Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
10 Tempat Wisata di Jakarta Yang Paling Hits Untuk Dikunjungi!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tempat Wisata di Jakarta

daftar tempat wisata di jakarta

Jakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, namun sepertinya tak jarang orang yang tidak mengetahui berbagai tempat liburan yang ada di Jakarta. Biasanya mereka hanya pergi ke tempat yang sama karena kurang mengetahui tempat lain.

Nah kebetulan banget nih, pada artikel kali ini kami akan memberitahukan kepada kalian mengenai tempat wisata di Jakarta yang menarik banget untuk dikunjungi, jadi kalian lebih tahu objek wisata di Jakarta mana saja yang bagus untuk dijadikan tempat berlibur!

Berikut adalah daftar tempat wisata terbaik di kota Jakarta yang pasti seru banget untuk dikunjungi.

10 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Populer Saat Ini!

1. Taman Mini Indonesia Indah

Pertama ada Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disingkat menjadi TMII. Tempat ini adalah taman hiburan yang sudah populer sejak tahun 90-an. TMII memiliki bangunan ikonik berupa bangunan berbentuk keong mas. Dalam bangunan itu terdapat Teater IMAX keong mas. Selain itu masih banyak kegiatan lain yang bisa kalian lakukan di tempat wisata anak di Jakarta ini, seperti Anjungan Daerah, kereta gantung, Teater 4D, museum, Teater IMAX Keong Mas, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas, bangunan, wahana, dan dekorasi di tempat ini merupakan miniatur dari 33 provinsi di Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah cocok untuk semua umur, terutama pengunjung yang membawa anak.

TMII memiliki lokasi yang bisa dibilang strategis dan sangat mudah untuk dicapai jika menggunakan kendaraan umum. Taman Mini Indonesia Indah buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 21.00.

2. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra adalah tempat wisata yang berada di Ancol. Tempat wisata keluarga di Jakarta yang dulu bernamakan Gelanggang Samudra ini mengangkat tema laut. Ocean Dream Samudra menawarkan atraksi hewan-hewan seperti lumba-lumba, singa laut, berang-berang, kuda nil, burung-burung bernyanyi, dan berbagai hal lainnya. Ada juga pertunjukkan menegangkan seperti Scorpion Pirates, sampai ke wahana bermain seperti ubur-ubur dan boto-boto.

Banyak fasilitas yang ditawarkan di dalam Ocean Dream Samudra, seperti pusat kuliner, tempat ibadah, toilet, dan klinik. Kios minuman dan es krim juga ada di beberapa titik di area tempat wisata di Jakarta ini. Selain itu terdapat jalur jalan kaki yang cukup luas di antara tiap wahana, lengkap dengan pepohonan dan juga taman, sehingga memberi kenyamanan untuk keluarga yang sedang menikmati liburan di sini.

Kalian dapat mencapai lokasi ini dengan berbagai jenis moda transportasi, seperti misalnya KRL, bus Trans Jakarta koridor 1 dan 5, serta bus kota biasa jurusan Ancol. Ocean Dream Samudra buka setiap hari pada pukul 09.00 dan tutup pada pukul 17.00 atau 18.00 pada akhir pekan.

3. Dunia Fantasi

Masih dalam Taman Impian Jaya Ancol, kali ini ada Dunia Fantasi atau biasa disebut Dufan. Tempat ini menawarkan beragam wahana menarik, mulai dari yang menegangkan seperti Tornado, Halilintar dan Hysteria, hingga yang cocok untuk semua umur seperti Rumah Miring, Poci-Poci, Turangga Rangga, dan Pontang-Pontang.

Tempat wisata di Jakarta satu ini juga menawarkan wahana dengan tema khusus, seperti Ice Age Arctic Adventure, Treasureland, Dufan Glow, Fantasy Lights: Magic of Dufan, dan Hello Kitty Adventure. Efek suara, cahaya, dan penampilan dari robot animatronik serta aktor akan membuat wahana-wahana ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Dunia Fantasi buka setiap hari dari pukul 10:00 hingga 18:00. Pada akhir pekan, Dufan buka hingga pukul 20:00.

