Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
Tari Kanjar: Tarian Adat Warisan Kesultanan Kutai Kertanegara
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tari Kanjar

tari kanjar

Tari Kanjar Ganjur merupakan salah satu jenis upacara kesenian yang merupakan warisan dari Kesultanan Kutai Kertanegara.

Tari ini biasa dibawakan oleh kerabat istana saat menyambut tamu, pesta perkawinan, pemberian gelar, dan acara formal lainnya.

Dulunya, tarian ini dibawakan saat para pahlawan kembali dari medan perang dengan membawa kemenangan.

Latar Belakang

Jika dilihat dari penampilannya, tarian ini merupakan tari yang kaya dengan pengaruh dan mendapat banyak pengaruh serta unsur gerak tari dari Jawa Tengah.

Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui latar belakang serta berbagai informasi lain terkait Tarian adat ini. Karena itu, di bawah ini kami berikan penjelasan tari adat ini secara lengkap.

Sejarah Tari Kanjar

sejarah tari kanjar

Tari Kanjar atau Kakanjaran merupakan kesenian rakyat asli dari Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Tarian ini tumbuh dan berkembang di pedalaman pegunungan Meratus di Kecamatan Loksado. Tarian ini merupakan hiburan adat bagi suku dayak yang menganut kepercayaan Kaharingan peninggalan nenek moyang mereka.

Setiap penghuni di Balai sejak kecil telah diberikan keahlian tari Kanjar ini, jadi, setiap orang asli dari sana pasti bisa menarikannya.

Seni tarian Kakanjaran ini bagi penduduk Balai bermakna gerak olah tari menahan kejahatan serta membuka pintu kebahagiaan agar warga Balai sehat, gagah, berani, mendapat hasil melimpah, dan kuat bekerja. Tarian ini dilaksanakan secara massal tua muda.

Tarian ini termasuk ke dalam jenis tari tradisi yang khusus dilakukan oleh kaum laki-laki. Tarian ini menggambarkan sikap persatuan dan gotong royong masyarakat Dayak Meratus.

Gerakan Tari Kanjar

gerakan tari kanjar

Gerakan tarian Kanjar lincah dan cepat serta sangat bertenaga. Sifat ini merupakan sifat umum dari gerakan tari di Kalimantan Selatan.  Sifat-sifat geraknya di wujudkan dalam gerakan gerakan bertenaga dengan lirikan mata yang tajam. 

Aspek gerak tari ini memiliki kesamaan dengan gerakan tari klasik yang ada di Surakarta dan Yogyakarta. Isi tari bertemakan keamanan yang bertujuan untuk menjaga keamanan daerah di sekelilingnya.

Kostum Tari Kanjar

pakaian tari kanjar

Tarian ini menggunakan busana atasan miskat dengan bawahan celana panjang berwarna hitam. Lalu dipadukan dengan sarung Samarinda. Riasan wajah juga natural.

Alat Musik Tari Kanjar

alat musik tari kanjar

Tarian Kakanjaran menggunakan seperangkat alat gamelan Kutai untuk mengiringi tariannya. Hampir sama dengan kebanyakan tarian yang ada di Indonesia.

Fungsi dan Makna

fungsi dan makna tari kanjar

Kehadiran tarian Kanjar dalam berbagai upacara berperan penting karena diperuntukan untuk menurunkan Pangeran Sri Ganjur serta untuk menjaga keamanan tiang ayu dari roh-roh jahat.

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap mengenai tari Kanjar dari Kalimantan. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan kalian tentang tarian adat di Indonesia.

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tari Didong

Avatar Anggita Dewi
2 min read

Tari Ende Lio

Avatar Anggita Dewi
1 min read

Tari Ebeg

Avatar Anggita Dewi
1 min read