lebih dalam tentang seni ini. Oleh karena itu, kali ini Pesona Indonesia akan membagikan informasi tentang kesenian musik ini. Yuk simak informasinya berikut ini.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian seni musik adalah sebuah cabang seni  yang didalamnya terdapat melodi, tempo, irama, harmoni, dan vocal yang merupakan peranan paling penting.

Namun, para ahli juga memiliki pendapatnya masing-masing mengenai kesenian ini. Berikut adalah pengertiannya menurut mereka:

1. Aristoteles

Menurut Aristoteles seni ini merupakan sebuah tuangan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi (nada), yang memiliki irama. Atau lebih sederhananya seni ini merupakan susunan suara yang mengandung irama, melodi, keteraturan, dan harmonisasi.

2. David Dwen

Menurut David Dwen seni ini adalah sebuah ilmu pengetahuan tentang pengkombinasian antara ritmik dan beberapa nada. Bentuk instrumen dan vokal dapat mencakup sebuah melodi dan harmoni . Hal tersebut merupakan bentuk ekspresi dari segala sesuatu hal yang ingin diungkapkan dari segi emosional.

3. Jamalus

Pengertian seni ini menurut Jamalus adalah sesuatu hal yang dapat menghasilkan sebuah karya seni berupa bunyi. Dari bunyi tersebut dapat dibentuk menjadi sebuah lagu atau sebuah komposisi yang menunjukan pikiran serta perasaan si pencipta.

Hasil karya tersebut terjadi melalui unsur-unsur seni seperti irama, melodi, harmoni, susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

4. Lexicographer

Seni musik menurut Lexicographer adalah sebuah ilmu dan seni yang dipadupadankan dengan unsur ritmis dan nada. Selain itu seni tersebut juga dipadukan dengan vokal atau sebuah instrumen yang melibatkan harmoni dan melodi. Seni ini bertujuan untuk mengungkapkan segala hal, lebih khususnya sesuatu yang mempunyai sifat emosional.

5. Sylado

Menurut Sylado seni ini adalah sesuatu wujud yang terbentuk dari sekumpulan ilusi dan lantunan suara. Untuk lebih jelasnya Sylado menjelaskan bahwa sebuah alunan musik beserta nada yang mempunyai jiwa dapat menggerakkan bahkan menggetarkan hati si pendengar dan si pencipta.

6. Suhartjarja

Menurut Suhartjarja, pengertian seni ini adalah sebuah ungkapan rasa yang indah dari manusia dalam sebuah konsep pemikiran yang kompleks.

Pemikiran tersebut merupakan bentuk dari nada maupun suara yang mengandung harmoni dan ritme. Selain itu pemikiran tersebut mempunyai bentuk ruang dan waktu yang dikenal oleh diri manusia dalam lingkungan hidupnya sehingga dapat dinikmati.

Unsur-unsur Seni Musik

Musik dapat terdengar indah jika didalamnya terdapat unsur-unsur yang digabungnya. Unsur-unsur tersebut adalah:

1. Melodi

Melodi adalah gabungan dari sejumlah nada atau bunyi, yang dipilih berdasarkan perbedaan tinggi rendah dan naik turunnya. Melodi tersebut terdiri dari tone, durasi dan pitch.

Tone sendiri merupakan not yang dihasilkan dari berbagai macam alat musik dengan warna suara yang berbeda-beda.

Durasi adalah serangkaian not-not yang digabung menjadi melodi dalam waktu terntentu. Sedangkan pitch merupakan sesuatu yang mengatur not-not dan diberi lambing alphabet dari A-G. Pitch juga sering disebut dengan timbre atau suara warna.

2. Ritme (Irama)

Ritme atau irama adalah sebuah gerakan yang teratur karena adanya aksen secara tetap. Ritme atau irama akan menjadi lebih indah karena adanya gabungan perbedaan nilai pada satuan bunyi. Bisa dikatakan bahwa ritme merupakan ketukan dasar yang mengalir secara teratur mengikuti gerak dari melodi yang bervariasi.

3. Birama

Birama adalah unsur yang berupa ketukan atau ayunan yang dilakukan secara berulang-ulang dan teratur dalam waktu yang sama. Birama sendiri biasanya ditulis dalam bentuk angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3 dan seterusnya.

Birama yang mempunyai angka penyebut genap dinamakan birama bainar, sedangkan birama yang mempunyai angka penyebut ganjil dinamakan birama ternair.

4. Harmoni

Harmoni adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan keselarasan bunyi. Harmoni meliputi peranan, susunan dan hubungan dari perpaduan bunyi dalam bentuk secara keseluruhan. Selain itu harmoni juga mempunyai elemen-elemen yaitu interval dan akor.

Interval merupakan susunan antara nada-nada yang ketika dibunyikan secara serentak akan terdengar sangat harmonis. Sedangkan akor akan mengiringi melodi sebuah lagu sebagai satu kegiatan dan nantinya lagu tersebut akan enak untuk didengar.

5. Tempo

Tempo adalah suatu hal yang berhubungan dengan cepat lambatnya musik atau lagu. Tempo dapat juga diartikan sebagai ukuran kecepatan birama pada sebuah lagu. Jika permainan suatu lagu tersebut semakin cepat, maka nilai tempo pada lagu tersebut juga semakin besar.

