Daftar Slot Onlinejoker123esports indonesiaSBOBETpoker online
52 Wisata Alam di Bali Terbaik dan Mempesona Untuk Liburan

Wisata Alam di Bali

tempat wisata alam bali

Bali yang terkenal dengan wisata alamnya, ternyata bukan Cuma punya pantai yang indah nan menakjubkan loh sobat. Mereka juga punya destinasi tempat liburan di alam terbuka lainnya yang juga patut kita lirik.

Beberapa diantaranya ada pura, pegunungan, danau, air terjun, dan lain-lain.

52 Tempat Wisata Alam di Bali Yang Wajib Kalian Kunjungi

Selain itu, keindahan alam pulau Bali berpadu dengan kreativitas dan karya seni masyarakat Bali. Walaupun pulau ini tidak sebesar pulau Jawa, tetapi Bali memiliki begitu banyak tempat wisata dan aktivitas liburan seru di alam yang tidak dapat dikunjungi.

Lalu, apa saja ya rekomendasi tempat wisata alam di Bali tersebut?  yuk simak ulasannya dibawah ini.

1.Lembongan

Lembongan

Mau snorkeling, diving, atau surfing, bisa banget di Lembongan. Atau sekedar menghindar dari ramainya Bali Selatan, juga bisa di sini. Di sela kesibukan bertualang kamu, jangan lupa ambil foto. Pasang mata baik-baik karena laut surut aja bisa jadi cantik di Lembongan.

2.Pura Ulun Danu Beratan (Bratan)

Pura yang terletak sekitar 56 kilometer dari Kota Denpasar ini bukan semata memiliki nuansa religius.

Pura Ulun Danu Beratan yang letaknya di kawasan Danau Bratan juga menawarkan panorama yang cantiknya bukan main. Cocok untuk kamu menghirup udara segar karena lingkungan yang asri, sekaligus hunting foto untuk mengisi feed media sosialmu.

Kamu juga bisa menikmati rekreasi air di Danau Bratan seperti naik speedboat, perahu tradisional bernama jukung, dan sepeda air bebek.

3.Desa Munduk

Objek wisata alam di Bali satu ini sering disebut sebagai “Desa di Atas Awan” versi Bali. Pasalnya, letak desa ini di ketinggian kurang lebih 900 mdpl.

Desa yang terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini menawarkan panorama hamparan perkebunan kopi, teh, dan cengkih. Cocok untuk kamu yang ingin mengeluarkan racun pikiran dan melonggarkan dada yang sesak dengan hawa sejuk khas dataran tinggi.

Selain pemandangan perkebunan, di desa ini juga ada air terjun menawan. Namanya air terjun Melanting. Ketinggiannya mencapai 20 meter dan memiliki air terjun yang deras. Bisa nih buat main air untuk merefreshkan pikiran.

4.Danau Buyan Managiri

Danau yang terletak di Buleleng ini menjadi incaran banyak orang karena pesonanya yang instagrammable banget. Terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada., danau bernama Buyan Wanagiri ini memiliki spot anjungan yang mirip kapal laut ala Titanic.

Ada juga ayunan yang tergantung diantara pohon besar. Saat berfoto di sini, kamu akan mendapat background foto hamparan Danau Buyan serta rimbunan pohon yang sejuk banget.

5.Persawahan Jatiluwih

Persawahan Jatiluwih memiliki Tatanan yang berteras atau berundak khas Bali memberikan nuansa pedesaan yang asri dan menentramkan. Jauh dari kebisingan kota.

Untuk mengelilingi Jatiluwih, kamu bisa naik sepeda atau mobil Volkswagen yang banyak disewakan penyedia jasa tour di sana.

Selain persawahan, di Jatiluwih ini kamu juga bisa menemui pura, rumah warga, dan pemandangan sungai. Jangan lupa juga mampir ke rumah makan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan logistikmu. Biar kamu semakin semangat jalan-jalan mengelilingi persawahan ini.

Persawahan ini letaknya masuk wilayah Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 50 kilometer atau sekitar 1 jam 45 menit perjalanan mobil dari Kota Denpasar menuju utara.

