Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88Daftar joker123
9 Tempat Wisata di Kalimantan Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tempat Wisata di Kalimantan Utara

daftar tempat wisata kalimantan utara

Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia. Provinsi satu ini berbatasan langsung dengan negara tetangga kita, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak Malaysia Timur. Kalimantan Utara dibentuk dengan tujuan agar memperkuat pertahanan di wilayah perhatasan. Kalimantan Utara memiliki tempat – tempat pariwisata yang wajib untuk dikunjungi. Beragam jenis tempat wisata Kalimantan Utara sangatlah Worth it untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata terbaik di kalimantan utara yang dapat kamu kunjungi saat berkunjung ke sana!

9 Tempat Wisata Kalimantan Utara Terbaik Untuk Dikunjungi

1. Air Terjun Gunung Rian

Pertama ada Air Terjur Rian. Kenapa dinamakan demikian? Hal itu karena air terjun ini terletak di Kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung, Kalimantan Utara. Tempat ini memberikan pemandangan yang akan menghipnotis Anda. Air jernih mengalir memberikan kesegaran yang luar biasa. Di sekitar Air Terjun Rian terdapat hutan tropis dengan vegetasi yang beragam. Air terjun dengan tinggi 90 Meter ini terdiri dari 7 tingkatan, tapi hanya tingkat 1 dan 2 saja yang sering pengunjung kunjungi.

2. Pantai Tanah Kuning

Pantai Tanah Kuning adalah tempat wisata yang terletak di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Jika hendak mengunjungi lokasi ini, Anda dapat melalui darat, laut, ataupun sungai. Pantai yang merupakan destinasi wisata menarik di daerah Kalimantan Utara ini memiliki pasir yang putih bersih dan tampak indah jika terpapar sinar matahari.

Hal lain yang membuat wisata Kalimantan Utara satu ini wajib untuk dikunjungi adalah saat Anda datang ke Pantai Tanah Kuning, akan ada sambutan raman dari penduduk sekitar yang membuat kita semakin bersemangat untuk bermain – main di pantai.

3. Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu juga wajib untuk menjadi pilihan jika hendak bermain ke Pantai di Kalimantan Utara. Pantai ini memiliki makna Batu Timbul dan Tersusun ke arah laut. Batu yang dimaksud ini adalah batu yang tidak pernah tenggelam meski sedang pasang. Selain itu Pantai ini memiliki panorama yang indah dan pasir putih bersih yang memukau. Di tempat wisata ini biasa digunakan untuk camping, event, upacara pengibaran bendera, dan kegiatan lainnya. Berbagai aktivitas lain yang dapat dilakukan di Pantai Batu Lamampu adalah bakar-bakar ikan, berfoto, serta berenang.

4. Gunung Putih

Di Kalimantan Utara terdapat beberapa gunung yang memukau, salah satuny adalah Gunung Putih. Gunung ini memiliki keindahan alam yang alami. Selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa melihat relief – relief seperti pahatan seniman. Di Gunung Putih juga ada sungai kecil pada sisi gunung, bebatuan, panorama hijau yang tampak sangat indah, dan banyak hal lainnya. Wisata Kalimantan Utara satu ini diberi nama Gunung Putih karena gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih yang sangatlah indah.

Terdapat 2 titik utama di Gunung Putih, yaitu bagian puncak yang menawarkan pemandangan eksotik indahnya dan membuat kita akan sangat terpukau. Titik lainnya adalah Goa Gunung Putih yang berada di belakang lereng Gunung. Jika mau kesana, harus memakan waktu sekitar 10-15 menit dari teras Gunung. Selama perjalanan menuju Goa, kamu akan ditemani dengan pemandangan yang asri. Hal ini karena sisi dari gunung tersebut sama sekali belum terjamah tangan manusia.

5. Pantai Amal

Masih ada lagi Wisata Kalimantan Utara yang berupa Pantai, yaitu Pantai Amal. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik yang dari warga sekitar atau bahkan dari luar kota.