Tempo sendiri terbagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Tempo lambat (largo, adagio, lento, grave)
  • Tempo sedang (andante, andantino, allegro moderato, moderato)
  • Tempo perubahan (rit, rittad, accel, string)
  • Tempo cepat (allegro, presto, vivace, allegreto)

6. Tangga Nada

Tangga nada merupakan urutan atau deretan nada-nada yang tersusun secara berjenjang dan diantara nada satu dengan nada lainnya terdapat sebuah jarak tertentu. Jarak-jarak itulah yang menentukan variasi nada dan tangga nada.

7. Timbre

Timbre adalah kualitas bunyi yang nantinya akan memberi sebuah kesan. Timbre pada alat musik dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetarnya bunyi tersebut.

8. Dinamika

Dinamika merupakan suatu tanda untuk memainkan nada yang berkaitan dengan volume sehingga mengeluarkan suara yang nyaring dan merdu untuk di dengarkan.

Macam-macam Seni Musik

1. Tradisional

Seni musik tradisional biasanya merupakan warisan dari nenek moyang yang turun temurun. Seni ini masih menggunakan lirik Bahasa daerah, tidak memiliki rotasi, dan alat yang digunakan juga tradisional.

2. Modern

Jenis seni yang satu ini sanat berkembang pesat secara universal. Seni musik modern adalah seni yang sudah terakulturasi dengan teknologi dan budaya yang modern baik dalam instrumennya maupun penyajiannya.

3. Kontemporer

Di Indonesia, musik jenis ini sangat berkembang pada tahun 1990-an. Ciri-cirinya adalah memiliki nada yang kompleks, memiliki warna atau jenis bunyi, tempo, dan ritme yang bervariasi, serta sumber bunyinya tidak hanya dari music instrumental.

Macam-macam Genre Musik

1. Klasik

Genre klasik memiliki nada dan harmonisasi yang menarik dibandingkan dengan genre lainnya karena dibawakan dengan nada yang kalem.

2. Blues

Merupakan genre yang tercipta dari sebuah konotasi perasaan melankolis dan frustasi. Jenis ini kerap digunakan sebagai musik pujian dan spiritual.

3. Jazz

Genre ini didominasi dengan alat musik biola, piano, saksofon, bass, gitar, terompet dengan lirik yang begitu mendalam. Melalui genre jazz banyak musisi yang terkenal dan mendunia.

4. Funk

Genre yang satu ini merupakan penggabungan antara musik jazz, rythm, dan blues. Genre ini memiliki nada gitar yang mendominasi diselingi dengan drum dan musik yang terpotong-potong sehingga membuat alunan yang gembira untuk berdansa.

5. Reggae

Reggae memiliki ciri khas ritme yang backbeat dan progresi kord yang terbilang mudah. Genre ini menggambarkan kebebasan, jiwa muda, dan ekspresi pemberontakan.

6. Hip Hop

Genre musik hip hop memiliki perpaduan nada dan ritme yang unik sehingga cocok untuk dipadukan dengan musik rapp.

7. Pop

Genre pop ternyata berasal dari kata “populer” merupakan genre musik yang paling mudah didengar dan memiliki banyak peminat.

8. Rock

Genre rock merupakan perpaduan dari rythm, jazz, blues, dan country. Dengan alat musik drum, bass, gitar yang mendominasi musik ini sudah memiliki submusik rock yang lainnya. Seperti soft rock, hardrock, hingga funk rock.

9. Dangdut

Genre dangdut merupakan macam-macam genre musik yang berasal dari Indonesia. Genre ini merupakan perpaduan antara musik India dan Melayu dengan sentuhan campursari.

Saat ini genre dangdut telah berkembang dengan diiringi oleh alat musik modern seperti gitar, bass, hingga drum namun tidak meninggalkan alat musik ciri khasnya yaitu kendang dan seruling.

Fungsi Seni Musik

1. Sarana Ekspresi Diri

Seni musik mudah memberikan ekspresi ungkapan perasaan pemainnya. Selain itu, nada yang ada di dalam music juga mewakili ekspresi yang dikeluarkan.

2. Sarana Hiburan

Seni ini juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan untuk menjada mood tetap stabil.

3. Sarana Terapi

Musik sebagai sarana terapi sudah dikenal sejak lama. Dulu, saat perang dunia ke-II, seni ini digunakan untuk mengobati para korban dalam peperangan. Sampai saat ini, musik masih digunakan untuk menyembuhkan penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh dengan terapi musik.

4. Sarana Upacara

Upacara-upacara di Indonesia banyak yang menngunakan alat music sebagai pengiringnya. Di beberapa daerah juga diyakini bahwa alat music memiliki kekuatan magis.

5. Sarana Komersial

Bagi para seniman, seni ini juga bisa digunakan sebagai sumber mata pencaharian. Biasanya mereka merekam karya seninya lewat sebuah kaset atau CD yang kemudian dijual ke pasaran. Selain itu, ada juga yang melakukan pertunjukkan seperti konser atau pentas seni dengan dipungut biaya.

6. Sarana Tari

Seni tari juga erat kaitannya dengan seni ini. Keduanya memiliki pola dan ritme satu sama lain. Suatu tarian tanpa iringan irama musik akan terasa hampa dan sulit jika tidak diiringi dengan tempo dan ritme.

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap mengenai materi seni musik. Keindahan ini memang sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang sehingga masih sangat terjaga sampai sekarang.

Semoga makalah seni musik ini dapat berguna untuk kalian dalam memperluas ilmu pengetahuan serta menumbuhkan rasa cinta dan peduli kalian terhadap kesenian di Indnoseia.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Kesenian Yogyakarta

Avatar Anggita Dewi
2 min read

Kesenian Riau

Avatar Anggita Dewi
2 min read

Baju Adat Jawa

Avatar Anggita Dewi
3 min read