6.Air Terjun di Desa Sambangan

Desa Sambangan, desa yang memiliki 4 air terjun ini disebut-sebut sebagai surganya air terjun. Ada Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kroya, Air Terjun Aling-aling, dan Air Terjun Cemara.

Air Terjun Pucuk di Sambangan memiliki ketinggian 16 meter. Selanjutnya, Air Terjun Kroya dengan ketinggiannya 12 meter yang punya seluncuran alami dari bebatuan yang menantang sekali.

Di sisi lain, ada tebing dengan ketinggian 5 meter. Dari sinilah kamu bisa melompat dengan aman.

Air Terjun Aling-aling dengan ketinggian 32 meter siap memacu adrenalinmu. Pemandangannya juga tak kalah keren. Apalagi dengan dikelilingi pepohonan hijau, bikin kamu bernapas lega liburan di sini.

7.Pura Taman Saraswati

Saat berkunjung ke pura ini, kalian diwajibkan menghormati tempat ibadah umat Hindu ini dengan mengenakan selempang dan sarung. Tetapi, di Pura ini kalian tidak dipungut biaya masuk sepserpun. Kalian juga bisa berkunjung pada hari apapun, mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Disini kalian bisa berfoto dengan arsitektur  Bali dan teratai di atas air yang ada di kanan kiri jalan setapak masuk ke Pura. Kamu juga bisa menyaksikan pementasan Tari Kecak di pura yang dibangun oleh seniman terkenal asal Ubud, I Gusti Nyoman Lempad ini.

Biasanya pertunjukan dimulai pukul 19:30 WITA hingga selesai. Namun, hanya hari tertentu saja kamu bisa menontonnya, yakni Selasa dan Kamis.

Kalau menonton Tari Kecak, per orang dikenakan tiket sekitar Rp 75.000. Namun besarnya nominal tiket ini bisa saja berubah sewaktu-waktu

8.Desa Panglipuran

Tempat wisata alam di Bali ini sering dijadikan lokasi syuting FTV loh. Desa ini juga berhasil menyabet predikat desa terbersih di dunia, bersanding dengan Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.

Desa Penglipuran memang cocok mendapatkan predikat tersebut karena masyarakatnya bersama-sama menjaga kelestarian, keasrian, dan keindahan lingkungan desa. Hal ini membuat desa tersebut memiliki tatanan yang apik dan bersih.

9.Anjungan Wanagiri di Danau Buyan Tamblingan

Wisata yang terletak di Dusun Asih Panji, Desa Wanagiri, Kecematan Sukasa, Buleleng diresmikan sejak 2016. Di sini terdapat anjungan berbentuk kapal, yang memang disediakan untuk para wisatawan berfoto.

Jika dilihat sekilas anjungan ini mirip dengan kapal ‘Titanic’. Kamu juga akan melihat keindahan alam Danau Buyan yang begitu menakjubkan. Cocok banget nih buat kamu yang doyan foto.

10.Danau Batur

Danau Batur Kintamani berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kintamani dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bangli.

Di sini, kamu akan disuguhi danau dengan luas mencapai 16 kilometer persegi. Danau ini dikenal sebagai danau terbesar yang ada di Bali. Kamu bisa memburu pemandangan sunset atau sunrise, dijamin bagus banget. Banyak yang bilang, jika ke sini, rugi kalau kamu nggak mendapatkan salah satu foto tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa bersantai di Batur Natural Hot Spring atau sumber air panas Batur. Untuk bisa berendam di wisata alam murah di Bali ini, kamu harus membayar Rp 60.000.

11.Pura Tirta Empul Tampak Siring

Tampak Siring merupakan salah satu destinasi wisata alam di Bali yang banyak diburu pengunjung. Berada di Kabupaten Gianyar, Bali kawasan ini begitu indah dan menakjubkan.

Disini terdapat mata air yang digunakan masyarakat Bali, terutama yang beragama Hindu untuk pemandian dan memohon tirta suci.