4. Allianz Ecopark

Taman Impian Jaya Ancol memang memiliki banyak tempat hiburan menarik di dalamnya, salah satunya Allianz Ecopark. Allianz Ecopark adalah taman wisata alam dan keluarga yang didalamnya terdapat pepohonan rindang dan sungai yang asri. Ada juga jalur untuk berolahraga, taman bermain, danau, kebun binatang mini, gazebo untuk santai, serta kano dan perahu kayuh. Di Allianz Ecopark Pengunjung dapat bermain sambil belajar di tempat-tempat seperti Rumah Lebah, Faunaland, dan Rumah Energi.

Selain itu ada Outbondholic serta arena paintball yang juga akan memberi kesenangan seru untuk pengunjung dari semua umur. Di tempat ini juga terdapat Learning Farm yang menawarkan paket belajar bercocok tanam untuk anak-anak. Eco-market dan kedai makanan pun akan melengkapi keseruan di tempat wisata Jakarta ini.

Allianz Ecopark buka setiap hari mulai dari pukul 06:00 hingga pukul 18:00. Namun setiap wahana memiliki jam buka-tutup yang berbeda, seperti jam 08:00-16:00 untuk arena paintball dan Learning Farm, serta 09:30-17:30 untuk Faunaland.

5. Waterbom Jakarta

Waterbom Jakarta merupakan taman wisata air yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk. Tempat wisata terbaik di Jakarta ini memiliki berbagai wahana kolam renang untuk semua umur. Ada banyak jenis kolam yang ditawarkan di Waterbom, mulai dari yang dalam hingga yang khusus untuk anak-anak.

Selain itu Waterbom Jakarta menawarkan wahana seru seperti misalnya Twizter, Speedslide, dan The Hairpin. juga wahana yang cocok untuk anak-anak, seperti kolam renang dangkal, ember curah, dan kolam arus yang santai. Waterbom juga memiliki fasilitas untuk menunjang pengunjung yang datang kesana, seperti ruang ganti baju, pancuran, kedai, toilet, dan beberapa tempat bersantai.

Waterbom Jakarta buka setiap hari, dari pukul 06:00 hingga 18:00.

6. Taman Wisata Alam Mangrove

Selanjutnya masih berlokasi di Pantai Indah Kapuk, ada Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk. Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk merupakan hutan bakau yang dikelilingi perairan. Di sini pengunjung bisa naik perahu bersama pemandu untuk melihat pemandangan hutan bakau, serta menemukan berbagai makhluk hidup yang banyak berkeliaran di area tersebut. Selain itu pengunjung dapat menikmati kesejukan hutan bakau sambil berjalan menyusuri jembatan.

Destinasi wisata di Jakarta yang satu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti restoran, penginapan bergaya tradisional, dan tempat bersantai. Yang menarik adalah kalian dapat ikut melestarikan lingkungan dengan menanam pohon bakau. Hanya cukup dengan membayar biaya untuk satu bibit. Menanam pohon juga sering menjadi kegiatan wisata kelompok, misalnya di kalangan siswa sekolah, mahasiswa, atau karyawan.

Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari dari pukul 07:00 hingga 18:00.

7. Kebun Binatang Ragunan

Ke-tujug ada Kebun Binatang Ragunan yang merupakan tujuan wisata keluarga dan edukasi yang cocok untuk keluarga. Ragunan tidak hanya memiliki koleksi lebih dari 290 spesies hewan, tetapi juga berbagai fasilitas hiburan serta pendidikan. Ragunan memiliki Dunia Orang Utan serta Pusat Primata Schmutzer, fasilitas edukasi tentang primata. Ditempat ini selain museum serta pusat informasi, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan orang utan hidup.

