Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
Seni Rupa 3 Dimensi: Jenis, Unsur, Teknik & Penjelasan Lengkapnya
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Seni Rupa 3 Dimensi

informasi seni rupa 3 dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah karya yang dibatasi dengan 3 sisi, yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau dalam arti mudahnya pengertian seni rupa 3 dimensi adalah karya yang memiliki volume dan ada di dalam sebuah ruang.

Suatu barang dapat disebut sebagai seni 3D jika memiliki 3 unsur, yang pertama adalah mempunyai panjang, lebar, tinggi, yang kedua menempati ruang dan yang ketiga bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Kali ini, Pesona Indonesia akan memberikan informasi mengenai lengkap mengenai seni 3D ini, berikut penjelasannya:

Jenis Seni Rupa 3 Dimensi

Karya ini terbagi menjadi 2 bagian berdasarkan fungsi dan tujuannya, yaitu:

1. Rupa Murni

merupakan karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsi, sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan.

2. Rupa Terapan

merupakan karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, tapi juga berfungsi untuk membantu kehidupan manusia. Rupa terapan lebih mengutamakan kegunaan dibandingkan keindahannya.

Unsur-unsur Seni Rupa 3 Dimensi

  • Titik

Titik merupakan unsur karya seni rupa yang paling dasar dan paling kecil.

  • Garis

Garis merupakan goresan atau batas suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur dan sebagainya. Garis mempunyai dimensi yang cenderung memanjang dan mempunyai arah tertentu. Garis juga memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain-lain.

  • Bidang

Salah satu karya seni rupa yang dibentuk atau terbentuk dari hubungan beberapa garis disebut bidang. Bidang memiliki dimensi panjang, lebar atau bisa disebut juga pipih.

  • Bentuk

Bentuk bisa diartikan sebagai bangun atau plastis. Bentuk memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, oleh sebab itu bentuk mempunyai isi atau volume.

  • Tekstur

Tekstur adalah sifat permukaan sebuah benda. Tekstur terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan dan perabaan, sedangkan semu tidak mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan pengelihatan dan perabaan.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

  • Teknik Mozaik

Teknik membuat karya seni dengan cara menempel benda 3 dimensi yang diatur dan ditata sehingga menghasilkan lukisan.

  • Teknik Aplikasi

Sebuah karya hias dalam seni menjahit dengan cara menempelkan bermacam-macam guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti binatang, bunga maupun bentuk lainnya pada sebuah kain lain sebagai hiasan.

  • Teknik Pahat

Teknik membentuk suatu karya dengan membuang bahan yang tidak dibutuhkan. Cara membuatnya dapat memakai alat pahat, kikir dan martil. Biasanya media atau bahan seni rupa 3 dimensi yang dipakai adalah bahan keras seperti batu, gips, kayu dan bahan lainnya.

  • Teknik Merakit

Teknik membuat sebuah karya seni dengan cara menyambung beberapa potongan bahan. Cara ini disebut dengan merakit dan hasil karyanya disebut rakitan. Cara menggabungkan bahan tersebut dapat dengan cara dipatri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.

  • Teknik Menuang atau Cor

Karya seni yang dihasilkan dengan cara menuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan. Setelah bahan cair tersebut mengeras, kemudian dikeluarkan dari cetakan. Bahan cair yang dipakai biasanya seperti semen, logam, gips atau karet.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

  • Kriya

Kriya merupakan salah satu karya seni rupa 3D yang menggunakan hand skill atau keterampilan tangan dan memperhatikan segi kebutuhan fisik serta segi keindahan. Karya ini merupakan seni rupa terapan nusantara.

  • Patung

Salah satu seni rupa 3 dimensi yang paing terkenal adalah patung. Patung bisa terbua dari media apa saja seperti batu, kayu, logam, dan dapat dilihat dari segala arah mata memandang.

  • Keramik

Keramik merupakan cabang seni tradisional sampai kontemporer atau perkembangan seni yang terkena dampak modernisasi. Seni ini mempunyai fungsi sebagai kerajinan dengan menggunakan bahan utama tanah liat.

  • Arsitektur

Arsitektur merupakan ilmu merancang sebuah bangunan, seperti membangun perencanaan kota, perancangan kota, sampai desain bangunan.

  • Anyaman

Anyaman biasanya terbuat dari bambu, rotan, dan bahan sintetis. Hasil anyaman ini biasanya berupa perabotan rumah tangga. Namun sekarang, anyaman juga sudah bisa digunakan sebagai fashion seperti tas, dompet, dan lain-lain.

Akhir Kata

Itulah informasi lengkap mengenai seni 3 dimensi yang harus kalian pelajari. Dengan mempelajarinya berarti kita sudah ikut berpartisipasi dalam menjaga serta melestarikan budaya Indonesia. Semoga artikel ini dapat berguna untuk kalian.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Kesenian Yogyakarta

Avatar Anggita Dewi
2 min read

Kesenian Riau

Avatar Anggita Dewi
2 min read

Baju Adat Jawa

Avatar Anggita Dewi
3 min read