Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Wajib Anda Kunjungi!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

daftar tempat wisata di jawa tengah

Selain kaya akan budaya dan adat istiadat, provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur, serta Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga memiliki juntaian alam yang menawan. Ada banyak tempat wisata menarik di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat akhir pekan dan saat musim liburan.

Bagi Anda yang sedang merencanakan pergi ke Jawa Tengah dalam waktu dekat, tempat wisata di Jawa Tengah berikut mungkin dapat menjadi rekomendasi yang cocok untuk Anda. Ada beberapa tempat wisata Jawa Tengah terbaru hingga yang merupakan peninggalan zaman kolonial.

10 Tempat Wisata Terbaik di Jawa Tengah Yang Seru

1. Candi Borobudur – Magelang

Siapa yang tidak mengetahui Candi Borobudur? Ikon wisata paling terkenal di Jawa Tengah ini terletak sejauh 40 km arah barat laut dari Yogyakarta. Candi Borobudur merupakan peninggalan agama Buddha di masa lampau.

Candi satu ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang kental akan nilai sejarah. Selain itu Borobudur juga didapuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Di kompleks Candi Borobudur sendiri terdapat 1.460 relief dan 504 stupa yang hingga sekarang masih terjaga keasliannya.

Untuk dapat menikmati jejak sejarah yang di Candi Borobudur yang menawan ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 saja. Sedangkan bagi turis mancanegara sebesar $20 USD. Murah bukan?

2. Candi Prambanan – Klaten

Selanjutnya ada Candi Prambanan di Klaten yang juga merupakan peninggalan sejarah yang ada di Jawa Tengah. Jika Anda pernah mendengar cerita mengenai Roro Jonggrang yang meminta Bandung Bondowoso, seorang yang ingin menikahinya, untuk membangun 1000 candi dalam satu malam? Candi Prambanan adalah salah satu yang dipercaya sebagai salah satu hasil dari Candi yang Bandung Bondowoso bangun.

Saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan disuguhi dengan sejarah yang terasa dari tempat ini. Selain itu hijaunya pepohonan yang tumbuh di area ini menambah kesan damai.

Candi Prambanan yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia pernah mengalami beberapa kali pemugaran, terutama pasca gempa Jogja pada 2006 silam. Meski begitu, keaslian candi yang bersejarah tetap tidak hilang dari bangunan ini.

3. Puri Maerokoco – Semarang

Jika Anda ingin mengenal kebudayaan Jawa Tengah lebih mendalam lagi, berkunjunglah ke Puri Maerokoco yang terdapat di Semarang. Di Taman Mini Indonesia Indah-nya Jawa Tengah ini Anda dapat menyaksikan berbagai jenis kebudayaan khas Jateng seperti pakaian khas, rumah adat, sampai dengan permainan tradisional.

Tempat wisata di Jawa Tengah ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan akhir pekan bersama dengan keluarga, terutama untuk si kecil, karena ada banyak wahana menarik yang bisa dicoba, mulai dari perahu, kereta, sepeda air, dan wahana lain yang dapat mengisi akhir pekan menjadi lebih menarik.

4. Kota Lama – Semarang

Salah satu tempat wisata yang menarik dan sayang untuk Anda lewatkan jika berada di Semarang adalah Kota Lama. Tempa ini adalah kawasan yang dulu merupakan pusat perniagaan yang dijalankan oleh pemerintah kolonial pada zaman dahulu. DI tempat ini Anda dapat melihat bangunan-bangunan peninggalan Belanda, seperti Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, Jembatan Mberok, PT Pelni, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Polder Air Tawang, dan masih banyak yang lainnya.

Kota Lama Semarang memang dikenal sebagai The Little Netherland, karena konsep dan tata kelola Kota Lama mirip dengan salah satu sudut kota yang ada di Belanda. Hal yang menarik adalah Anda bisa datang ke berbagai tempat yang bahkan masih berbau Eropa, baik dari sisi bangunannya sampai ke makanan yang mereka tawarkan. Salah satu toko yang wajib dikunjungi adalah Toko Oen yang merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang paling terkenal. Menu yang sering dibeli pengunjung adalah es krim. Jadi jika mampir ke Semarang, jangan lupa untuk mampir ke Kota Lama ya.

5. Lawang Sewu – Semarang

Jika masih belum puas dengan peninggalan zaman kolonial yang ada di Kota Lama, masih ada objek wisata Jawa Tengah lain yang juga merupakan peninggalan Kolonial yang ada di Jawa Tengah, yaitu Lawang Sewu. Wisata Jawa Tengah satu ini, meski memiliki nama Lawang Sewu yang berarti 1000 pintu, pintu yang ada di bangunan ini tidak mencapai angka tersebut. Hanya saja bangunan ini memang memiliki jumlah pintu yang sangat banyak. Dulu Lawang Sewu dijadikan sebagai kantor pusar perkeretaapian di wilayah Semarang. Jadi tidak heran jika berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat banyak miniatur kereta.

Nah bagi kamu yang menyukai tantangan, kamu bisa datang ke Lawang Sewu di malam hari. Aura mistis seketika akan menyergap Lawang Sewu pada malam hari. Jika Anda suka menguji nyali, cobalah datang dan jelajahi bangunan satu ini ketika matahari sudah terbenam.