12.Pura Besakih

Pura besakih ini merupakan tempat sembahyang para umat Hindu di Blai. Pura ini merupakan pura terbesar di Indonesia. Jika ke sini, kalian akana melihat betapa indah dan megahnya tempat ini. Kalian bisa mengabadikan momen dengan latar belakang Pura disini.

13.Air Terjun Tukad Cepung

Suasana di air terjun ini tarasa seperti alam bebas, kalian tak hanya sekedar bisa menikmati air terjunnya saja, namun bisa memanjati tebing. Kawasan ini masih sangat asri.

14.Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida

Air terjun ini berada jauh dari pinggir tebing. Sehingga kalian bisa berenang dan menikmati ketenangan air yang mengalir. Tempat ini juga bagus untuk kalian megabadikan moemn.

15.Bali Underwater Scooter

Ini merupakan wisata yang tak biasa. Mungkin sebagian dari kamu belum pernah mendengarnya. Namun inilah keindahan dari Bali. Underwater Scooter ini, layaknya kapal selam.

Kamu bisa mengendarai skuter ini di dalam air dan menikmati keindahan bawah air. Selain seru, kamu akan mendapat foto yang nggak biasa lho, pasti sangat menarik jika kamu mempostingnya di Instagram.

Saat kamu naik skuter ini, kamu cukup duduk dan bernapas dengan normal, karena helm yang dipasangkan, berfungsi sebagai pelindung serta agar kamu bisa bernapas. Skuter ini melaju dengan kecepatan 2 km/jam dan bisa menyelam hingga 20 meter.

16.Zen Hideaway

Di daerah Ubud, terdapat salah satu ayunan yang cukup ekstrem. Ayunan ini jika bakal membuat kamu berasa terbang. Zen Hideaway, merupakan satu kawasan yang bisa memberikan ketenangan bagi pengunjungnya. Kamu akan merasa nyaman berada di kawasan ini.

17.Hidden Canyon, Beji Guwang

Hiden Canyon Beji Guwang ini memilliki panorama alam yang begitu eksotis, terletak di Jalan Sahadewa, Kabupaten Gianyar, Bali ini merupakan kawasan wisata alam yang diincar para turis lho. Ya wajar saja, kawasannya masih begitu asri serta keindahan pemandangan alamnya yang memanjakan mata.

18.Sharma Springs Bamboo

Villa Bali ini bisa menjadi pilihan jika kamu hanya ingin bersantai dan jauh dari bisingnya kota. Meski hanya stay di sini dan gak kemana-mana, tetap akan membuat kamu jauh lebih fresh.

Suasana alam yang ditawarkan sangat membantu dalam mengobati stres atau lelah pikiran. Cukup pilih stau tempat saja, maka kamu akan mendapatkan ketenangan.

19.The Secret Garden

Untuk menuju ke sini kamu harus berjuang sedikit ya. Pasalnya trek yang akan kamu lalui cukup sulut dan menantang. Namun tenang saja, kelelahan kamu akan terbayar ketika kamu sampai ditujuan. Benar-benar menakjubkan, tempat ini seperti surga yang tersembunyi.

20.Nusa Ceningan

Nusa Ceningan ini disebut-sebut sebagai maldives nya Indonesia loh. Selain karena pantainya yang bersih, juga lautnya yang indah. Tak heran tempat ini dijadikan tempat wisata alam terbaik di Bali.

21.The Chedi Club

Ini merupakan salah satu resort mewah di Bali. Memang cukup menarik, kalian bisa menikmati berbagai makanan lezat di sini, bisa makan dipinggir sawah, bahkan makan diatas balon udara.

Tarif untuk sekali makan diatas balon udara adalah 2,1 juta, itu sudah terhitung pagi dan siang.  Harga bisa berubah kalau kalian ingin makan malam diatas balon udara tersebut.

22.Lembah Tukad Melangit

Tempat ini menyajikan panorama alam yag asri dan sejuk. Banyak wisatawan yang tertarik untuk datang karena tempat ini instagrammable banget.

