Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
10 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tempat Wisata di Jawa Barat

daftar tempat wisata di jawa barat

Jawa barat adalah provinsi di Indonesia yang dikenal degan keindahan alamnya yang jarang dimiliki daerah lain.  Banyak tempat wisata di Jawa barat yang menjadi incaran wisatawan yang datang ke Jawa Barat. Selain udaranya yang sejuk, terdapat daya tarik melalui wisata budaya, kuliner, pantai serta tempat hiburan maupun tempat makan berkonsep unik yang ada di Jawa Barat.

Dalam artikel kami kali ini, kami akan membahas tempat wisata apa saja sih yang wajib untuk di kunjungi saat berada di Jawa Barat? Berikut adalah beberapa tempat wisata Jawa Barat yang wajib jadi destinasi liburan kamu dari tempat wisata Jawa barat yang baru sampai yang lama, semua yang menarik untuk di datangi!

10 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Kawah Putih – Bandung

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata Jawa Barat terletak di desa Alam Endah, kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung dan terletak di kaki Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih Karena percampuran dari unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga memiliki warna putih kehijauan dan bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cahaya.

beragam kegiatan bisa dilakukan di Kawah Putih Bukan Hanya untuk menikmati pemandangan yang ada di sana saja. banyak orang melakukan pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki serta berkuda.

2. Stone Garden – Padalarang

Stone Garden atau Taman Batu di Pandalarang, kenapa dinamakan Stone Garden? Karena hamparan batu yang artistik membuat kita merasa tidak sedang berada di Bandung. Batu-batu besar yang berukuran bervariasi tersusun seperti memiliki suatu formasi yang matematis. menurut salah satu orang yang menjadi panitia pengelolaannya, bebatuan besar di Taman Batu terbentuk secara alamiah berkat terciptanya Danau luas di zaman purba dulu. Di sekitar Taman Batu Ada lembah-lembah dangkal yang mengitarinya, mungkin karena bagian dari Danau purbakala yang dimaksud.

Selain itu Taman Batu menyajikan pemandangan yang lebih menakjubkan daripada sekedar menonton tegaknya bebatuan yang berformasi di dalamnya.

Saat pertama kali melewati pintu masuk, jalanan yang ada akan terus menanjak. bebatuan satu persatu menyambut padang rumput menjadi permukaan kita berjalan. Saat tiba di puncak bukit yang menjadi pondasi Taman Batu, kita akan disuguhkan dengan hamparan pertanian milik warga sekitar.

3. Green Canyon – Pangandaran

Ada suatu tempat wisata Jawa Barat yang tidak kalah bersejarah dan masih Asri peserta keindahannya tidak kalah dengan Green Canyon. tersebutlah sebuah sungai yang masih merupakan anakan dari sungai Citarum purba yang terletak di kecamatan Sagauling. nama tempat ini adalah sungai cikahuripan.

nama tersebut berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti air yang membawa kehidupan. katanya sungai ini merupakan air yang memiliki berbagai manfaat, terutama dalam hal pengobatan.

Keindahan yang ada di suami bukan berasal dari air sungai nya saja. Adapun yang menjadi daya tarik adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi.

Jika hendak kemari, tidak perlu repot-repot membawa ban dari rumah. Karena banyak warg asekitar yang menyewakan Ban untuk kalian menikmati keindahan Green Canyon asal Indonesia ini.

4. Curug Cikaso – Sukabumi

Curug Cikaso Sukabumi adalah sebuah Curug yang sangat menawan di kecamatan Surade. Curug Cikaso juga sangat cocok bagi yang suka explore, hunting,  dan juga foto bergaya yang instagramable. Curug ini juga memiliki nama lain yaitu Curug Luhur yang merupakan sebutan dari warga Desa Cibitung. Curug ini memiliki 3 curahan air atau air terjun yang di antaranya adalah Curug meong Curug aki dan Curug aesupan.

derasnya gemuruh air di Curug ini membuat nada alam yang terasa menenangkan titik Selain itu hijaunya pepohonan serta kebut air tak lupa titik-titik embun yang menghiasi dedaunan menambah Asri dari Curug Cikaso ini.

dibawahnya terdapat sebuah Muara yang diberi nama Tegalbuleud.

Muara ini sangat jernih dengan berwarna air yang biru kehijauan. Muara ini juga lumayan luas di mana bisa dimanfaatkan untuk bermain air. namun diharapkan untuk berhati-hati karena Muara ini sangat dalam.

5. Alam Panenjoan – Purwakarta

rambutnya ada Bukit panenjoan di Purwakarta yang memiliki beragam sensasi keindahan yang memukau mata. keindahan itu bisa didapatkan dari pemandangan alam di atas bukit hingga banyaknya Spot foto yang eksotis dan bisa dicoba di lokasi ini.

