Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker onlinesbobet88
10 Tempat Wisata di Papua Dengan Keindahan Alam Terbaik!
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.

10 Tempat Wisata di Papua Dengan Keindahan Alam Terbaik!

daftar tempat wisata terbaik di papua

Menyusuri tempat wisata di Papua tentu menjadi pengalaman paling seru bagi para pecinta alam. Papua dan Papua Barat merupakan dataran terlapang di Indonesia. Dengan luas mencapai 421.981 km2, terdapat banyak gunung, danau, sungai, air terjun, lembah, dan pastinya banyak pemandangan yang memukau dan banyak yang belum terjamah sama sekali oleh tangan manusia.

Belum lagi ada pulau – pulau kecil dengan pantai yang memesona, membuat siapa pun yang melihatnya ingin untuk menjelajah di sana. Ada banyak sekali tempat wisata Papua, bukan hanya Raja Ampat saja.

Lalu untuk kamu yang ingin menjelajah tanah mutiara hitam ini, mau tahu ada apa saja? Berikut ini adalah ulasan mengenai wisata Papua yang wajib untuk disimak. (Baca Juga: Makanan Khas Enak Dari Papua)

1. Danau Uter

wisata air di papua

Danau Uter, atau biasa masyarakat kadang menyebutnya sebagai danau cermin. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pada waktu – waktu tertentu kamu dapat ercermin di permukaan air danau yang sangat jernih. Bahkan ada waktu dimana air ini menjadi tembus pandang, sehingga kamu dapat melihat kehidupan bawah air di Danau Uter ini.

Danau Uter ini masih tergolong sepi karena memang belum banyak yang mengetahui mengenai Danau ini. Tempat wisata di sini juga tidak dikelola secara resmi, hanya warga sekitar yang kadang mengelolanya.

Danau Uter berlokasi di Aitinyo, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

2. Danau Habema

wisata alam di papua

Selain memiliki gunung tertinggi di Indonesia, Papua juga memiliki Danau tertinggi yaitu Danau Habema. Saat sedang singgah ke Wamena, kamu harus mengunjungi Danau Habema ini. Berada pada ketinggian 3,225 mdpl, saat tiba di Danau ini kamu akan disambut dengan burung – burung eksentrik yang mungkin hanya bisa kamu temukan di Papua.

Selain itu Danau Habema dipenuhi dengan tanaman perdu serta kabut yang membuat suasana di tempat ini semakin tampak syahdu. Selain itu dari gunung ini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Trikora yang semakin menambah nilai keindahan yang ada.

Danau Habema berlokasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

3. Lembah Baliem

lembah baliem

Lembah Baliem merupakan lembah di Gunung Jayawijaya yang memiliki suhu rata-rata 10 – 15 derajat di malam hari. Meskipun merupakan lembah, tapi tempat wisata ini berada di  ketinggian 1600 mdpl dan dikelilingi dengan pegunungan papua. Hal itu membuat tempat ini sangat sejuk. Lembah Baliem sendiri adalah tempat tinggal bagi beberapa suku asli Papua, seperti suku Yali, Lani, dan Hubula.

Pada setiap bulan Agustus, terdapat sebuah festival budaya Lembah baliem yang diadakan untuk memperkenalkan wisata Jayawijaya dan juga memperlihatkan atraksi dari kolosal perang antarsuku yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ada juga pertunjukan alat musik tradisional, atraksi memasak, permainan anak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lembah Baliem terletak di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

4. Danau Paniai

Di Papua memang terdapat banyak danau – danau indah yang wajib dikunjungi sebagai wisata menarik di Papua. Danau Paniai sendiri pada tahun 2007 dinobatkan sebagai danau terindah di dunia. Hingga kinipun keasrian dari danau ini tetap terjaga meski sebenarnya banyak masyarakat yang tinggal di sekitar danau ini. Seakan membuktikan mereka mampu untuk menjaga Danau Paniai agar tetap asri.

Jika kamu ingin memandangi pemandangan indah danau ini, kamu dapat menuju ke bukit di desa Enarotali. Tempat ini adalah yang paling pas untuk bisa memandangi keindahan danau seluas 14.500 hektar ini.

Danau Paniai berlokasi di Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua.

5. Teluk Cenderawasih

wisata pantai di papua

Kamu suka menyelam? Ingin melakukan wisata air? Nah, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di daerah Papua Barat. Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional laut terluas di Indonesia. Dengan luas yang mencapai 1,453,500 hektar, tak kurang dari 18 ribu pulau dapat kamu temui di Teluk Cenderawasih. Terdapat juga lebih dari 500 spesies karang yang siap memanjakan mata kamu saat snorkeling atau diving di sini.

