Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
10 Tempat Makan Enak di Surabaya Yang Murah dan Populer
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tempat Makan di Surabaya

daftar tempat makan di surabaya yang enak

Sedang berlibur ke Surabaya tapi bingung mau menjelajah kuliner dimana? Mau coba – coba tapi takt tidak memuaskan selera? Nah kamu beruntung banget, kami memiliki beberapa rekomendasi beberapa rekomendasi tempat makan di Surabaya yang pastinya memiliki citarasa yang sangat terkenal akan kelezatannya.

Sebelumnya mari kita bahas dulu singkat mengenai Surabaya. Surabaya adalah salah satu kota yang berada di ujung timur pulau Jawa. Surabaya sering dijadikan sebagai tujuan destinasi oleh banyak orang.

Banyak tempat wisata di Surabaya yang cocok untuk didatangi, apa lagi saat sedang musim liburan. Kalau ingin berlibur ke Surabaya, tidak perlu khawatir mengenai makanan yang akan kamu makan. Sebab di Surabaya banyak sekali kuliner khas setempat yang rasanya akan sayang jika dilewatkan.

Nah berikut ini adalah beberapa tempat makan enak di Surabaya yang pastinya akan membuat lidah kamu bergoyang!

10 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

1. Rumah Makan Handayani

Rumah Makan Handayani

Salah satu tempat makan keluarga di Surabaya yang wajib dikunjungi pertama adalah Rumah Makan Handayani. Tempat ini merupakan salah satu resto legendaris yang konsisten menyajikan menu khas Nusantara. Sejak tahun 1961, Rumah Makan Handayani yang dulu bernama Depot Han ini sudah berdiri.  Bangunan tempat Rumah makan ini berada cukuplah unik, dekorasinya seakan memadukan warna – warna dan menggunakan aksesoris dan mebel khas dari Nusantara.

Rumah Makan Handayani bertempat di Jl. Kertajaya No.42, Kertajaya, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60282.

2. Pondok Tempo Doeloe

Pondok Tempo Doeloe

Opsi tempat makan yang bisa kamu pilih saat berada di Surabaya selanjutnya adalah Pondok Tempo Doeloe. Tempat makan satu ini juga menyediakan berbagai makanan khas nusantara dengan citarasa yang lezat. Tempat ini juga memiliki letak yang strategis, yaitu berada di jalan raya Bandara Juanda dan memiliki bangunan yang luas dan bersih.

Terdapat banyak makanan yang dapat kamu coba saat berada di Pondok Tempo Doeloe, yaitu mulai olahan nasi, ikan, soto, rawon, gulai, dan sebagainya. Meski bukan merupakan tempat makan romantis di Surabaya, tapi dijamin deh pacar kamu akan senang diajak makan di Pondok Tempo Doeloe.

Pondok Tempo Doeloe bertempat di Jl. Tegalsari No.52, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60261.

3. Sate Klopo Ondomohen

Ingin mencoba olahan daging? Sate? Nah kamu bisa mencoba Sate Klopo yang juga merupakan tempat makan yang sangat legendaris. Tempat makan yang sudah ada sejak tahun 1945 ini menyediakan sate yang berbeda dari tempat lain. Sesuai dengan namanya, sate ini menggunakan bahan kelapa dalam pembuatannya. Selain itu ditambah pelengkap berupa serundeng serta bumbu kacang dan juga kecap. Selain itu tekstur dagingnya tebal dan empuk, jadi pastinya terasa sangat nikmat.

Sate Kelopo Ondomohn bertempat di Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272.

4. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Pergi ke Surabaya tanpa mencoba lontong balap sepertinya bukan meripakan hal yang afdol. Oleh karena itu kami menyarankan untuk mencoba merasakan lontong balap Garuda Pak Gendut yang sudah berdiri sejak tahun 1956. Kuliner di Surabaya satu ini dulunya dijual di trotoar, namun kini sudah pindah di sebuah depot baru. Hal yang membuat Lontong Balap Garuda Pak Gendut berbeda dari Lontong balap lannya adalah air kaldu dan bumbu serta bawang goreng di dalamnya, juga tambahan Lentho yang terbuat dari kacang tolo berbumbu. Dengan harga 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati Lontong balap nikmat ini.

Tempat makan murah di Surabaya ini bertempat di Jl. Mayjen Prof. Dr. Moestopo No.11, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota SBY, Jawa Timur 60131.