Keindahan dan keklasikan arsitektur bangunannya juga membuat tempat wisata di Jawa Tengah ini sering dijadikan latar fotografi, syuting film, dan hal lainnya. Di depan Lawang Sewu juga terdapat Tugu Muda yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Tugu Muda juga akan lebih seru kalau dikunjungi pada malam hari. Di sekitarnya ada bangku-bangku kecil yang disediakan untuk pengunjung.

6. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

Berkeliling Semarang rasanya tak akan lengkap Jika tidak mengunjungi salah satu bangunan paling ikonik di kota ini, apa lagi kalau bukan Masjid Agung Jawa Tengah? Di Masjid yang mengadaptasi arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa, ini Anda bisa menaiki tower masjid dan melihat indahnya Kota Semarang dari ketinggian. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yakni hanya sekitar Rp7.000.

Di Masjid Agung Jawa Tengah ini terdapat payung raksasa berjumlah 6 buah seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Tanah Suci. Masjid Agung Jawa Tengah tentu merupakan pilihan bagi Anda yang senang berkunjung ke tempat-tempat bernuansa religi. Atau mungkin Anda ingin menikah di sini? Bisa. Ada aula khusus yang luas dan memang disewakan untuk pengunjung yang ingin memakainya untuk beragam acara, salah satunya pernikahan.

7. Grojogan Sewu Tawangmangu – Karanganyar

Di Karanganyar ada sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, yaitu Grojogan Sewu Tawangmangu. Tempat wisata di Jawa Tengah ini paling pas dikunjungi saat sedang musim penghujan.

Selain udaranya lebih sejuk, debit air yang banyak juga membuat air terjun di wisata alam Jawa Tengah ini terlihat semakin membuat kagum untuk dilihat. Banyak juga fasilitas yang disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung. Selain itu, di tempat wisata Jawa Tengah ini Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang masih sangat asri dan hijau. Di Grojongan Sewu Tawangmangu ini juga terdapat banyak kera-kera yang berkeliaran di lokasi wisata. Jadi Anda harus berhati-hati dengan barang bawaan, karena lengah sedikit, bisa saja kera0kera tersebut mengambil barang bawaan Anda.

8. Kampung Batik Laweyan – Solo

Ada banyak destinasi wisata Jawa Tengah menarik yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Solo, salah satunya adalah Kampung Batik Laweyan. Katanya kampung ini sudah ada sejak Kerajaan Pajang memerintah di Jawa Tengah, yakni sekitar abad 16. Selain dapat berbelanja batik Solo asli, di tempat ini Anda juga akan disuguhi keindahan arsitektur bangunan khas Eropa yang kokoh dan megah, terlihat pada rumah-rumah yang dulunya milik para saudagar batik.

Menurut penuturan sejarah, warga kampung ini mulai membatik sejak zaman dulu lewat pitutur Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati). Sampai sekarang, warga Kampung Laweyan masih setia dengan hobi dan pekerjaan membatik.

9. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat – Solo

Di Surakarta atau Solo juga terdapat sebuah keraton yang merupakan peninggalan raja Islam zaman dulu, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keraton ini dibangun oleh Paku Buwana II pada tahun 1744 silam dan sekarang dikelola oleh Pemerintah Kota Solo menjadi objek wisata sejarah yang sering dikunjungi wisatawan.

Anda akan menjumpai barang-barang peninggalan keraton serta fragmen berbagai candi yang terdapat di Jawa Tengah. Di keraton ini ada suatu bagian yang sangat kental dengan nilai sejarah sekaligus mistis, yaitu Panggung Sanggabuwana. Katanya di tempat inilah Susuhan melakukan semedi dan bertemu dengan penguasa pantai selatan yang melegenda, Nyi Roro Kidul.

Selain dipakai sebagai objek wisata, Keraton Surakarta juga selalu menjadi tempat aneka gelaran budaya, seperti Suranan, Sekaten, dan peringatan hari besar Islam lainnya.

10. Umbul Ponggok – Klaten

Yang terakhir ada salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang sedang banyak diburu wisatawan, Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang raksasa yang dikonsep mirip lautan, lengkap dengan ikan, batu karang, dan segala pernik-perniknya. Tidak hanya bisa bermain air, Anda pun bisa menyelam sembari berpose di dalam air.

Tempat wisata terbaik di Jawa Tengah ini memiliki tampilan yang sangat indah, sampai banyak calon pengantin yang menjadikannya lokasi untuk foto prewedding. Objek wisata di Jawa Tengah ini sangat populer beberapa tahun belakangan. Jika Anda ingin berfoto di sini, tak perlu repot membawa segala macam properti, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya untuk Anda, mulai dari sepeda motor, laptop, sampai tenda.

Nah itu adalah tempat wisata Jawa Tengah yang bisa kami informasikan kepada Anda. Jika bingung mengenai lokasi tempat-tempat tersebut, Anda bisa mencari peta wisata Jawa Tengah untuk mempermudah Anda menemukan tempat-tempat menarik di Atas.

Semoga informasi yang kami berikan pada artikel kali ini dapat membantu Anda dalam mencari tempat wisata menarik untuk Anda kunjungi. Semoga bermanfaat!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.