Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
10 Tempat Wisata di Palangkaraya Terbaik Untuk Liburan Keluarga!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

Tempat Wisata di Palangkaraya

daftar tempat wisata di palangkaraya

Palangkaraya adalah sebuah kota yang sekaligus merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Tengah. Kota yang memiliki luas wilayah 2.400 Km2 ini merupakan sebuah kota indah dengan beragam budaya dan keindahan alam yang mengelilinginya menjadikannya memiliki banyak tempat destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Palangkaraya tidak kalah jauh menarik dengan tempat wisata lain yang ada di Indonesia. Wilayahnya luas dan masyarakatnya multikultural. Wisata Palangka Raya sekitarnya juga beragam.

Oleh karena itu kami sudah memilihkan beberapa tempat wisata di Palangkaraya yang bisa kamu jadikan destinasi wisata yang menarik di Pulau Borneo ini.

10 Destinasi Wisata Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Pernahkah kamu terpikirkan untuk menyusuri sungai di pedalaman hutan seperti di Amazon? Tidak perlu jauh – jauh ke sana. Kamu bisa datang ke Taman Nasional Tanjung Puting. Di sana terdapat lokasi rehabilitasi orang utan di Tanjung Harapan, , Pondok Tanggui, Camp Pondok Ambung, dan Camp Leakey. Selain itu kamu juga bisa sambil menjelajah Sungai Sekonyer.

Saat berwisata ke Taman Nasional Tanjung Putting ini, kamu bisa memilih paket tinggal selama 3 hari 2 malam. Selama 3 hari 2 malam itu kamu akan tinggal di perahu kelotok, atau yang merupakan perahu tradisional Kalimantan. Terdapat dasilitas yang cukup lengkap di perahu Kelotok itu, yaitu ada kamar timur, kamar mandi, dapur, ruang makan, bahkan ada viewing deck. Selama 3 hari 2 malam itu, pemandu akan membagi pengetahuan tentang kehidupan dari orang utan dan juga habitatnya,. Selain itu kamu juga dapat melihat bekantan, kera yang memiliki hidung besar yang khas.

2. Jurung Tiga Nature Park

Jurung Tiga Nature Park merupakan sebuah Hutan yang belum lama diubah menjadi tempat atraksi wisata yang kini menjadi tempat hiburan menarik bagi masyarakat di Pangkalan Bun.

Berbagai fasilitas dibangun pengelola di tempat ini, seperti lahan untuk berkemah, rumah pohon, dan juga jalur trekking. Pihak pengelola juga menyediakan sepeda dan juga ATV untuk pengunjung berkeliling di objek wisata Palangkaraya ini.

Meski merupakan sebuah tempat wisata yang belum lama dibuka, wisata Palangkaraya ini sudah ramai oleh pengunjung. Banyak pengunjung yang datang dan berfoto ria, bahkan ada yang melakukan sesi foto prewedding di tempat ini.

Harga tiket masuk ke Jurung Tiga Nature Park ini sebesar Rp10.000/orangnya.

3. Gunung Usung

Kabupaten Murung Raya merupakan daerah yang berada di sekitar Palankaraya. Meski kamu mungkin tidak pernah mendengar nama daerah ini, bukan berarti daerah ini merupakan daerah yang tidak berkembang. Bisa dikatakan daerah ini merupakan merupakan kota industri di Kalimantan Tengah, karena banyak tambang emas dan batu bara yang berpusat di sini.

Di Murung Jaya juga ada sebuah destinasi wisata, yaitu Gunung Usung. Meski bukan benar – benar merupakan gunung, melainkan sebuah bukit, mendaki bukit ini juga akan menantang adrenalin kamu. Selain memiliki medan yang terjal, medannya juga cukup berat serta dipenuhi dengan semak belukar.

Namun meski demikian, itulah yang biasa di cari oleh para pendaki yang didominasi oleh anak muda yang gemar untuk menghabiskan akhir pekan mereka di sana. Hal yang diincar adalah pemandangan memukau yang ada di atas bukit. Apa lagi saat menunggu matahari terbit, lalu melihat sungai Barito yang membentang dengan indahnya.

4. Air Terjun Tosah

Masih dari Murung Jaya, ada wisata kota Palangkaraya berupa Air Terjun indah yang sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Bahkan tempat ini seakan belum pernah dijamah tangan manusia sama sekali. Sebenarnya ada banyak air terjun yang berada di daerah ini, seperti Air Terjun Diggie 2, Epat Lime, Babuat, Puruk Kawuk, Lopus 2, dan masih banyak lagi. Medan untuk menjangkau tempat – tempat ini memang cukup sulit, jadi tak banyak orang yang ke sana.

Namun jika kamu sudah di Murung Raya, jangan ketinggalan untuk mampir ke Air Terjun Tosah. Jarak air terjun ini cukup dekat dengan pusat kota, jadi lumayan populer di kalangan masyarakat sekitar.