5. Soto Lamongan Cak Har

Soto Lamongan Cak Har

Selain Lontong Balap, Soto lamongan juga merupakan makanan yang wajib untuk di coba saat berada di Surabaya. Nah, Soto Lamongan Cak Har adalah salah satu tempat makan yang wajib untuk dikunjungi sewaktu berkunjung ke Surabaya. Soto lamongan ini memang terkenal akan keasliannya dengan bumbunya yang sangat terasa, membuat Soto Lamongan ini benar – benar terasa nikmat. Suiran ayam yang diberikan tidak pelit, alias banyak. Ada juga sohun, seledri, dan didampingi dengan nasi panas. Selain itu ada makanan lain yang tak kalah lezatnya, yaitu soto jeroan, soto kulit, dan juga bisa ditambahkan telur atau ati ampela.

Soto Lamongan Cak Har bertempat di Jl. Arif Rahman Hakim, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111.

6. Sate Karak

Sate Karak

Selain Sate Klopo, ada juga Sate Karak yang merupakan makanan yang nyaris punah. Namun kamu bisa menemukan kuliner khas Surabaya ini pastinya di Surabaya. Sate Karak memang hanya dapat ditemukan di Surabaya saja, karena konon makanan ini berasal dari daerah Ampel, Surabaya. Makanan ini berbahan dasar jeroan sapi. Sate Karak berbeda dengan karak yang ada di Solo yang menggunakan kerupuk Nasi. Sate Karak menggunakan ketan hitam sebagai pengganti nasi dan membuat makanan ini tampak istimewa.

Sate Karak bertempat di Ampel Lonceng No.60, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151.

7. Mie Pecun

Mie Pecun

Meski terdengar cukup nyeleneh, namun nama makanan ini sebenarnya merupakan sebuah singkatan, yaitu “ Pedas Bebas Racun”. Cita rasa yang diberikan oleh Mie Pecun ini dapat menggoyang lidah, meski Mie yang digunakan disini merupakan Mie Instan. Namun tingkat kepedasan yang ditawarkan membuatnya berbeda. Ada 4 level pedas yang ditawarkan, yaitu culu, semriwing, galau, sampai dengan Klimax. Terdapat juga 2 varian mie yang digunakan, yaitu rebus dan goreng.

Mie Pecun bertempat di java Pujasera, Jl. Arjuno No.65, Sawahan, Kec. Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur 60251.

8. Bebek Goreng Sinjay

Bebek Goreng Sinjay

Salah satu keunikan dari Bebek Goreng Sinjay adalah karena dihidangkan dengan sambal khas, yaitu sambal pecit yang merupakan sambal mangga muda yang diparut lalu dsambal uleg yang terbuat dari cabai dan juga terasi yang diuleg.

Bebek Goreng Sinjay berasal dari Kota Bangkalan, Madura dan kini tersebar di berbagai titik di Surabaya, jadi akan lebih mudah menemukan tempat makan satu ini.

Bebek Goreng Sinjay bertempat di Ruko Grand Ahmad Yani, Jl. Ahmad Yani, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60237.

9. Rawon Setan Surabaya

Rawon Setan Surabaya

Rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur dan tempat yang sangat cocok untuk menikmati rawon di Surawaba adalah Rawon Setan. Meski namanya terdengar seram, namun itu bukan artian sebenarnya dari makanan ini.

Setan yang dimaksud adalah jam operasional tempat ini dianggap sama dengan jam munculnya setan, yaitu pada pukul 22.00 hingga dini hari. Nah kuliner Surabaya malam ini pokoknya sangat patut untuk dicoba. Terlebih lagi potongan daging yang digunakan cukup besar dengan teksturnya yang empuk.

Rawon setan bertempat Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60261. Pokoknya kuliner malam Surabaya satu ini wajib untuk kamu jadikan destinasi wisata kuliner di Surabaya kamu!

10. Nasi Goreng Jancuk

Nasi Goreng Jancuk

Yang terakhir ada Nasi Goreng Jancuk yang lagi – lagi memiliki nama cukup nyeleneh. Bayangkan menjawab pertanyaan orang “ Kamu makan apa?” lalu kamu menjawab “Nasi Goreng Jancuk” apakah tidak akan terjadi keributan. Namun jangan salah, makanan satu ini memiliki kepopuleran yang sudah dikenal warga Surabaya.

Nasi goreng ini memiliki tingkat kepedasan yang tinggi meski hanya ada 2 level. Namun level terendah dari nasi goreng ini sudah menggunakan 1 ons cabai.

Nasi Goreng Jancuk bertempat di WTC SBY, Jl. Plaza Boulevard No.33-35, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271.

Akhir Kata

Dari 10 wisata kuliner Surabaya di atas, manakah yang menarik perhatian kamu? Jangan lupa untuk singgah ke beberapa tempat di atas agar tahu dan tidak penasaran mengenai cita rasa yang mereka tawarkan.

Semoga informasi mengenai tempat makan di surabaya di atas dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.