Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
10 Tempat Wisata di NTB Paling Hits yang Wajib Kamu Kunjungi!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tempat Wisata di NTB

daftar tempat wisata di ntb

Provinsi Nusa Tenggara Barat, atau NTB berada di timur Indonesia, tepatnya di tengah-tengah antara provinsi Bali dan Nusa tenggara Timur.

Jika membicarakan NTB, biasanya orang akan langsung membicarakan tentang Lombok. Memang tidak bisa dipungkiri kalau Lombok memiliki sejuta pesona yang tidak bisa di ragukan lagi. Namun banyak juga loh wisata NTB selain di Lombok!

Banyak tempat lainnya di NTB yang elok dan juga eksotif dengan pesona alamnya yang begitu indah di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nah, pada kesempatan kali ini Wonderful Indonesia akan memberikan rekomendasi objek wisata yang dapat kamu kunjungi ketika sedang berada di NTB.

10 Destinasi Wisata Menarik di Nusa Tenggara Barat

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah tempat wisata di daerah NTB yang merupakan satu-satunya Gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 Km dan lebar 2 Km, tempat ini berpopulasi sekitar 800 jiwa. Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai “Tîr na Nôg” mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya.

Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

2. Tanjung Ringgit

Destinasi Wisata yang ada di NTB ini menawarkan panorama alam yang sangat indah berupa tebing-tebing cadas dan curam yang menjadi pembatas langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga dari sini anda bisa melihat deburan ombak yang besar dan juga terhempas ke dinding cadas yang sangat indah disini.

Tanjung ringgit adalah tempat liburan di NTB yang masih jarang dikunjungi. Bahkan jarang juga orang mengetahui kawasan wisata satu ini, jadi tidak heran kalau tempat ini masih sangatlah asri dan mampu memberikan kesejukan, kenyamanan dan kedamaian kepada setiap pengunjung yang datang kesini.

Panorama alam yang menakjubkan akan membuat anda tidak menyesal meski harus menempuh perjalanan dengan akses yang sangat sulit untuk dapat dijangkau. Pemandangan di sini sangatlah mampu membuat para wisatawan terpukau karnanya.

Di Tanjung Ringgit terdapat panorama alam berupa tebing-tebing cadas dan curam yang menjadi pembatas langsung dengan samudera Hindia.

3. Gunung Rinjani

Bagi seorang pendaki, biasanya mereka tidak akan merasa puas sebelum pernah mendaki gunung Rinjani. Gunung berapi di pulau Lombok ini cukup populer di kalangan pendaki. Dengan tinggi mencapai 3.726 mdpl, Rinjani menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Gunung ini memiliki makna yang sakral. Gunung Rinjani adalah gunung yang sangat di hormati oleh masyarakat setempat karena diyakini sebagai pusat kosmos dan simbol spiritualitas.

Gunung ini juga dipercaya merupakan pusat dari keharmonisan kehidupan, serta kelestarian dan keseimbangan lingkungan.

4. Gunung Tambora

Tempat wisata di NTB Selanjutnya ada Gunung Tambora. Kaldera Gunung Tambora merupakan kaldera gunung api yang tergolong salah satu kaldera terbesar di dunia. Untuk menuju kaldera atau puncak Gunung Tambora, pendaki dapat melalui empat pintu masuk yaitu jalur pendakian Piong (Kore),  jalur pendakian Kawindato’i di Kabupaten Bima atau dapat melalui jalur pendakian Doro Ncanga dan jalur pendakian Pancasila di Kabupaten Dompu.

Kaldera Tambora saat ini menjadi objek wisata di NTB yang menarik khususnya bagi wisatawan yang senang berpetualang. Kegiatan yang dapat dilakukan di kaldera tersebut antara lain hunting foto, pengamatan aktivitas gunung api baru Doro Api Toi pada dasar kawah dan lain-lain.

5. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak, selain memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya, para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas lain selain berfoto dan duduk untuk menikmati keindahan alamnya. Wisatawan dapat memancing beragam jenis ikan yang ada di Danau tersebut. Ada ikan Nila, Mujair, dan juga ikan mas. Ikan-ikan ini ada di Danau tersebut berkat pembibitan yang dilakukan pemerintah setempat pada tahun 1985. Di Danau ini juga memiliki sirkulasi air yang baik, jadi sangat mendukung pembibitan tersebut.