Objek wisata alam bukit panenjoan ini adalah Bukit lahan hijau yang dikelilingi dengan perkebunan teh. perkebunan ini memiliki luas yang mencapai 100 hektar dan dulunya lahan ini merupakan lahan tandus yang kemudian dikelola menjadi lahan hijau. namun dulu tidak ada sama sekali rencana untuk menjadikan lokasi ini sebagai kawasan wisata alam

Bukit ini terletak di dataran tinggi yang memiliki hawa dingin. Tempat ini memiliki lokasi yang strategis dan akses jalan yang baik. Hal itu menjadikan obyek wisata ini menjadi destinasi liburan yang menjadi perhatian wisatawan lokal maupun luar daerah.

6. Bukit Panembongan – Kuningan

Tempat wisata menarik di Jawa Barat selanjutnya adalah Bukit Panembongan. Jawa Barat seakan diberi kekayaan alam yang luar biasa oleh tuhan. Banyak potensi alam yang begitu menakjubkan. Salah satunya adalah Bukit Panembongan ini.

Wisata Jawa Barat ini memiliki fasilitas berupa berbagai tempat foto yang dapat membuat feeds Instagram kamu tampak menarik! Di Bukit Panembongan ada tempat duduk yang menjorok ke jurang, cocok untuk dijadikan tempat untuk berfoto. Ada juga fasilitas yang cukup unik, yaitu Tower Guludug, Menara yang terbuat dari bambu yang posisinya menjorok ke jurang.

7. Kampung Karuhun – Sumedang

Kampung karuhun adalah destinasi wisata murah di Jawa Barat yang memiliki alam dan budaya yang sangat direkomendasikan untuk di kunjungi. Meski menjadi salah satu destinasi wisata alam dan juga wisata edukasi yang sangat tampak kekinian, tetapi Kampung ini masih mempertahankan budaya tempo duu. Jadi bagi para pengunjung yang datang ke lokasi ini tidak hanya akan melihat pemandangan yang masih asri, namung juga akan melihat secara langsung kebudayaan khas Sumedang yang sangat terasa di tempat ini.

8. D’Jungle Private Camp – Puncak, Bogor

Mungkin berkemah adalah salah satu kegiatan yang dapat membuat hati dan juga pikiran tenang. Namun berkemah tak harus identik dengan repot-repot membawa peralatan seperti tenda, wajib membawa kayu bakar, membawa tas yang berat, sleeping bag, kompor, alat masak, dan hal lainnya yang dapat membuat kita kerepotan sendiri bahkan sebelum acara berkemahnya dimulai.

Di Jawa barat ada sebuah tempat berkemah yang ditujukan untuk wisata. Pengunjung hanya perlu membawa diri dan kendaraan serta peralatan pribadi secukupnya.

Saat berada di lokasi, bisa tinggal menggunakan tenda, sarung, dan fasilitas lain yang ada di tempat ini. Pokoknya saat berliburan di tempat ini, kenyamanan pengunjung adalah prioritas utama.

9. Pantai Ujung Genteng – Sukabumi

Wisata Jawa Barat yang berikutnya ada wisata Pantai yang sangat memukau, Pantai Ujung Genteng. Pantai ini adalah pantai yang berada di pesisir sukabumi yang berbatasan langsung dengan dahsyatnya laut lepas Samudra Indonesia.

Pantai ini berada jauh dari keraaian kota di wilayah ini, sebagian besar penduduk sekitar pantai merupakan nelayan dan petani.

Sebenarnya Ujung Genteng adalah kawasan yang secara garis besar memiliki dua macam area yang sama-sama menarik untuk bisa dijelajahi.

Walaupun pantai ini menggarisi daratan pulau detan Laut Selatan, sebagian besar areanya tidak berombak terlalu berbahaya, jadi masih bisa digunakan untuk berenang. Pantai ujung Genteng ini memiliki karakter pasir yang putih dan membentang berkilauan tertimpa cahaya matahari dengan deburan ombank yang cukup besar.

10. Kampung Naga – Tasikmalaya

Jika berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa mampir ke kampung yang disebut Kampung Naga ini. Kampung ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Yang unik dari kampung ini adalah letaknya yang berada di lembah. Selain itu kampung ini juga masih memperhatikan kearifan lokal dan juga budaya yang dijaga sejak dulu.

Kampung ini merupakan kampung adat yang masih sangat lestari, masyarakatnya masih memegang adat dan tradisi dari nenek moyang mereka. Warga Kampung Naga sendiri menyebut kampung mereka dengan sebutan “Pareum Obor” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia berarti Matinya Penerangan. Itu karena mereka merasa mereka tidak mengetahui asal usul dari kampung mereka sendiri.

Kesimpulan

Dari 10 destinasi wisata terbaik di Jawa Barat yang ada di atas, menurut kamu mana yang paling menarik untuk dijadikan destinasi wisata?

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya jika berwisata ke tempat-tempat yang masih asri tersebut. Jika tidak ada tempat sampah, kami sarankan untuk membawa kantong khusus sampah yang sudah dipersiapkan sebelum pergi ke tempat wisata tersebut. Selamat Liburan!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.