Saat sedang cerah, Pantai Amal akan menunjukkan keindahan alamnya secara jelas. Keindahan laut biru, pasir coklat yang dipadukan dengan langit biru dan pohon kelapa yang tumbuh tinggi di sekitaran Pantai membuat tempat ini sangat cocok untuk tempat refreshing. Selain menikmati pemandangan alam, di Pantai Alam kamu bisa menikmati berbagai makanan khas dari Kalimantan Utara.

6.Persemaian Inhutani

Nah, selanjutnya ada tempat wisata kalimantan utara terbaik yang berupa Hutan. Namanya adalah Persemaian Inhutani, tempat dimana memiliki suasana alam yang sangat nyaman dan juga menyejukkan mata yang melihanya. Saat berkunjung ke Persemaian Inhutani, Anda dapat menyegarkan kembali pikiran Anda dari beban sehari – hari.

Di sini kamu akan menemui tiga buah rumah sederhana yakni yang merupakan rumah para pengawas yang bertugas. Tepat di belakang rumah pengawas tersebut, terdapat 7 buah kandang satwa. Itu juga merupakan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berlibur di tempat ini .

7. Museum Rumah Bundar

Selanjutnya kami akan mengajak Anda untuk lebih tahu mengenai Museum Rumah Bundar. Ini merupakan Wisata Kalimantan Utara yang akan mengajak Anda untuk lebih mengetahui tentang sejarah.

Museum yang terbuka untuk umum ini berada di bangunan yang berbentuk seperti rumah pada umumnya, namun atapnya berbentuk setengah lingkaran. Bangunan ini dulu merupakan tempat tinggal tentara Australia setelah merebut kekuasaan dari Jepang. Namun Museum ini masih tergolong sepi pengunjung, mungkin karena koleksinya yang belum banyak.

8. Air Terjun Semolon

Air Terjun Semolon dikenal sebagai Wisata Kalimantan Utara yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Banyak juga wisatawan yang berdatangan ke tempat ini, baik untuk menikmati keindahannya atau ingin mencoba khasiat dari air terjun ini.

Obyek wisata air panas yang terletak di Desa Paking, Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara ini memiliki panorama yang masih tampak alami dan asri. Ada juga Cottage yang disediakan bagi wisatawan yang ingin menginap dan menikmati udara yang masih segar. Selain menikmat keindahan dan juga air hangatnya, ada aktifitas arum jeram sebagai daya tarik bagi pengunjung . Selain itu Air Terjun Semolon sering dijadikan sebagai tempat untuk sesi fotografi.

9. Penangkaran Buaya Juwata

Yang terakhir ada yang cukup menarik nih, Penangkaran buaya Juwata. Di tempat yang mulai beroprasi sejak tahun 1991 ini memiliki koleksi buaya dari berbagai wilayah di Kalimantan dan merupakan salah satu objek wisata unggulan dari Kota Tarakan.

Terdapat 4 jenis buaya yang ada di Penangkaran ini, yaitu Buaya Muara, Buaya Supit, Buaya Air tawar, dan Buaya Papua yang merupakan buaya yang dilindungi di Indonesia. Buaya – buaya di tempat ini dikembang biakkan untuk nantinya dimanfaatkan daging, gigi, kulit, dan berbagai material lainnya. Biasanya kulit buaya digunakan untuk keperluan ekspor yang kemudian diolah menjadi produk seperti dompet, tas, ikat pinggang, sepatu, dan masih banyak yang lainnya.

Dari 9 destinasi wisata menarik di daerah Kalimantan Utara ini, manakah yang menarik untuk Anda? Beberapa tempat wisata Kalimantan Utara ini masih tergolong sepi pengunjung, bisa dikarenakan kurangnya minat berwisata atau memang belum dikenal luasnya tempat wisata tersebut.

Oleh karena itu, mari kita lestarikan tempat wisata di Indonesia dengan cara menikmati liburan di Indonesia. Mari majukan pariwisata tanah air!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.