Tempat ini juga merupakan rumah bagi Hiu Paus yang jinak. Bahkan warga sekitar sudah terbiasa bercengkrama dengan makhluk laut yang satu ini. Selain itu kamu juga bisa diving bersama dengan spesies mamalia ini, loh! Berani melakukannya?

Teluk Cenderawasih berlokasi di distrik Sobey Indah, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

6. Gunung Carstenszc (Puncak Jaya)

gunung emas di papua

Mungkin kamu lebih suka tempat wisata mendaki gunung? Pasti akan sangat belum lengkap jika belum mencoba mendaki gunung Cartensz di Papua yang masuk kedalam 7 puncak tertinggi di dunia. Untuk kamu yang masih awam dalam mendaki gunung tidak diperuntukan untuk menaiki gunung yang diselimuti dengan salju abadi ini.

Selain cuacanya yang ekstrem, biaya untuk mendaki gunung ini sangatlah mahal karena perlengkapan yang dibutuhkan tidaklah main – main. Namun jika memang tujuan kamu adalah untuk bisa menaklukan Gunung ini, kami harap hasratmu akan terbayarkan saat telah mencapai puncaknya.

Gunung Cartenszc berlokasi di Desa Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

7. Air Terjun Bihewa

wisata air terjun di papua

Tempat wisata di bagian timur Indonesia bukan hanya Danau dan Pegunungan, di Papua juga terdapat air terjung yang indah. Memang membutuhkan effort yang luar biasa untuk bisa melihat air terjun ini karena akan ada sedikit ‘Trekking’ saat hendak menuju ke air terjung Bihewa ini.

Namun sepanjang trekking kamu akan disambut dengan berbagai pohon besar yang masih asri dan rindang. Jalan yang dilalui juga agak terjal dan licin, jadi kamu harus bisa berhati – hati. Setelah tiba di air terjung Bihewa ini kamu dapat menceburkan diri dan menikmati bersihnya air di sini. (Baca Juga: Informasi Rumah Adat Papua)

8. Danau Love

Sepertinya Papua memang memiliki banyak sekali destinasi wisata berupa danau. Danau kali ini cukup unik, diberi nama Danau Love karena bentuknya yang memang menyerupai hati. Danau love merupakan tempat wisata di papua yang paling baru mendapatkan nominasi sebagai salah satu nominasi Destinasi Baru Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Danau Love sendiri memiliki danau serta bukit yang akan memanjakan mata dan pikiran. Jika kamu hendak mengunjungi danau ini, waktu yang paling cocok untuk mengunjunginya adalah waktu sore hari, saat menjelang matahari terbenam. Suasananya akan menjadi terasa romantis!

9. Gunung Botak

Gunung Botak adalah gunung yang menempel langsung dengan laut lepas dan terletak di Manokwari Selatan. Kenapa diberi nama Gunung Botak? Ini karena Gunung satu ini tidak memiliki pepohonan tinggi, hanya ada bebatuan dan rerumputan yang justru malah semakin menarik minat pengunjung.

Dari ketinggian, kamu dapat melihat Samudera pasifik. Pemandangan yang disajikan akan membuat kamu kehabisan kata – kata, karena memang sangatlah indah.

Gunung Botak berlokasi di Yekwandi, Manokwari Selatan, Papua Barat.

10. Taman Nasional Lorentz

wisata taman nasional lorentz papua

Tempat wisata di Papua terakhir yang akan kami rekomendasikan adalah Taman Nasional Lorentz yang akan membuat kamu tidak henti – hentinya kagum dengan keindahan yang ada di sini.

Taman Nasional Lorentz terbentang di 4 wilayah. Yaitu Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Marauke, dan juga kaupaten Fak – Fak.

Tempat wisata ini sangatlah luas, yaitu mencapai 2,4 juta hektar. Oleh karena itu Taman Nasional ini ditetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia tenggara.

Hal unik lain dari Taman Nasional Lorentz ini adalah adanya gletser di daerah tropis.

Saat kamu kesini, tidak perlu pusing untuk mencari tempat terbaik untuk menikmati tempat ini karena dari sisi manapun, dijamin pemandangan alam dan juga keanekaragaman hayati yang dapat membuat kamu semakin mencintai alam dan keindahannya.

Kesimpulan

Jadi tahukan kalau tempat wisata di Papua bukan hanya Raja Ampat saja? Mengeksplorasi Papua bisa membuat kamu mendapatkan kepuasan tersendiri. Selain itu bisa membuat kita bersyukur dengan nikmat yang sudah tuhan berikan melalui ciptaannya.

Semoga informasi mengenai tempat wisata Papua ini membantu kamu dalam menemukan informasi yang di cari, selamat berliburan!

Avatar
Anggita Dewi Saya sangat suka dengan keberagaman budaya dan seni yang ada di Negara Indonesia.