23.Kebun Raya Bedugul

Kawasan indah satu ini berada di Bedugul, Kabupaten Tabanan, Bali. Kebun Raya ini cocok banget buat kalian yang suka foto dengan latar pemandangan alam yang indah. Tempat yang sejuk dan asri membuat kamu nyaman berada di sini.

24.Bukit Campuhan

Kamu bisa memilih Bukit Campuhan jika menginginkan liburan yang menantang. Di sini kamu bisa menjelajahi bukit Campuhan dengan mengikuti jalur tracking yang sudah disediakan. Pesona alam sekitarnya juga bisa kamu jadikan salah satu tempat untuk kamu mengabadikan momen.

25.Padang Bunga Kasna

Tempat ini terletak di daerah Temukus, Karangasem, Bali. Kalau ke sini kamu akan takjub dengan pemandangan bunga Kasna yang begitu indah. Benar-benar eksotis. Tak hanya satu jenis bunga saja bisa kamu jumpai di sini, melainkan banyak jenis bunga, termasuk bunga Edelweiss. Kalau ke sini jangan lupa foto, karena hasilnya luar biasa keren.

26.Bali Wake Park

Kalian bisa menikmati keseruan bermain permainan laut tanpa memperdulikan gelombang laut dan cuaca disini. Karena area ini dilakukan di sebuah danau dengan luas 5 hektar. Lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Benoa.

27.Air Terjun Aling-Aling

Air terjun denganketinggian 35 meter ini terbagi menjadi dua. Di sebelah kanan debit air yang dimiliki lebih besar dibandingkan dengan yang kiri.

28.Air Terjun Sekumpul

Wisata alam di Bali selanjutnya ada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Unrtk masuk ke sini tak dipungut biaya yang besar, cuma Rp 2.000 per orang loh.

29.Flyboarding Tanjung Benoa

Jika kalian merupakan penggemar olahraga air, kalian harus mencoba Flyboarding ini. Banyak wisatawan asing yang tertarik untuk mecoba ini.

Kamu harus memiliki kemampuan keseimbangan yang bagus tidak terjatuh. Lagi-lagi ini bukan hal mudah ya, jika kamu belum terbiasa. Namun akan menjadi pengalaman tak terlupakan jika kamu mencobanya.

30.Gala-gala Underground House

Goa Gala-Gala ini merupakan sebuah bangunan yang berada di bawah tanah. Konon katanya goa ini dibangun oleh seorang Jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa, pada tahun 1961, dalam jangka waktu 15 tahun lho. Bangunan ini memiliki keunikan dari tata ruangnya yang begitu epik.

31.Rumah Pohon Batu Molenteng

Terletak di kawasan Nusa Penida, kawasan ini menawarkan keindahan alam yang begitu eksotis. Dari rumah pohon ini kamu akan melihat keindahan pantai tebing dan lainnya.

32.Mara Safari Lodge

Kawasan berupa alam bebas seperti ini memang cocok dijadikan tempat liburan. Terletak di jantung kawasan Bali Safari and Marine Park, tempat ini menjadi tempat penginapan yang tak akan terlupakan.

Kamu bisa bermain dengan beberpa satwa di sana, memberi makan zebra, badak dan gajah langsung dari balkon kamarmu.

33.Gong Jatiluwih Restaurant and Lounge

Makanan unik yang ada di restoran ini adalah pizza bakar. Pizza ini memiliki tesktur yang tipis dan renyah, sangat nikmat jika disantap bersama-sama. Tak hanya pizza, restoran ini juga menyediakan menu tradisional.

34.Puri Santrian Bar

Kamu bisa begitu santai di sini, berenang ke gazebo dan bisa menikmati keindahan pantai. Paling tidak sekadar minum dan bersantai bersama teman dan kerabat, pasti akan sangat menyenangkan.

35.Saranam Resort and Spa

Kalau kamu ingin benar-benar berlibur dan bersantai, kamu bisa mengunjungi salah satu resort di Bali, yaitu Saranam. Setiap kamar yang ditawarkan di sini, langsung berhadapan dengan hamparan persawahan dan gunung-gunung.