Ada juga taman bermain serta Children Zoo, yaitu kebun binatang mini tempat anak-anak bisa berinteraksi dengan hewan-hewan jinak kecil. Lokasi kebun binatang ini cukup strategis, dan dapat dicapai dengan Trans Jakarta, angkutan umum. Tempat wisata terbaru di Jakarta Selatan yang satu ini buka setiap hari, dari pukul 09:00 hingga 16:00.

8. Monumen Nasional

Tugu Monumen Nasional (Monas) adalah tujuan “wajib” warga luar Jakarta untuk berfoto karena kini Monas merupakan tempat wisata murah di Jakarta yang instagramable. Di Monas terdapat taman yang asri di bagian luarnya, dan pada bagian dalamnya menunjukkan diorama perjuangan bangsa Indonesia dalam mendapatkan kemerdekaan. Di Monas juga terdapat lift yang akan membaw pengunjung untuk melihat keindahan Jakarta dari atas. Sejak tahun 2016, pemerintah provinsi DKI Jakarta membuka Monumen Nasional pada malam hari, sehingga pengunjung bisa menikmati wisata malam.

Jika kalian lapar, bisa makan di kedai-kedai makanan di sekitar Monas yang menyediakan berbagai jenis makanan yang pastinya menggugah selera.

Monumen Nasional dibuka setiap hari pada pukul 08:00, dan tutup pada pukul 22:00 (pukul 00:00 pada akhir pekan). Sedangkan untuk lift menuju puncak Monas hanya beroperasi hingga pukul 16:00, dan kemudian mulai melayani pengunjung lagi pada pukul 18:30 dengan kuota 500 orang.

9. Museum Tekstil

Museum Tekstil adalah museum yang memamerkan berbagai kain tradisional. Pengunjung dapat melihat kekayaan tekstil dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari batik Jawa, Sumatra, Bali, dan Papua, hingga beragam kain ikat. Selain itu di museum tekstil juga bisa melihat beragam alat tenun, alat membatik, dan peralatan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan kain tradisional. Museum Di tempat wisata satu ini juga memiliki koleksi tanaman yang sering dijadikan bahan pewarna atau benang tradisional.

Museum tekstil juga memiliki teater mini untuk memutar film-film edukasi mengenai sejarah dan kebudayaan tekstil. Sebagai kenang-kenangan, pengunjung bisa mengunjungi toko oleh-oleh untuk membeli beragam buku, kain, dan bahkan alat pembuat kain tradisional.

Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari (kecuali Senin) dari pukul 09:00 hingga 15:00.

10. Pulau Tidung

Yang terakhir ada tempat wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pulau Tidung adalah salah satu pulau paling terkenal di gugusan Kepulauan Seribu, yang berada di lepas pantai Jakarta. Pulau ini terdiri dari dua pulau, Tidung Besar dan Tidung Kecil, dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta menghubungkan mereka. Jembatan tersebut sering menjadi tempat berfoto serta melihat matahari terbenam.

Di Tidung Besar, pengunjung bisa menemukan homestay, warung makan, dan juga tempat penyewaan sepeda yang dikelola oleh penduduk setempat. Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni, namun memiliki hutan bakau dan biasa menjadi lokasi penelitian balai konservasi.

Jika kalian pergi bersama dengan teman-teman atau keluarga, banyak paket yang ditawarkan untuk mengunjungi tempat ini. Paket-paket tersebut menawarkan harga yang murah, sehingga Pulau tidung sering diakui sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta yang murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Pengunjung bisa naik kapal cepat dari Dermaga Muara Angke untuk mencapai tempat ini.

Nah itu adalah rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang dapat di datangi. Semoga dengan melihat daftar rekomendasi tersebut, tempat berlibur kalian menjadi lebih bervariasi. Sebenarnya masih banyak objek wisata di Jakarta yang lain, jadi jangan berhenti mencari tahu, ya!

Itu saja informasi yang dapat kami sampaikan, semoga berguna bagi kalian semua. Terima kasih!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.