Di Air terjun setinggi 15 meter ini terdapat sebuah kolam alami yang berundak. Sungguh pemandangan indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Harga tiket masuk ke Air Terjun Tosah adalah sebesar Rp10.000.

5. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di antara kota Palangkaya dengan Kasongan. Di bukit yang tingginya mencapai 500 meter ini, terdapat sebuah biasa pertapaan Karmel, bangunan Pura Hindu Kaharingan, dan Pura Sali Paseban. Ketiga tempat ini saling berdekatan dan memberikan kesan yang sangat mententramkan hati.

Selain itu bukit ini menawarkan pemandangan hamparan perbukitan hijau yang cocok untuk menjadi tempat trekking dan menyegarkan pikiran.

6. Jembatan Kahayan

Jika kamu hendak menjelajah Palangkaraya, kamu bisa mulai dari wisata Palangkaraya satu ini. Jembatan Kahayan adalah sebuah jembatan yang membentang di atas Sungai Kahayan. Dari jembatan yang memiliki panjang 640 meter dan lebar 9 meter ini kamu dapat melihat kehidupan dari masyarakat asli Kalimantan Tengah. Mereka masih sangat bergantung kepada Sungai.

Selain jembatan ini, kamu bisa mampir ke Taman Pasuk yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam, tentunya dengan pemandangan Jembatan Kahayan yang tampak megah.

Seain itu di Taman Pasuk kamu bisa menemukan sebuah masjid mewah dengan kubah kerucut dan tugu Soekarno yang merupakan penanda bahwa Soekarno sejak tahun 1957 sudah mempertimbangkan akan menjadikan Palangkaraya sebagai alternatif Ibu Kota bagi Indonesia.

7. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang

Jika kamu mengunjungi Kalimantan Tengah tanpa melihat rumah adat Dayak, perjalan kamu akan terasa kurang lengkap. Dari sekian banyak rumah adat ‘Betang’ yang tersebar di berbagai daerah, tetapi di tempat inilah Replika ini dibangun dan dirawat untuk di jadikan wisata Palangkaraya.

Selain itu rumah adat ini juga menjadi tempat untuk diadakan berbagai event seperti upacara adat, event kesenian, dan pertunjukan tari adat yang sering dilakukan oleh masyarakat pasir panjang.

Rumah Betang adalah rumah panggung yang cukup besar dan biasanya dapat menampung hingga 6 keluarga Dayak. Rumah adat ini memiliki filosofi, yaitu agar ada hbungan kekerabatan yang kuat antar keluarga. Namun setiap keluarga tetap memiliki ruang – ruangnya sendiri. Bahkan dapur antar keluarga juga juga terpisah.

Saat malam hari, masyarakat Dayak asli yang tinggal di rumah ini akan memasukkan tangga bagian depan rumah mereka. Hal itu karena merka masih meyakini keberadaan ‘Ngayau’ atau hantu tanpa kepala yang sering memasuki rumah Betang.

8. Danau Tahai dan Nyaru Menteng

Danau Tahai adalah danau yang cukup unik, karena airnya berwarna merah. Warna merah yang ada di danau ini disebabkan oleh akar – akar pohon gambut. Pada sekeliling danau, terdapat jembatan kayu dan juga rumah – rumah terapung yang bernama Rumah Lanting.

Untuk memasuki Danau Tahai ini kamu harus merogoh kohcek sebesar Rp5000 untuk tiket masuknya.

9. Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng

Nah, tak jauh dari danau Tahai, terdapat sebuah destinasi tempat wisata yang merupakan sebuah penangkaran orang utan, yaitu Nyaru Menteng. Nyaru Menteng merupakan sebuah penangkaran orang utan yang dimiliki oleh Yayasan Borneo Orang Utan Survival.

Selain dapat melihat orang utan secara langsung, habitat di tempat ini juga masih asri. Selain itu kamu juga bisa berinteraksi dengan orang utan yang ada di penangkaran ini.

10. Pantai Teluk Bogam

Tempat wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah yang terakhir akan kami bahas adalah Pantai Teluk Bogam. Sebuah pantai yang eksotis dengan keunikannya. Pantai ini terletak pada hamparan pasir putih yang berada di tengah laut. Biasanya para wisatawan datang menggunakan perahu Kelotok untuk mengunjungi wisata Palangkaraya ini.

Agak jauh dari lepas pantai, terdapat sebuah kawasan dimana Dugong mencari makan. Siapa tahu kamu cukup beruntung untuk dapat melihat aktivitas dari makhluk lucu satu ini.

Mungkin wisata Palangkaraya masih sangat mengandalkan alam, namun bagi kamu yang belum pernah mencobanya, jelajah alam merupakan suatu aktivitas yang wajib untuk dicoba.

Apakah beberapa wisata Palangkaraya Kalteng ini membuat kamu ingin berlibur ke Kalimantan Tengah?

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.