Jika ingin, wisatawan dapat berkemah di Danau Segara Anak. Di tempat ini memang terdapat beberapa titik yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda.

Di tempat ini juga terdapat beberapa sumber air panas yang biasa di gunakan oleh pendaki yang mampir untuk mencelupkan kaki atau bahkan berendam.

6. Taman Narmada

Selanjutnya ada Taman Narmada yang selain menyajikan pemandangan yang menawan. Narmada sendiri diambil dari nama sungai Gangga di India, yang memiliki mata air atau sumber kehidupan.

Hal lain yang menarik dari wisata NTB ini adalah adanya Air awet muda. Pada umumnya pengunjung akan berdoa di tempat ini untuk meminta kehidupan yang lebih baik. Doa yang dilakukan tidak memerlukan ritual atau semacamnya, pengunjung dapat berdoa sesuai dengan agama masing-masing.

Taman ini didirikan pada tahun 1727 untuk tempat peristirahatan dan pemujaan raja pada musim kemarau. Tempat ini juga sering digunakan tempat upacara untuk umat Hindu.

7. Pantai Pink

Pink Beach merupakan salah satu pantai di Lombok yang namanya mulai tersohor. Sesuai dengan namanya, Pantai Pink memiliki pesona unik berupa pasirnya yang berwarna merah mudah atau Pink. Warna ini tercipta karena pasir di Pantai ini tercampur dengan serpihan karang merah yang sudah mati. Hal itu membuat warna Pink di Pantai ini terlihat sangat natural.

Fenomena bionogis inilah para pelancong menyebut pantai ini sebagai Pink Beach Lombok. Kamu bisa berkunjung ke tempat wisata di NTB ini untuk menikmati pemandangan laut bersama anggota keluarga atau teman kamu.

8. Pantai Kuta

Biasanya Pantai Kuta identik dengan Bali. Namun Pantai Kuta ini berbeda dengan yang berada di Bali, tapi sama-sama memiliki pemandangan yang sangat memanjakan mata. Jika Pantai Kuta di Bali sudah sangat indah, Pantai Kuta di Lombok ini jauh lebih mempesona. Pantai Kuta Lombok memiliki pasir yang bersih dan putih, garis pantai lebih bergelombang, serta jajaran terumbu karang yang sehat.

Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika. Jika Anda mencapai puncak Bukit Mandalika, Anda akan menemui pemandangan Pantai Kuta yang terbentang indah, dengan air lautnya yang bening. Bahkan Anda juga bisa melihat gugusan terumbu karangnya.

9. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa adalah pulau yang menjadi salah satu tempat wisata di NTB yang sangat indah, bahkan jika hanya dilihat dari foto, orang akan meragukan jika Pulau seindah ini ada di NTB, bahkan mungkin meragukan kalau Pulau ini ada di Indonesia. Perpaduan hamparan padang savanna yang membentang, birunya Samudera Hindia yang tidak memiliki batas, serta tebing karang yang berlapis-lapis dengan warna keemasan, membuat orang akan berpikir itu dari belahan dunia lain.

Wisata NTB ini seakan merupakan surga tersembunyi yang berada di NTB. Namun karena aksesnya yang cukup sulit untuk dicapai, Pulau Kenawa masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

10. Pulau Moyo

Terakhir ada pulau Moyo yang masih masuk ke dalam wilayah Sumbawa, NTB. wisata menarik di NTB ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan juga pantai dengan air yang biru serta pasir yang putih. Suasana yang tenang menjadi daya Tarik yang sangat menggoda, bisa menjadi tempat yang cocok untuk menenangkan pikiran yang sedang jenuh.

Fasilitas yang ada di tempat wisata NTB ini tidak kalah dari tempat lain.

Kesimpulan

Mungkin 10 tempat wisata menarik di NTB di atas tidaklah cukup jika kamu ingin terus mengulik lebih jauh tempat-tempat wisata NTB. Tetapi dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, kamu sudah membantu memajukan pariwisata di Indonesia!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.