Setiap kamar dilengkapi dengan balkon pribadi, keindahan ini memberikan kepuasan bagi pengunjungnya lho. Memang terkesan mewah namun sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

36.Keramas Aero Park

Salah satu tempat wisata keren dengan bangkai pesawatnya adalah Keramas Aero Park. Pesawat yang ada di tempat ini sudah tidak dapat berfungsi lagi. Berada di tengah-tengah area sawah, membuat kawasan ini begitu nyaman untuk dikunjungi.

Keramas Aero Park merupakan sebuah restoran yang tak jauh dari pantai keramas. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan takjub dengan suasananya.

37.La Laguna

La Laguna berada di Cangu, sekitar 10 menit dari Seminyak. Di sini kamu bisa bersantai serta berfoto dengan menyantap beberapa hidangan lezat. Kawasan ini langsung berpapasan dengan pantai, jadi pemandangannya sangat mendukung.

38.Folk Pool & Gardens

Tempat ini cocok untuk memanjakan tubuhmu dengan bersantai dan menikmati sesuatu yang indah. Di sini kalian bisa bersantai dan berenang di alam terbuka. Kalian juga bisa memesan makanan sesuai seleramu.

39.Pura Lempuyang Luhur

Untuk mengunjungi pura ini, kalian harus mendaki ratusan anak tangga dulu. Namun, setelah sampai diatas kalian bisa menyaksikan panorama sunset yang paling keren di Bali dengan pemandangan eksotis. Dari sini, kalian akan merasakan kesejukan dan berasa seperti di atas awan.

40.Waterbom Bali

Wisata taman air di Pulau Bali ini sudah 3 tahun berturut-turut mendapatkan title sebagai waterpark terbaik yang ada di Asia serta kedua terbaik di dunia. Sehingga bisa dibayangkan bagaimana keseruan dari wahana-wahana air yang ada di waterboom bali.

Jika anda menyukai permainan yang dapat menguji adrenalin, maka anda dapat mencoba super bowl, jungle rides, ace track, boomerang, dan masih banyak lainnya.

Tak hanya wahananya yang menarik, pemandangan yang di sekitar waterboom bali juga benar-benar patut mendapatkan apreasiasi. Taman tropis di kawasan wisata ini begitu mempesona dan memanjakan mata. Wisata yang berada di area seluas 3,8 hektar ini buka setiap harinya mulai jam 9 pagi hingga 6 sore WITA.

41.Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Salah satu taman wisata budaya yang berada di Bali Selatan ini memang cukup populer, terlebih saat ini pembangunan patung raksasai Garuda Wisnu Kencana sudah selesai.

Kalian bisa menikmati kemegahan patung karya I Nyoman Nuarta yang ditemani dengan keindahan bukit-bukit kapur di sekitarnya. Dan tak hanya itu saja, di GWK terdapat teater seni yang dimana anda bisa melihat berbagai jenis kesenian dan tarian bali setiap harinya.

42.Bali Bird Park

Bali bird park merupakan wisata taman burung terbesar di Indonesia. Kurang lebih terdapat 1.000 satwa dari 250 jenis spesies unggas yang ada disini.

Tak hanya melihat satwa, pengunjung juga bisa merasakan sensasi berada di teater 4D. Wisata ini buka setiap hari kecuali hari raya Nyepi.

43.Bali Safari And Marine Park

Bali Safari and Marine Park merupakan Taman Safari Indonesia 3. Tempat ini menjadi tempat penangkaran bagi hewan-hewan yang rawan punah.

Konsep dari Bali Safari and Marine park ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman bersafari dimulai dari derah Bali Modern kemudian daerah Bali kuno yang memberikan beberapa edukasi seputar sejarah, mitos, filosofi, dan lainnya yang berhubungan dengan kehidupan liar.

Satwa yang tinggal di Bali Safari and Marine Park ini merupakan jenis satwa yang berasal dari 3 wilayah, yaitu, India, Indonesia, dan Afrika. Kurang lebih sekitar 400 satwa mulai dri rusa tutul, harimau sumatera, beruang madu, jalak putih, beruang Himalaya, black buck, onta punuk satu dan masih banyak lainnya yang dapat anda lihat.

44.Monkey Forest Ubud

Salah satu daya tarik yang ada di Monkey Forest Ubud adalah kalian bisa langsung berinteraksi dengan kera ekor panjang yang memang menghuni kawasan wisata ini. Di kawasan ini, kera-kera hidup bebas. Warga setempat menganggap jika kera-kera tersebut adalah keramat yang tidak boleh diganggu. Sehingga kalian bisa merasakan suasana menyatu dengan alam.

Ditambah lagi suasana alamnya yang sangat sejuk tentu akan cocok bagi anda yang mencari tempat untuk refreshing sejenak. Namun karena banyaknya kera-kera yang menghuni tempat ini, jangan membawa barang-barang yang terlihat mencolok ya.

Hal ini karena dapat mengundang kejahilan para kera yang tiba-tiba dapat mengambil barang-barang bawaan anda. untuk wisatawsan domestik, dikenakan biaya masuk sekitar Rp 30.000. anda bisa berkunjung ke wisata alam ini mulai dari 08.30 – 18.00 WITA.

45.Taman Nasional Bali Barat

Untuk bisa masuk ke kawasan ini kalian membutuhkan izin dari petugas setempat. Kawasan ini dijadikan sebagai tempat penelitian margasatwa yang sudah berdiri sejak tahun 1911. ada 2 alternatif bagi anda yang ingin mengunjungi Taman Nasional Bali Barat ini.

46.Pura Uluwatu

Wisata Pura yang satu ini berada di Desa Pecatu, Bali bagian selatan. Disini kalian bisa melihat kemegahan Pura Uluwatu yang memiliki ketinggian hingga 97 meter dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Juga bisa melihat langsung hamparan laut lepas dari Samudra Hindia dari atas tebing.

Pura Uluwatu ini buka setiap hari, mulai jam 09.00-19.00 WITA, namun waktu terbaik untuk menikmati pemandangan yang ada di kawasan Pura Uluwatu ini adalah saat matahari terbenam. Jika anda berkeinginan untuk melihat pertunjukan tari kecak khas Bali di tempat ini, anda bisa merogoh kocek sekitar Rp 85.000.

47.Elephant Safari Park

Di area seluas 2 hektar ini, kalian bisa menunggangi gajah,  memberi makan, berfoto, menikmati pertunjukan gajah yang bermain bola dan melukis, serta masih banyak lainnya. Elephant Safari Park ini buka setiap harinya, mulai jam 08.00-18.00 WITA.

48.Museum Blanco

Di museum ini anda bisa menikmati berbagai karya seni kelas dunia yang indah. Tidak hanya itu, suasana museum dan sekitarnya kental banget dengan nuansa Bali yang khas.

49.Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bali, atau Kebun Raya Bedugul adalah salah satu tempat wisata sekaligus edukasi di Bali yang sering terlupakan. Padahal, tempat ini menyimpan banyak koleksi kekayaan alam yang memukau lho. Selain liburan, kita juga bisa menambah pengetahuan seputar botani.

50.Tirta Empul

Salah satu pura suci di Bali dengan kekayaan sejarah yang tinggi, Tirta Empul. Tirta Empul memiliki kolam penyucian yang aktif dipergunakan warga Bali. Jika berkunjung kesini, kalian harus menghormati adat istiadat setempat.

51.Air Terjun Blangsinga

Nama Blangsinga mulai dikenal luas setelah menjadi tempat menikah putra dari pengusaha Bali terkenal, Ajik Krisna. tempat wisata alam di daerah Bali ini memang jarang dikenal oleh wisatawan luar Bali.

52.Goa Gajah

Goa Gajah merupakan salah satu situs kuno, sekaligus tempat peribadahan yang masih digunakan sampai sekarang. Disini, kalian bisa melihat secara langsung bukti sejarah peradaban di Bali yang masih terjaga sampai kini.

Itula daftar wisata alam yang bisa kalian jadikan pilihan selain wisata pantainya. Jadikan momen liburan makin istimewa dengan mengunjungi Pulau Dewata bersama keluarga maupun orang terdekat.

Avatar